10 Tips Membuat Catatan Materi Pelajaran! Dijamin Bikin Semangat Belajar!

Dalam masa pembelajaran daring saat ini, kamu siswa SD, SMP, SMA/SMK, maupun mahasiswa pasti disibukan dengan tugas baik tugas individu maupun kelompok, bahkan jadwal pembelajaran via online dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kali ini penulis akan membagikan beberapa tips membuat catatan materi pelajaran. Ga hanya catatan biasa lho, melainkan juga sebuah rangkuman yang rapi, menyenangkan, dan ga bosan ketika dibaca guys! So, yuk langsung kepoin ulasan berikut ya!

Tips Membuat Catatan Materi Pelajaran

1. Atur meja belajar sesuai keinginanmu dan buat senyaman mungkin

macbook pro on brown wooden table
Photo by Andrew Neel on Pexels.com

Ketika belajar dalam kondisi dan situasi serta tempat yang kurang nyaman maka kita tidak akan mendapatkan konsentrasi dengan baik, hanya perasaan lelah dan bosan ketika belajar. Maka dari itu penting mengatur dan merapikan meja belajar kamu agar kamu sendiri merasa nyaman saat belajar.

2. Jangan mengerjakan atau membuat catatan larut malam

Tips membuat catatan materi pelajaran yang kedua ialah mengatur waktu mencatat. Kamu yang suka membuat tugas tengah malam, sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan burukmu ini.

Selain dapat mengganggu konsentrasi saat belajar, alhasil kamu akan malas mengatur catatan serta kehilangan konsentrasi di keesokan harinya ketika melakukan kegiatan lain. Akan sangat merugikan kamu dan kekebalan tubuh juga akan menurun. So, sebaiknya kurangi mengerjakan sesuatu atau mencatat ketika larut malam ya.

3. Hindari mengerjakan tugas atau mencatat sambil berbaring

Tips membuat catatan materi pelajaran
Sumber: wsj.com

Kenyamanan memang hal utama dalam belajar, namun sebaiknya tidak dilakukan sambil berbaring atau di atas kasur ya. Hal itu memang membuatmu merasa nyaman, tetapi rasa nyaman tersebut bisa dengan cepat berubah menjadi rasa malas.

Baca Juga:  8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukanlah di meja belajar. Meja belajar juga bisa membuat belajar semakin nyaman apabila kamu mengatur atau menata mejanya terlebih dahulu.

4. Gunakan graph papper atau kertas menarik lain

Tips membuat catatan materi pelajaran berikutnya ialah menggunakan berbagai kertas menarik. Penggunaan kertas yang menarik dapat meminimalisir rasa bosan ketika membaca.

Selain itu, hal ini juga dapat menaikan mood ketika membaca materi atau catatan lain. Kamu juga bisa menggunakan aestetik papper untuk menambah kesan menarik pada catatan kamu, selain itu kamu juga  dapat menambahkan note kecil yang ditempelkan pada buku untuk menulis beberapa poin penting atau sesuatu yang harus di ingat.

Apabila kamu masih belajar untuk menulis catatan, kamu bisa gunakan hand writing book agar lebih mudah saat menulis.

5. Gunakan alat tulis berwarna

Tips Membuat Catatan Materi Pelajaran

Apabila kertas yang kamu gunakan merupakan kertas yang berwarna dasar putih polos ataupun bergaris, kamu bisa menggunakan beberapa alat tulis berwarna seperti Spidol, Stabilo, Gel pen, Gliter pen, dan lain sebagainya. Hal ini membuat catatan lebih menarik dan tidak membosankan serta membuatmu bersemangat dalam membaca.

6. Perhatikan penulisan judul dan sub judul pada catatan

Memperhatikan penulisan judul pada catatan juga menjadi salah satu tips membuat catatan materi pelajaran dengan menarik. Kamu bisa menggunakan stabilo atau spidol berwarna saat menulisnya, serta perhatikan ukuran tulisan yang akan kamu gunakan saat menulis judul.

7. Tambahkan ilustrasi

Tips membuat catatan materi pelajaran
Sumber: Pinterest

Jika kamu adalah seorang yang suka atau hobi dalam menggambar, maka kamu bisa tambahkan gambar atau ilustrasi pada catatan kamu seperti gambar hewan atau ilustrasi anatomi tubuh pada catatan biologi. Selain menjadikan catatanmu menarik, hal tersebut dapat mengurangi rasa bosanmu ketika membaca catatan tersebut.

Baca Juga:  Lagu Gaya Fisika Sebagai Media Belajar IPA

8. Membuat Map gagasan

Next, dalam tips membuat catatan materi pelajaran kamu bisa menggunakan map gagasan juga guys. Selain mencatatnya, maps gagasan juga menjadikan catatan di bukumu semakin menarik. Karna maps gagasan merupakan suatu diagram yang menghubungkan informasi seputar subjek utama.

Map gagasan ini biasa digunakan dalam catatan materi pelajaran ipa, bahasa indonesia, dan bahasa inggris. Menggunakan map gagasan juga dapat mempermudah kamu dalam belajar dan mengingat karna tampilan yang sederhana namun mencakup sub informasi penting dari sub utama.

9. Buatlah Grafik/Diagram

person holding blue ballpoint pen on white notebook
Photo by Lukas on Pexels.com

Ketika kamu hendak menulis tentang materi pelajaran, mencatatnya dengan menggunakan grafik atau diagram merupakan hal yang bisa kamu terapkan untuk dapat membantu kamu dalam belajar. Menggunakan grafik atau diagram juga dapat membantumu dalam mengingat, maka akan sangat bermanfaat ketika kamu menggunakan grafik atau diagram pada catatan materi pelajaranmu.

10. Menulis Ulang Catatan

Tips membuat catatan materi pelajaran yang terakhir ialah menulis ulang catatan. Ketika melakukan hal ini akan sangat bermanfaat ketika kamu masih menjadi siswa ataupun mahasiswa. Karena dengan kamu mencatat ulang materi pelajaran yang disampaikan di sekolah atau kampus, kamu akan lebih mengingat materi yang disampaikan. Tentu itu memudahkanmu dalam belajar bukan?

Kamu bisa mengingat lebih banyak, dan secara tidak langsung kamu juga mempelajari materi yang telah diajarkan di sekolah maupun di kampus.

Demikian beberapa tips membuat catatan materi pelajaran yang dapat kamu coba di rumah guys! Beberapa mungkin akan sulit karena mencatat adalah hal yang jarang dilakukan oleh beberapa orang, akan membutuhkan niat yang besar agar hal tersebut dapat dilakukan dengan maksimal.

Oleh karena itu, semangat ya guys karena sesuatu yang maksimal hanya di dapat dari seseorang yang niat dan mempunyai tekat serta semangat untuk melakukannya, karena mencatat itu sangat penting dalam kehidupan setiap orang.

Baca Juga:  Ini Dia 6 Cara Mengatasi Burn Out pada Pelajar di Tengah Pandemi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Rekomendasi Website Untuk Membantu Belajar Agar Lebih Maksimal

Banyak di antara kalian yang saat masa pandemi mengalami kesulitan dalam belajar maupun me…