9 Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Masuk SMA! Yuk Buruan Siapkan, Jangan Sampai Terlambat Guys!

Hola gengs! Selamat ya untuk kamu yang kini lulus dari sekolah menengah pertama dan hendak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi! Penulis berharap kamu juga diterima di sekolah yang kamu impikan ya gengs!

By the way nih, ternyata ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA lho! Ga hanya fisik aja guys, melainkan juga berbagai hal penting lainnya. So, kali ini penulis mau membagikan beberapa hal yang wajib kamu persiapkan untuk masuk SMA nih. Yuk, simak ulasannya di bawah ya!

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Masuk SMA

1. Pastikan kamu masuk sesuai passion

Sebelum masuk ke berbagai hal yang perlu kamu persiapkan untuk masuk SMA, tak bosan-bosan penulis bertanya apakah kamu yakin masuk jurusan tersebut? Penulis rasa apabila kamu kurang yakin atau masih ragu, lebih baik kamu berkonsultasi atau memikirkannya baik-baik terlebih dahulu gengs.

FYI, di beberapa sekolah biasanya masih bisa pindah jurusan atau bahkan tersedia 1 pekan percobaan di jurusan tersebut. Sehingga ga ada kata terlambat nih untuk segera pindah ke jurusan yang sesuai dengan passionmu gengs!

2. Mempersiapkan mental

silhouette of people jumping
Photo by vjapratama on Pexels.com

Yap, hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA ialah mental guys. Ternyata SMA sendiri agak jauh berbeda dengan SMP nih. Ada banyak hal yang mungkin memaksamu untuk beradaptasi ulang.

Ga hanya masalah pertemanan aja, melainkan mental dalam menghadapi kemungkinan terbaru. Seperti mental untuk menghadapi berbagai tugas yang menumpuk, guru-guru dengan cara mengajar yang jauh berbeda, sampai masalah khas remaja gengs.

Di SMA ini, udah gaada lagi tuh permasalahan antar teman yang dibawa ke meja BK atau mengadu ke orang tua. Semuanya harus kamu selesaikan secara mandiri dan bijak ya gengs!

3. Yuk, ubah kebiasaanmu!

Hayoo, siapa nih yang biasa belajar dengan menggunakan sistem SKS? Yup, Sistem Kebut Semalam memang laris manis di kalangan remaja Indonesia. Ga hanya dalam menghadapi ulangan biasa, melainkan sampai ujian nasional juga!

Baca Juga:  9 Kelebihan dan Kekurangan SMA Swasta! Kamu Wajib Tahu Sebelum Masuk SMA!

Wah-wah! Sayangnya guys, kamu harus buru-buru mengubah kebiasaan ini di SMA. Kenapa? Karena belajar menggunakan SKS ini sama sekali ga worth it! Apalagi untuk kamu yang ingin mengejar SBMPTN di perguruan tinggi negeri.

So, penulis sarankan untuk menggunakan sistem belajar menyicil secara rutin gengs. Ga hanya mempermudah setiap ulangan harian atau ujian sekolah di kelas 3 aja, melainkan juga meringankan beban belajarmu saat mempersiapkan UTBK untuk masuk perguruan tinggi idaman.

4. Merencanakan organisasi dan ekstrakurikuler

happy young asian student doing homework and listening to music with earphones
Photo by Zen Chung on Pexels.com

Hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA berikutnya adalah merencakan organisasi yang hendak kamu ikuti sampai ekstrakurikulernya gengs. Nah, untuk kamu yang ingin memiliki berbagai prestasi cemerlang selama SMA, penulis sarankan mulai merencakanan 2 hal ini guys.

Pertama, organisasi penting banget nih untuk kamu ikuti. Hal ini dapat membantumu masuk perguruan tinggi sampai menjadi track record di CV untuk melamar pekerjaan gengs. Kamu bisa mengikuti organisasi OSIS, MPK, atau bahkan organisasi lain sesuai passion yang kamu miliki.

Kedua, ekstrakurikuler. Kalau kamu udah mengikuti sebuah organisasi maka kamu cukup mengikuti 1 ekstrakurikuler yang menurutmu paling sesuai dengan kemampuan dan bakat yang dimiliki. Hal ini dapat membantumu memeroleh berbagai prestasi di bidang tersebut juga guys!

5. Jadwal kegiatan selama SMA

Next, kebiasaan di SMA yang harus kamu bangun nih gengs yaitu membuat jadwal selama seminggu, sebulan, atau bahkan harian. Hal ini penting banget untuk mengatur waktu antara belajar, ekstra, organisasi, sampai istirahat dan bermain.

