4 Info Tentang Jurusan Jurnalistik yang Super Wajib Kamu Ketahui Sebelum Masuk Kuliah!

Hola guys! Siapa nih di antara kamu yang pengen banget jadi seorang jurnalis? Yap, penulis sendiri jujur bercita-cita menjadi seorang jurnalis guys. Gimana engga sih? Jurnalis itu sebuah pekerjaan yang seru, penuh tantangan, dan tentunya berkaitan dengan tulisan. Apakah kamu juga berpikir demikian guys?

Kalau kamu tertarik dengan pekerjaan satu ini, tetapi masih ragu-ragu? Eits, tenang! Kali ini penulis mau share ke kamu berbagai info tentang jurusan jurnalistik guys! Mulai dari perbedaan dengan Ilkom sampai prospek kerja! Semua lengkap guys! Penasaran, kuy langsung simak ulasannya di bawah ini!

Kenalan yuk Dengan Jurusan Jurnalistik

smiling woman holding black dslr camera
Photo by Fox on Pexels.com

Tak kenal maka tak sayang dong! Yap, sebelum masuk lebih dalam tentang berbagai materi yang hendak dipelajari sampai prospek pekerjaan, ada baiknya kenalan dulu dengan apa sih jurnalistik itu? Jurnalistik sendiri adalah sebuah ilmu yang bertujuan untuk mencari, mengolah, sampai menyebarluaskan sebuah informasi kepada khalayak umum guys

Info yang disebarkan pun umumnya berbentuk tulisan yang diambil dari sebuah wawancara guys. So, secara sederhana nih tahapannya dimulai dari menentukan kasus atau informasi yang hendak diangkat, melakukan riset, wawancara, mengolah data, kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan, dan disebarluaskan melalui media. 

Jurusan ini mempelajari berbagai macam hal seputar tulis-menulis guys. Namun, kamu perlu tahu kalau jurusan ini berbeda dengan sastra Indonesia atau bahkan jurusan Ilmu Komunikasi ya! Apa sih bedanya? Yuk, cek info di bawah ini guys

Perbedaan Jurusan Jurnalistik dengan Jurusan Ilmu Komunikasi

photo of woman taking notes
Photo by Ivan Samkov on Pexels.com

1. Jurusan di universitas

Info tentang jurusan jurnalistik yang pertama, tentunya engga jauh-jauh dari kata universitas nih guys. So, secara sederhana kamu pasti mengenal bahwa jurnalistik adalah sebuah materi kuliah yang ada di jurusan ilmu komunikasi bukan? Yap, penulis tadinya juga berpikir demikian.

Baca Juga:  10 Manfaat Menjadi Anggota BEM Saat Kuliah

Memang tidak ada yang salah kok guys. Kebanyakan universitas di Indonesia memasukkan jurnalistik ke dalam materi Ilkom. Namun, kamu perlu tahu kalau di luar negeri hal ini jauh berbeda guys

Banyak universitas kenamaan di luar negeri yang membedakan jurusan ilmu komunikasi dengan jurnalistik. Bahkan ada beberapa sekolah khusus jurnalisme seperti, London School of Journalism, Hongary Academy of Journalism, Danish School of Journalism, dan masih banyak lagi. 

2. Materi kuliah

Next, info tentang jurusan jurnalistik yang ga boleh kamu lewatkan ialah tentang materi kuliah yang diampu guys. Materi kuliah jurusan jurnalistik tentunya lebih berfokus tentang berita-berita dan media tulisan. Mulai dari media massa cetak sampai media massa elektronik gengs

Oleh karena itu, materi kuliah pun juga berbeda guys. Apabila Ilmu Komunikas mempelajari berbagai hal secara luas mulai dari penyiar radio, hubungan masyarakat, sampai pertelevisian, maka jurusan jurnalistik lebih mempelajari tentang teknik wawancara, teknik menulis berita, sampai penyuntingan naskah berita. 

3. Prospek pekerjaan

Last but not least, info tentang jurnalistik kali ini juga ga jauh-jauh dari prospek pekerjaan guys. Kalau kamu biasanya mengenal berbagai pekerjaan di dunia ilmu komunikasi seperti broadcaster sampai creative director, maka jurusan jurnalistik memberik peluang untuk turun dan terjun sebagai jurnalis. 

Ga hanya jurnalis berita aja lho! Bisa saja menjadi seorang jurnalis foto, penulis in-dept, dan masih banyak lagi prospek pekerjaan menarik. Tenang guys! Penulis pasti akan spill di bawah nanti kok, hehehe. 

Jurusan Jurnalistik Belajar Apa Aja dong?

crop woman writing in notebook at home
Photo by Vlada Karpovich on Pexels.com

Banyak banget nih orang yang masih juga salah kaprah tentang apa saja yang dipelajari di jurusan jurnalistik. Walaupun tadi sempat disinggung sebentar, kali ini penulis juga akan menjabarkan lebih lengkap tentang materi di jurusan jurnalistik guys.

