audio england great britain headphone

Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak

Belajar bahasa asing merupakan salah satu kebutuhan. Bahasa asing yang perlu dipelajari salah satunya adalah Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sudah dipelajari sejak masih di bangku sekolah dasar. Namun, ada juga yang mulai mengajarkan anak-anak untuk belajar Bahasa Inggris baik secara mandiri maupun mengikuti kursus.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mengikuti kursus Bahasa Inggris karena beberapa faktor. Misalnya karena faktor biaya, jarak yang jauh untuk ke tempat kursus, dan masih banyak lagi. Alternatifnya adalah dengan cara belajar secara otodidak. Bagaimana caranya? Yuk simak tips berikut!

Tips Lancar Bahasa Inggris Otodidak

1. Belajar dari yang mudah terlebih dahulu

Saat kamu belajar Bahasa Inggris secara otodidak, kamu tidak langsung belajar yang sulit. Mulailah untuk belajar yang mudah terlebih dahulu. Belajarlah untuk membaca alfabet dalam Bahasa Inggris hingga lancar, angka, kata benda yang ada di sekitarmu, kata kerja, dan yang lainnya.

Hal yang perlu diingat dalam belajar Bahasa Inggris adalah pengucapan suatu kata berbeda dengan tulisannya. Kamu harus tahu bagaimana cara pengucapan suatu kata atau yang disebut dengan pronunciation.

Kamu dapat melihat cara pengucapan suatu kata di kamus Bahasa Inggris, aplikasi belajar Bahasa Inggris, video di internet, dan masih banyak lagi. Dengan belajar mulai dari yang mudah dapat membantumu untuk menambah kemampuan dasarmu dalam Bahasa Inggris.

2. Hafalkan kosa kata setiap hari

Belajar Bahasa Inggris secara otodidak menuntut kamu untuk disiplin dalam belajar. Harus ada kemauan yang kuat untuk terus belajar setiap hari. Setelah mempelajari kata-kata atau hal yang mudah, kamu harus mulai untuk menghafalkan kosa kata setiap hari. Tidak perlu banyak-banyak. Bisa mulai dari lima sampai tujuh kosa kata per hari. Hafalakan kosa kata tersebut mulai dari pengucapan, penulisan, dan artinya.

Baca Juga:  Tips Belajar di Bulan Puasa Agar Tetap Semangat

Jika kamu menghafalkan kata kerja, maka hafalkan juga apakah kata kerja itu dalam bentuk kata kerja beraturan atau tidak. Kamu dapat melihatnya di kamus Bahasa Inggris untuk mempelajarinya lebih jauh. Disana akan tersedia kata kerja itu dalam kategori mana. Selain itu, ada juga dalam bentuk Verb 1, Verb 2, dan Verb 3. Hafalkan terlebih dahulu sebelum kamu berlatih tahap selanjutnya, yaitu membuat kalimat.

3. Berlatih membuat kalimat

Jika kamu sudah merasa mampu dalam menghafal kosa kata, kini saatnya kamu menggunakan kosa kata tersebut dalam sebuah kalimat. Dalam membuat sebuah kalimat Bahasa Inggris, kamu bisa belajar membuat kalimat yang mudah terlebih dahulu. Kalimat yang mudah dan sederhana namun kamu dapat memahami teknik dan dasar dalam membuat kalimat.

Setelah mengenal cara membuat kalimat yang sederhana, kini saatnya kamu belajar tenses. Tenses adalah tata bahasa dalam Bahasa Inggris yang menekankan penggunaan kata kerja berdasarkan waktu. Terdapat 16 macam tenses yang harus kamu pelajari. Namun, kamu dapat mempelajari satu per satu dari yang paling mudah. Pada dasarnya waktu yang dimaksud dalam membuat kalimat dibagi menjadi tiga, yaitu waktu lampau, waktu sekarang, dan waktu yang akan datang. Kamu dapat melihat panduan penggunaan tenses di dalam kamus Bahasa Inggris, internet, atau buku.

Dalam membuat kalimat, kamu tidak hanya membuat kalimat dalam bentuk kalimat positif. Kamu juga harus melatih diri untuk membuat kalimat negatif, dan pertanyaan atau introgative. Hal ini dapat membantu kamu untuk memahami tenses lebih lanjut. Karena penggunaan kata kerja dan to be akan berbeda untuk setiap bentuk kalimat.

