10 Contoh Penerapan Hukum Newton I Disertai Gambar

Penerapan Hukum Newton IHukum Newton dikemukaan oleh seorang ahli Fisika, Matematika, dan Filsafat yang berasal dari Inggris yang bernama Sir Isaac Newton (1643 – 1722). Ia menemukan hukum gravitasi, hukum gerak, kalkulus, teleskop pantul, dan spektrum.

Hukum Newton I menjelaskan, bahwa jika resultan gaya dari suatu benda adalah sama dengan nol, maka benda yang posisinya dalam keadaan diam akan tetap diam dan benda yang sedang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan konstan, selama tidak ada gaya yang mempengaruhinya.

Bunyi Hukum Newton I

“Jika resultan pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap”.

10 Contoh Penerapan Hukum Newton I Disertai Gambar

1. Mobil berhenti mendadak

Ketika kamu sedang naik mobil atau kendaraan lainnya. Jika mobil semula dalam keadaan diam, kemudian secara tiba-tiba bergerak, kamu akan merasakan seperti terdorong ke belakang.

Jika semula mobil melaju kencang kemudian direm mendadak, kamu akan terdorong ke depan. Kejadian ini terjadi karena kamu berusaha mempertahankan keadaan semula.

Hukum 1 Newton: Bunyi, Rumus, Contoh Penerapan, Soal dan Pembahasan Dalam

2. Menarik taplak meja dengan cepat

Ketika kamu menarik sebuah taplak yang berada di atas meja kemudian diatasnya terdapat vas bunga atau piring. Taplak ditarik dengan cepat maka vas bunga atau piring tetap dalam keadaan diam. Hal ini terjadi karena adanya sifat kelembaman suatu benda.

3. Gelas di atas meja

clear glass teacup with coffee beverage
Photo by Engin Akyurt on Pexels.com

Misalnya ada gelas di atas meja. Gelas tersebut tidak jatuh atau bergerak. Gelasnya tetap diam karena tidak ada gaya luar yang mengenai gelas itu.

4. Badak bermassa sama

gray rhino in macro photography
Photo by Frans Van Heerden on Pexels.com

Dua badak bermassa sama saling dorong, keduanya tidak ada yang bergeser posisinya. Karena memiliki gaya yang sama sehingga keduanya berada dalam keadaan diam dan tidak ada perpindahan.

5. Bola Menggelinding di atas es

glass ball on white surface
Photo by Johannes Plenio on Pexels.com

Bola yang menggelinding di atas es licin akan terus menggelinding dengan kecepatan tetap karena tidak dipengaruhi oleh gaya luar atau resultan gayanya sama dengan nol (0).

6. Pemain ice skating meluncur tanpa mengeluarkan tenaga

faceless fit woman skating on ice rink in daylight
Photo by Daria Sannikova on Pexels.com

Pemain ice skating meluncur tanpa mengeluarkan tenaga maka tidak ada gaya yang dikeluarkan oleh pemain ice skating tersebut. Pemain tetap dapat meluncur dengan kecepatan tetap karena lapangan ice skating sangat licin sehingga gaya gesek antara sepatu pemain ice skating dan lapangan sangat kecil dan dapat diabaikan.

7. Buku diam di atas meja

adult blur books close up
Photo by Pixabay on Pexels.com

Ketika kamu menaruh buku di atas meja akan tetap diam dan tidak jauh kecuali ada gaya luar yang bekerja pada benda tersebut. Maka buku akan bergerak atau jatuh dari meja.

8. Ayunan

photo of woman riding swing in front of waterfalls
Photo by Artem Beliaikin on Pexels.com

Contoh berikutnya adalah ayunan yang mungkin sering kamu gunakan di rumah saat bermain waktu kamu masih duduk di bangku TK. Selain ayunan bisa juga penerapan pada bandul sederhana (gerak harmonik sederhana).

9. Penggunaan roda gila

roda gila
sumber: niagakita.id

Pemakaian roda gila pada mesin mobil. Penggunaan umum dari roda gila meliputi: Menyediakan energi yang terus menerus ketika sumber energi terputus. Misalnya, flywheel yang digunakan dalam mesin piston (piston engine / reciprocating engine), karena sumber energi berupa torsi dari mesin, berselang (tidak konstan)

10. Membangun jembatan kereta

adult architecture athlete boardwalk
Photo by Pixabay on Pexels.com

Membangun jembatan kereta, jalan layang, terowongan, bendungan, jembatan kabel bentang panjang, viaduct, menara transmisi, gedung bertingkat, konstruksi kabel, stabilitas lereng, daya dukung fondasi bangunan, analisis getaran lantai jembatan, perilaku bangunan tinggi dalam merespon gempa, perencanaan kapasitas balok dan kolom beton, kapasitas leleh struktur baja dan lain-lain, semua itu rumus utamanya cuma satu, “jumlah gaya (momen gaya) harus sama dengan nol”.

Itulah 10 contoh penerapan dari Hukum Newton I dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang sedang mencari referensi tentang contoh dari Hukum Newton I. Selamat belajar.

Untuk contoh penerapan Hukum Newton 2 dan 3 silahkan buka halaman 10 Contoh Penerapan Hukum Newton II dan untuk contoh Hukum Newton III, silahkan lihat di 10 Contoh Hukum Newton III.

Untuk melatih kemampuan dan pemahaman kamu tentang Hukum Newton, kamu bisa belajar di aplikasi ruangguru. Selain materi IPA, kamu juga bisa belajar mata pelajaran lainnya, yuk daftar sekarang lihat panduannya di sini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Grup WhatsApp Belajar IPA SMP

Grup WhatsApp Belajar IPA SMP adalah salah satu cara belajar masa kini yang digunakan oleh…