Rangkuman Materi Seni Budaya Kelas 9 Bab 12 Ansambel Lagu Populer

Berikut rangkuman lengkap materi Seni Budaya kelas 9 bab 12 yang membahas tentang Ansambel Lagu Populer. Rangkuman ini disusun dari buku paket BSE edisi K13 revisi terbaru yang diterbitkan oleh Kemdikbud RI.

Sehingga rangkuman materi di halaman ini bersumber dari buku terpercaya yang kredibel. Semoga bermanfaat sebagai bahan belajar kamu di rumah atau di sekolah.

Bab 12 Ansambel Lagu Populer


Musik ansambel adalah musik yang terdiri dari campuran beberapa alat musik yang dipilih dan mengandung unsur ritmis, melodis, dan harmonis.

Untuk memainkan musik ansambel memerlukan perencanaan yang baik karena bermain musik secara bersama pasti menimbulkan masalah dan tantangan yang tidak mudah dilewati tanpa pengetahuan yang cukup. 

Musik ansambel ada 2 jenis, yaitu : 

1. Ansambel Sejenis

Beberapa orang pemain yang memainkan lagu bersama dengan satu jenis alat musik yang sama, misalnya semua bermain gitar berarti ansambel gitar. Menampilkan musik ansambel sejenis diperlukan kekompakan yang baik agar sajian musiknya terdengar baik.

2. Ansambel campuran

Musik yang dimainkan oleh beberapa orang pemain dengan alat musik yang berbeda, terjalin kerja sama harmonis antara alat musik melodis yang berjalan dengan acuan pola ritmis, misalnya musik ansambel campuran yang terdiri dari gitar, pianika, recorder dan maracas. 

Dalam musik ansambel campuran yang berperan memainkan melodi lagu adalah recorder dan pianika yang bisa dibagi menjadi dua suara, kemudian gitar akan memainkan akor lagu dan maracas berfungsi sebagai ritmik lagu. Bentuk kerja sama ini yang membuat musik ansambel campuran menarik.

Hal teknis yang berpengaruh terhadap keberhasilan bermain musik ansambel : 

  1. Kedisiplinan : setiap anggotanya harus mempunyai disiplin yang tinggi dalam hal waktu dan tempat di bagian mana harus membunyikan alat musiknya sesuai dengan partitur yang telah ditentukan. Kedisiplinan akan membuat rangkaian lagu tersampaikan dengan baik sesuai jalur dan tidak ada bagian lagu yang tumpang tindih atau berantakan bunyinya
  2. Lancar Membaca Notasi : Notasi berupa partitur lagu merupakan patokan yang mengikat para pemain memainkan alat musik sesuai perhitungan yang tepat. Setiap anggota harus lancar membaca notasi agar dapat memainkan setiap bagiannya dengan tepat. Jika ada kesalahan membaca notasi ketukannya akan terjadi permainan yang berantakan dan keluar jalur
  3. Terampil Memainkan Alat Musik : Setiap anggota kelompok harus rajin dan serius berlatih agar terampil dalam memainkan alat musiknya. Keterampilan harus dimiliki oleh setiap anggotanya agar dapat menjadikan permainan musik lebih rapi dan bagus
  4. Kekompakan dan Kerja sama yang Baik : musik ansambel tidak akan bagus jika salah satu anggotanya melakukan kesalahan yaitu melanggar ketiga teknik di atas. Kekompakan dan kerja sama yang baik dapat dibangun melalui proses latihan yang intensif dan berkualitas, mentaati seluruh aturan dari pelatih atau pembina selama latihan dan pentas
Baca Juga:  Materi Seni Budaya Kelas 7 Bab 7 Meragakan Adegan Fragmen

Dalam memainkan musik ansambel lagu populer, yang perlu disiapkan yaitu alat musik ansambel dan lagu populer yang akan dinyanyikan. Bentuk lagu populer yang akan dimainkan harus dibuat notasi musik berupa angka ataupun balok. Hal ini memudahkan proses latihan. Lagu populer yang dipilih harus diaransemen sesuai jumlah alat musik yang dipakai. 

Latihan ansambel sejenis : 

  1. Siapkan alat musik recorder sopran kemudian berlatihlah memainkan partitur lagu Bendera dari Band Coklat. Lagu “Bendera” dimainkan ansambel dengan variasi 2 suara. Lagu “Bendera” juga dapat dimainkan dengan alat musik yang lain, misalnya pianika. 
  2. Lagu ini dimainkan pada tangga nada Do=F. Susunan tangga nada 1 mol hanya mengalami satu penambahan tanda alterasi, yaitu b (mol) pada nada B menjadi Bes. Berikut susunan Tangga nada Do=F : 
  1. Berikut contoh Penamaan jari diurutkan 1-7 dimulai pada bagian atas recorder dan 0 untuk lubang bagian belakang : 
  1. Berikut contoh Posisi jari pada recorder sesuai letak not di garis para nada : 

Latihan ansambel campuran : Mainkanlah ansambel campuran dengan menyiapkan beberapa jenis alat musik melodis, ritmis, dan harmonis. Perpaduan ketiga jenis alat musik ini akan membuat sajian ansambel lebih lengkap. Siapkanlah alat musik recorder sopran, pianika dan finger cymbal, lalu mainkanlah lagu Laskar Pelangi dari Band Nidji. 

Memainkan lagu populer secara ansambel harus memperhatikan arransemen lagu yang dibuat, untuk dapat mengetahui kebutuhan alat musik yang akan digunakan. 

Dalam membentuk kelompok musik ansambel yang solid, setiap anggota harus memiliki dan menguasai hal teknis, yaitu kedisiplinan, lancar membaca notasi, keterampilan memainkan alat, dan kerja sama yang baik antar sesama pemain. 

Bermain musik ansambel yang baik haruslah diimbangi dengan proses latihan yang rutin dan intensif. Biasakan lebih menghargai proses latihan dibandingkan hasil akhir, karena proses latihan yang maksimal kelak akan menghasilkan hasil permainan lagu populer dalam bentuk sajian ansambel juga maksimal.

Baca Juga:  Materi Seni Budaya Kelas 8 Bab 13 Penerapan Pola Lantai pada Gerak Tadi

Daftar Pustaka : 

Milasari, Heru S., Siti M., dan Jelmanto. 2018. Seni Budaya SMP/MTs IX. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Seni Budaya Kelas 9 Bab 16 Pementasan Teater Berdurasi Pendek

Berikut rangkuman lengkap materi Seni Budaya kelas 9 bab 16 yang membahas tentang Pem…