Di SMA kamu ga hanya mengejar akademis aja lho! Melainkan juga berbagai circle pertemanan yang mampu membantumu di kemudian hari guys. Kamu juga bisa menyediakan waktu untuk berkumpul bersama keluarga sampai bermain di akhir pekan.

Baca Juga:  10 Inspirasi Agenda Belajar Unik 2021!

Oh iya, bagi kamu yang merasa kesulitan belajar juga penulis sarankan untuk mengikuti bimbel. Kamu juga bisa les secara privat di satu mata pelajaran yang menurutmu sulit guys. Hal ini membantumu agar ga ketinggalan pelajaran ya!

6. Menyicil materi

Hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA
Sumber: vnaya.com

Siapa nih di antara kamu yang ingin mengikuti olimpiade di SMA? Yap, penulis rasa bagi kamu yang ingin masuk perguruan tinggi negeri atau bahkan luar negeri, mengikuti olimpiade menjadi salah satu langkah awal yang bisa kamu ikuti guys.

Olimpiade ini dapat membantumu masuk ke berbagai perguruan dengan lebih mudah. Nah, untuk memenangkan olimpiade sendiri kamu wajib menyicil materi dengan lebih awal gengs. So, hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA berikutnya adalah menyicil materi.

Mungkin ga hanya olimpiade aja, melainkan pelajaran di SMA bisa kamu cicil untuk mempermudah pembelajaranmu kedepannya guys. Lumayan kamu bisa mengisi waktu selama liburan ini dengan lebih produktif.

7. Persiapkan berbagai keperluan fisik

Nah, sampailah kita di part yang paling penulis sukai. Yap, mempersiapkan berbagai keperluan fisik! Mulai dari seragam, alat tulis, dan berbagai hal lainnya yang mampu menunjang pembelajaranmu secara lebih maksimal di SMA.

Kamu bisa nih meluangkan waktu di akhir pekan untuk membeli perlengkapan sekolah yang mampu meningkatkan motivasi dalam belajar. Oh iya, penulis memiliki beberapa saran soal perlengkapan sekolah nih.

Pertama, pilihlah bolpoin yang nyaman dan mampu membantumu menulis dengan cepat. Kemudian, kamu bisa menggunakan buku berukuran B4 untuk menghemat kertas karena ada banyak catatan di SMA. Kamu juga bisa membeli sticky notes, karena ini sangat membantu untuk menulis catatan cepat gengs.

8. Riset jurusan kuliah

Hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA
Sumber: kaplanpathways.com

Kamu pasti berpikir bahwa langkah ini masih terlalu jauh untuk dipikirkan bukan? Awalnya penulis berpikir demikian gengs, tetapi selama SMA akhirnya penulis menyadari bahwa kuliah dan pekerjaan menjadi salah satu tujuan di SMA juga.

Baca Juga:  8 Kesalahan dalam Memilih Jurusan di SMA! Kamu Wajib Baca nih, Jangan Sampai Terulang Kesalahan yang Sama!

Dengan mengetahui jurusan kuliah, fakultas, sampai apa yang hendak penulis lakukan setelah SMA maka selama SMA penulis dapat mengetahui arah setiap aktivitas yang dilakukan.

Apakah hal ini membantu untuk masuk kuliah nanti? Apakah aktvitas ini diperlukan untuk meningkatkan soft skill di masa depan? Dan berbagai pertanyaan yang berpusat pada cita-cita penulis guys.

FYI, kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri atau bahkan mencari beasiswa untuk ke luar maka sedari SMA udah harus berpikir nih. Khususnya di kelas 11 untuk mencari-cari info beasiswa. Bahkan di kelas 10 kamu juga bisa mulai berlatih materi TOEFL, IELTS, dan lain sebagainya.

9. Be Balance

Yup, hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA yang terakhir ialah be balance! Penulis harap dengan melakukan riset sampai merencanakan strategi di SMA kamu lebih bisa menyeimbangkan antara belajar, cita-cita, pergaulan, dan keluarga ya!

Nah, itu tadi 9 hal yang perlu dipersiapkan untuk masuk SMA guys! Gimana, apakah kamu sudah mempersiapkan salah satu yang ada di atas? Atau justru kamu masih asyik bermain dan menghabiskan waktu? Yuk, buruan guys! Jangan sampai terlambat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia Kelas 11 K13 Revisi Super Lengkap, Khusus Untuk Kamu

Halo semuanya! Apa kabar? Penulis harap kamu tetap semangat dan terus sehat selama pandemi…