1. Pengantar ilmu jurnalistik

Info tentang jurnalistik yang wajib banget kamu ketahui sebelum masuk jurusan ini ialah soal materinya guys. Sama seperti jurusan pada umumnya, jurnalistik juga memiliki ilmu pengantar yang pasti dipelajari saat awal masuk kuliah nanti. Kamu juga bisa mendownload materi ini di internet untuk memberi gambaran lebih jelas. 

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 4

Oh iya, selain pengantar jurnalistik biasanya kamu juga akan mendapatkan pengajaran tentang sejarah pers guys. Mulai dari sejarah pers di Indonesia sampai dunia lho! Keren banget deh pokoknya!

2. Penulisan berita

Tentunya dalam ilmu jurnalistik ga akan lepas dengan yang namanya penulisan berita dong. Di jurusan jurnalistik ini, kamu akan mempelajari berbagai cara penulisan berita yang baik dan benar guys

Mulai dari bentuk liputan, esai, sampai feature, semuanya lengkap guys. Tentunya dengan tujuan yang sama yakni menyampaikan informasi yang telah kamu dapat dari wawancara atau turun melihat situasi di lapangan gengs

3. Berbagai jenis jurnalistik

Info tentang jurusan jurnalistik yang mungkin jarang diketahui nih. Sebenarnya jurnalistik juga ga melulu berkaitan dengan media massa guys. Kini ada banyak jenis jurnalistik seperti jurnalistik foto, jurnalistik radio, sampai jurnalistik pertelevisian. 

4. Hukum dan etika pers

Ini nih yang paling penting dan ga boleh terlewatkan sama sekali ya! Hukum dan etika pers yang seringkali dilewatkan oleh para jurnalis atau wartawan guys. Etika ini harus kamu terapkan dalam setiap wawancara dan pekerjaan yang kamu lakukan Kawan. 

Mulai dari bagaimana cara menata soal atau pertanyaan wawancara, cara mengulik sebuah informasi tanpa menyinggung narasumber, sampai penulisan berita yang tidak menyudutkan salah satu pihak, dan masih banyak lagi guys etika pers yang perlu diperhatikan saat kamu menjadi jurnalis. 

Prospek Kerja Jurusan Jurnalistik

1. Jurnalis

Yap, tentu saja dong apabila kamu mengambil jurusan jurnalistik maka prospek pekerjaan pertama yang kamu dapatkan ialah menjadi seorang jurnalis guys. Ada banyak lho media massa independen di Indonesia. 

Mulai dari BBC (ini super kece guys!), Kompas, Reuters Indonesia, Tempo, dan masih banyak lagi guys. Kamu bisa melamar di berbagai media massa tersebut setelah lulus nanti.

Baca Juga:  Kuliah Ilmu Gizi di IPB, Apakah Hanya Belajar Gizi?

2. Staff Negara

Wuih, siapa sih yang gamau jadi staff negara? Yap, masih jarang banget orang yang mengetahui info jurusan jurnalistik bahwa lulusannya bisa bekerja sebagai staff negara juga. Biasanya kamu lulusan jurusan jurnalistik akan ditempatkan di Keminfo atau bahkan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia).

3. Redaktur 

Biasanya nih apabila kamu telah berpengalaman sebagai seorang jurnalis atau reporter dalam sebuah perusahaan maka tak lama kamu bisa menjadi seorang redaktur juga guys. Redaktur memang memiliki tugas yang lebih complicated daripada seorang reporter. 

Sebagai redaktur kamu harus mengatur berbagai berita yang akan dikeluarkan di media cetak atau elektronik, menyeleksi berbagai naskah, sampai menyusun strategi agar media tempatmu bekerja terus berkembang dan maju. 

4. Dosen

Ga bosen-bosennya penulis memasukkan dosen sebagai prospek pekerjaan di setiap jurusan nih. Kenapa? Karena Indonesia tentu memerlukan sosok pengajar cerdas sepertimu untuk melahirkan generasi cerdas lainnya. 

Nah, apabila kamu memiliki bakat atau keinginan untuk mengajar, sekaligus menyukai ilmu jurnalistik maka jangan ragu untuk melamar pekerjaan sebagai seorang dosen di universitas tempatmu menuntut ilmu ya guys!

So, that’s it! Di atas ada beberapa info tentang jurusan jurnalistik yang mungkin kamu belum ketahui guys. Penulis berharap setelah membaca artikel ini, kamu yang bercita-cita sebagai seorang jurnalis bisa belajar sungguh-sungguh untuk meraih impian tersebut!

Semangat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Jurusan elektro menjadi salah satu major paling laris manis hampir di setiap universitas. …