Orang-Orang Ini Akan Lolos SBMPTN 2019, Apakah Kamu Termasuk?

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

Tidak lama lagi, siswa kelas XII harus berjuang di medan perang demi memperebutkan bangku kuliah. Ketika SBMPTN 2019 telah di depan mata, hampir semua siswa mempersiapkan diri sebaik-baiknya demi berhasil melanjutkan pendidikan di universitas negeri yang telah lama diidamkan. Tahukah Anda bahwa kebanyakan peserta yang lolos mempunyai ciri khas yang hampir sama?

Bukan ciri khas fisik, melainkan karakter khas yang membuat kebanyakan dari mereka mampu untuk bersaing dengan ratusan ribu peserta lainnya. Ya, SBMPTN memang tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur kemampuan akademik seseorang. Asalkan Anda mau berusaha dan berjuang keras, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal meskipun mempunyai kemampuan akademik yang standar.

Ciri Khas Peserta Lolos SBMPTN 2019

Setiap orang mempunyai karakter yang berbeda. Hal ini tentunya juga berpengaruh pada bagaimana mereka menyikapi setiap ujian dan tantangan yang ada di hadapan. SBMPTN terkadang menjadi arena untuk melihat sifat dan karakter seseorang, bagaimana cara mereka untuk menghadapi masalah serta meraih keberhasilan meskipun dengan peluang yang sangat kecil.

Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya siswa yang terkenal pintar di kelas namun gagal untuk memasuki perguruan tinggi negeri melalui SBMPTN. Tak jarang ada siswa yang terkesan bertingkah seenaknya tetapi justru mampu bersaing dengan ratusan ribu peserta dan berhasil mendapatkan kursi di universitas ternama. Lantas apa yang menjadi ciri khas orang yang lolos SBMPTN?

Di bawah ini akan dipaparkan beberapa sifat serta karakter orang yang mempunyai potensi besar untuk lolos dalam SBMPTN 2019. Meskipun demikian, Anda tidak bisa menjadikannya sebagai patokan karena karakter bukanlah penentu keberhasilan Anda dalam mengerjakan tes SBMPTN.

Baca Juga:  Review dan Testimoni Pengguna Quipper vs Zenius

1. Fokus pada tujuan

Anda mungkin mempunyai seorang teman, atau bahkan saudara yang tergolong pintar serta aktif dalam berbagai organisasi dan kegiatan sosial. Cukup mengejutkan mengetahui kenyataan bahwa teman Anda tersebut gagal dalam SBMPTN dan berbagai tes masuk PTN lainnya. Bagaimana bisa? Apa yang menyebabkan kegagalan tersebut padahal teman Anda begitu berbakat?

Jawabannya cukup mudah. Seseorang yang mengikuti terlalu banyak organisasi dan kegiatan cenderung kurang fokus dalam satu hal. Mengikuti organisasi memang sangat baik, namun Anda juga perlu mempertimbangkan dampaknya. Sangat penting bagi Anda untuk memusatkan konsentrasi dan fokus pada satu hal. Inilah pentingnya untuk membuat skala prioritas agar tujuan Anda bisa tercapai dengan baik.

Apabila Anda tidak bisa menentukan prioritas, maka Anda akan disibukkan oleh kegiatan yang sebenarnya bisa ditunda terlebih dahulu. Sebagai seorang manusia, tubuh dan pikiran bisa merasakan kelelahan. Dengan padatnya aktivitas yang menguras otak dan energi, bagaimana bisa Anda berfokus pada SBMPTN yang justru menjadi pintu gerbang untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi?

Oleh karena itu, Anda perlu menyusun skala prioritas mulai dari sekarang. Kurangi kegiatan yang menguras energi dan pikiran agar Anda bisa lebih fokus untuk belajar dan mempersiapkan diri demi menghadapi ujian SBMPTN yang tidak lama lagi digelar.

2. Keluar dari zona nyaman

Anda ingin berhasil? Cobalah untuk keluar dari zona nyaman. Keberhasilan tidak bisa didapatkan oleh seseorang yang terus menerus berada dalam kenyamanan. Inilah yang menjadi salah satu karakter khas peserta yang mempunyai potensi besar untuk lolos SBMPTN. Apa yang dimaksud dengan keluar dari zona nyaman?

Pertama, selalu ingat bahwa keberhasilan tidak bisa diperoleh dengan bersantai. Jika Anda masih sering melontarkan alasan ini dan itu untuk menghindari belajar, itu berarti Anda belum mau keluar dari zona nyaman. Cobalah untuk mempelajari materi yang tidak Anda sukai, karena suka atau tidak suka materi tersebut akan diujikan dalam SBMPTN.

Baca Juga:  Tips Lulus Ujian Nasional

Yang menjadi kunci kegagalan adalah terlalu banyak alasan karena tidak ingin meninggalkan kebiasaan bersantai. Padahal ada begitu banyak peserta lain yang harus Anda kalahkan, sementara mereka terus menerus belajar demi meraih keberhasilan. Bagaimana Anda bisa menenangkan peperangan jika tidak mempunyai perbekalan senjata yang mencukupi?

3. Memanfaatkan waktu

Waktu yang Anda miliki sangat berharga, maka Anda harus memanfaatkannya sebaik mungkin. Ketika banyak teman sekolah yang memilih untuk liburan, bermain dan nongkrong di tempat kekinian, Anda bisa menghabiskan waktu dengan mengerjakan latihan soal. Atau, Anda juga bisa mempelajari materi yang dirasa memerlukan perhatian khusus.

Pengorbanan tersebut tidak akan pernah mengkhianati Anda. Semua waktu yang Anda habiskan untuk belajar pastinya akan membuahkan hasil yang manis, yaitu diterima di perguruan tinggi negeri favorit. Toh Anda akan mempunyai banyak waktu luang selama menunggu pengumuman hasil SBMPTN. Jadi, apa salahnya mengorbankan sedikit waktu untuk masa depan yang panjang?

Peserta yang lolos SBMPTN rata-rata mempunyai kemampuan untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Apalagi jika mengetahui pilihan jurusan serta universitas mempunyai passing grade yang tinggi, mereka tidak enggan untuk meluangkan waktu demi mendapatkan keberhasilan.

4. Belajar dengan tepat

Bagaimana cara Anda belajar selama ini? Banyak orang mengeluhkan materi pelajaran yang begitu banyak sedangkan kemampuan menghafal tidak begitu baik. Di sinilah letak kesalahan tersebut. Peserta yang mampu lolos SBMPTN tidak menghafal materi, melainkan konsep. Dengan menguasai konsep, Anda bisa mengerjakan berbagai jenis soal tanpa kesulitan.

Singkatnya, lolos SBMPTN 2019 tidak tergantung pada kemampuan akademik seseorang. Meskipun Anda tergolong pintar di kelas namun jika Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk lolos SBMPTN, maka peluang Anda bisa diambil oleh mereka yang mempunyai kemampuan akademik standar namun mau berusaha.

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Cara Belajar yang Tepat dan Efektif

Tahukah kamu jika otak berpotensi untuk menghafalkan informasi sebesar 2.5 Pentabyte atau …