belajar bahasa korea

Tips Lancar Bahasa Korea Otodidak

Lancar Bahasa Korea – Seiring berkembangnya Hallyu atau Korean Wave di Indonesia, banyak orang yang mulai berkeinginan untuk belajar Bahasa Korea, khususnya bagi penggemar K-Pop dan K-Drama. Belajar Bahasa Korea dapat dilakukan secara otodidak lho. Kamu tidak perlu les jika memang di tempat atau daerahmu tidak terdapat tempat kursus Bahasa Korea.

Tips Lancar Bahasa Korea Otodidak

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu terapkan agar kamu bisa lancar menggunakan Bahasa Korea.

1. Belajar menulis dan membaca Hangeul

Langkah pertama dalam belajar Bahasa Korea adalah kamu dapat menulis dan membaca huruf Korea atau yang biasa disebut Hangeul. Kamu dapat mencari terlebih dahulu apa saja huruf Korea beserta cara membacanya. Huruf Korea terdiri dari 10 huruf vokal dasar, 14 huruf konsonan dasar, 11 huruf vokal rangkap, dan 5 huruf konsonan rangkap.

Belajarlah satu per satu mulai dari cara penulisannya. Kamu dapat melihat cara penulisannya di internet, aplikasi, maupun video. Seringlah berlatih hingga kamu hafal cara penulisannya dan huruf apa itu. Setelah itu, mulailah untuk berlatih menulis kata-kata sederhana.

Misalnya, mulai dari nama panggilanmu, nama anggota keluargamu, teman-temanmu, atau idolamu. Berlatihlah pelan-pelan namun secara rutin. Jika kamu masih lupa dengan hurufnya, kamu dapat melihat panduannya lagi dan mengulangi latihanmu sampai kamu lancar.

2. Belajar membaca romanisasi Hangeul dengan ejaan yang benar

Jika kamu sudah bisa membaca dan menulis huruf Korea, kini saatnya kamu belajar membaca romanisasi dari huruf Korea atau Hangeul. Maksud dari romanisasi adalah cara membaca abjad suatu bahasa yang dituliskan ke bentuk abjad latin.

Baca Juga:  Ingin Menjadi Manajer, Sudahkah Kamu Mengenal Apa Itu Manajer?

Hal ini juga dapat membantu kamu untuk membaca suatu kata atau kalimat dalam Bahasa Korea dengan benar.  Kamu dapat mempelajari ejaan atau cara membaca romanisasi Hangeul dengan benar dengan cara mendengarkan pelafalannya sambil melihat tulisannya.

3. Menghafalkan kosa kata setiap hari

Sama seperti dalam belajar bahasa asing lainnya, untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Korea kamu harus rajin untuk menghafalkan kosa kata setiap hari. Kamu bisa menghafalkan tiga atau lima kosa kata setiap hari mulai dari cara penulisan dalam huruf Korea, romanisasi, pengucapan, dan juga artinya.

Kamu dapat memulai menghafalkan kosa kata yang mudah. Caranya kamu bisa mencari kata-kata atau kalimat yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, halo, terima kasih, selamat malam, selamat tinggal, dan sebagainya. Kamu dapat dengan mudah mendapatkan kosa kata dengan menonton variety show atau drama Korea. Sambil nonton, kamu juga sambil belajar. Asyik kan?

Ulangi hafalanmu dan evaluasi seberapa banyak kosa kata yang telah kamu hafal. Jangan lupa untuk mempelajari penggunaan kata tersebut dalam kalimat. Karena dalam Bahasa Korea terdapat kalimat formal dan informal. Menghafalkan kosa kata dalam sehari tidak harus selalu banyak, asalkan kamu konsisten dan rajin belajar.

4. Berlatih membuat kalimat

Setelah mengetahui kosa kata yang ada, kini saatnya kamu belajar untuk membuat kalimat. Kalimat yang kamu buat tidak harus yang sulit. Mulailah dari kalimat yang mudah terlebih dahulu. Misalnya, mulai dari perkenalan diri, mengenalkan keluarga, dan sebagainya.

Berlatihlah setiap hari dalam membuat kalimat. Kamu dapat mengikuti instruksi atau panduan dari internet, video, dan buku-buku panduan dalam belajar Bahasa Korea. Setelah kamu terbiasa membuat kalimat yang sederhana, barulah buat kalimat yang lebih rumit. Intinya, step by step. Tetap sabar dalam belajar dan terus konsisten.

Baca Juga:  Kiat-Kiat Membaca Cepat dan Efektif!

5. Mendengarkan lagu-lagu Bahasa Korea

Jika kamu ingin lebih cepat mengerti dan memahami Bahasa Korea, salah satu alternatifnya adalah dengan cara mendengarkan lagu-lagu Bahasa Korea. Saat mendengarkan lagu, kamu bisa mencari video atau lyricnya.

Jika kamu masih kesulitan dalam membaca Hangeul-nya, kamu dapat berlatih membaca romanisasinya terlebih dahulu sambil mendengarkan bagaimana pelafalannya. Lagu-lagu yang cocok untuk belajar Bahasa Korea adalah lagu yang bertempo lambat atau sedang. Namun, itu semua tergantung seleramu. Kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu bertempo cepat.

6. Berlatih membaca bacaan dalam Bahasa Korea

Semakin bertambahnya kemampuanmu dalam Bahasa Korea, kamu harus mulai meningkatkannya lagi dengan membaca bacaan dalam Bahasa Korea. Selain untuk melatih seberapa jauh kamu bisa membaca dan mengartikannya, kamu juga dapat melatih pemahamanmu dalam Bahasa Korea.

Mulailah dari bacaan yang sederhana, misalnya caption Instagram idol Korea, berita entertainment, cerita singkat, dan sebagainya. Setelah kamu merasa mampu, kamu bisa mulai mencari bacaan yang panjang. Dengan ini, kemampuanmu akan semakin meningkat. Jika kamu masih kesulitan, kamu dapat menggunakan bantuan kamus Bahasa Korea untuk mencari tahu arti dalam bacaan tersebut.

7. Berlatih berbicara dalam Bahasa Korea

Setelah melatih kemampuan menulis, membaca, dan mendengarkan, kamu juga harus melatih kemampuan berbicara dalam Bahasa Korea. Dengan memperhatikan cara pengucapan dan mendengarkan lagu serta menonton video atau drama Korea, kamu dapat memulai untuk mempraktekkan bagaimana berbicara dalam Bahasa Korea.

Mulailah dari kalimat-kalimat yang mudah. Bisa dari perkenalan diri, pengenalan idola, atau menjelaskan sesuatu. Kamu juga bisa menghafalkan dialog dalam drama yang kamu sukai. Jangan lupa perhatikan dengan baik bagaimana cara pelafalannya yang tepat.

Baca Juga:  10 Alat Tulis yang Membuat Catatanmu Semakin Keren dan Aesthetic!

Kamu juga harus baca tentang Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak

Semoga tips lancara Bahasa Korea ini dapat membantu kamu untuk belajar Bahasa Korea secara otodidak. Dalam belajar, niat harus dibarengi dengan sebuah konsistensi agar tujuanmu dapat tercapai. Jangan lelah untuk terus belajar. Semoga bermanfaat. 

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Hayoo siapa nih di antara kalian yang udah melangsungkan ujian tengah semester? Yap, beber…