4. Berlatih membaca bacaan dalam Bahasa Inggris

Kamu yang sudah mempelajari kosa kata dan membuat kalimat, tahap belajar selanjutnya adalah mulai membaca bacaan dalam Bahasa Inggris. Dengan membaca, kamu dapat melatih pemahamanmu terhadap isi bacaan, kosa kata, dan penggunaan tenses.

Mulailah dengan membaca bacaan yang ringan. Seperti cerita untuk anak-anak, cerita untuk remaja, atau artikel lainnya. Jika kamu sudah merasa mampu, kamu dapat membaca bacaan yang lebih berat. Bacaan yang berat biasanya menggunakan kosa kata yang lebih sulit daripada bacaan yang ringan.

Baca Juga:  Tips Produktif, Biar Gak Buang Waktu Stop Kebiasaan Ini!

Kalau kamu hobi membaca cerita, kamu dapat membaca buku-buku terbitan luar negeri atau membaca novel Bahasa Inggris gratis di internet atau aplikasi membaca lainnya. Kamu juga bisa membaca berita atau jurnal. Selain untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu, kamu juga mendapatkan pengetahuan baru.

5. Mendengarkan lagu-lagu atau video Bahasa Inggris

Jika kamu ingin melatih kemampuanmu dalam mendengarkan Bahasa Inggris atau yang biasa disebut dengan listening, kamu dapat memulainya dengan mendengarkan lagu-lagu yang dinyanyikan dalam Bahasa Inggris. Pertama kali kamu mendengarnya, kamu dapat mendengarkan sambil melihat lirik lagunya.

Selain membantu kamu belajar listening, kamu juga bisa belajar cara pengucapan dan arti dari kosa kata yang ada dalam lagu tersebut. Tidak hanya mendengarkannya saja, kamu juga dapat latihan pengucapannya dengan menyanyikannya.

Belajar listening tidak hanya dengan mendengarkan lagu-lagu saja, kamu juga bisa belajar dari video atau film. Banyak dari kamu yang suka menonton youtube kan? Manfaatkan hobi dan kesukaanmu untuk menonton video-video untuk melatih kemampuan Bahasa Inggrismu. Banyak channel-channel menarik yang dapat kamu tonton sambil rebahan atau sambil menghilangkan penat.

Bagi kamu yang suka menonton film, ini adalah salah satu cara yang baik untuk belajar Bahasa Inggris. Kamu dapat menonton film-film yang menggunakan Bahasa Inggris. Selain melatih listening, kamu juga dapat menambah kosa katamu dengan melihat subtitle dari film tersebut. Kamu dapat mengulanginya beberapa kali sampai kamu memahaminya. Setelah itu, kamu dapat mengulangi menonton film tersebut tanpa menggunakan subtitle untuk melatih kemampuan listening-mu.

6. Berlatih berbicara dalam Bahasa Inggris setiap hari

Salah satu tips yang ampuh untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu adalah dengan cara berlatih. Setelah berlatih menulis, membaca, dan mendengarkan Bahasa Inggris, kini saatnya kamu melatih kemampuan berbicara atau yang biasa disebut speaking. Cara meningkatkan kemampuan speaking adalah dengan berlatih berbicara menggunakan Bahasa Inggris setiap hari.

Baca Juga:  Belajar Saja Tidak Cukup untuk Lulus Ujian!

Kamu dapat melatih diri dengan berbicara di depan cermin. Kamu bisa berbicara apa saja, menceritakan sesuatu, mendeskripsikan sesuatu, atau bisa juga bernyanyi. Asalkan kamu bisa berlatih Bahasa Inggris. Kamu tidak perlu takut untuk mencoba walaupun Bahasa Inggrismu masih belum lancar.

Tetaplah mencoba dan berlatih sampai kamu lancar dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Tidak harus menggunakan waktu yang lama dalam berlatih, namun kamu harus tetap konsisten berlatih setiap hari agar kemampuanmu semakin meningkat.

Nah, itulah beberapa tips agar kamu lancar berbahasa Inggris secara otodidak. Jangan takut untuk belajar secara otodidak. Teruslah belajar dan berlatih setiap hari. Tetap semangat. 

Oiya jika kamu ingin belajar Bahasa Inggris secara online, kamu bisa ikutan belajar di www.edinstitute.web.id biayanya murah dan gak pakai berlangganan.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …