Simak 5 Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Untuk Pelajar

Sebagai seorang pelajar penting untuk memiliki kemampuan menulis. Kemampuan ini akan sering kamu gunakan sampai kuliah nanti. Mulai dari tugas Bahasa Indonesia, karya tulis, dan skripsi nantinya ketika kuliah.

Selain itu, memiliki kemampuan menulis yang baik dapat kamu manfaatkan untuk hal positif lain seperti mengikuti lomba, menulis, atau menerbitkan cerita. 

Akan tetapi, tidak semua orang bisa handal dalam menulis. Teknik menulis sendiri juga tidak mudah. Kamu tidak bisa asal menulis tanpa memperhatikan unsur-unsur yang diperlukan. Sehingga, penting dari sekarang untuk meningkatkan kemampuan menulis.

Semakin awal kamu memulai maka kemampuan yang dimiliki juga semakin lebih baik. So, berikut penulis bagikan beberapa tips meningkatkan kemampuan menulis!

Tips Meningkatkan Kemampuan Menulis Untuk Pelajar

1. Sering membaca

tips meningkatkan kemampuan menulis
Student education back to school concept

Sering membaca buku akan membantumu meningkatkan kemampuan menulis. Hal ini karena kamu akan semakin terbiasa untuk melihat kata atau susunan kalimat yang tertulis dalam buku. Sehingga, saat mulai menulis kamu sudah memiliki gambaran susunan kalimat yang akan ditulis.

Selain itu, dengan membaca wawasanmu juga akan semakin luas. Hal ini dapat membantu ketika menentukan topik atau memberi informasi. Buku yang dapat kamu baca tidak terikat pada suatu kriteria tertentu. Baca apapun yang kamu sukai.

Meski membaca cerita fiksi, tetap akan ada yang kamu pelajari. Jika dari buku jenis ilmiah atau jenis non-fiksi bisa mendapat pengetahuan baru, sedangkan dalam buku fiksi kamu juga bisa mempelajari berbagai kata baru atau ide-ide menarik di dalam cerita tersebut. Hal ini tentu membantu kamu dalam menulis nantinya.

Baca Juga:  Cara Menyusun Novel Remaja

2. Membiasakan menulis

Dengan membiasakan menulis kamu akan terus mengasah kemampuan menulis yang sudah ada. Semakin terbiasa melakukan sesuatu, maka akan semakin ahli dalam melakukan hal tersebut.

Dalam menulis, kamu akan terbiasa bagaimana cara untuk menuangkan suatu ide ke dalam tulisan, bagaimana cara penyampaiannya hingga tata bahasa yang baik dan benar. Sehingga, kebiasaan menulis harus kamu bentuk.

Kebiasaan menulis dapat dibentuk dengan cara mulai menulis dari hal kecil. Seperti menulis diari, menulis cerita pendek, atau menulis apapun yang sedang ada dalam pikiran kamu.

Segala sesuatu harus dimulai dengan hal kecil terlebih dahulu agar kamu lebih terlatih. Jika ingin terbiasa, tentu harus dilakukan dalam waktu lama dan konsisten. Oleh karena itu, lakukanlah dari sekarang selagi waktu masih panjang.

3. Tulis hal yang kamu kuasai

tips meningkatkan kemampuan menulis
Various class books on wooden table

Mulailah menulis mengenai hal yang kamu kuasai. Pilihlah tema tulisan sesuai dengan pengetahuan yang kamu miliki. Hal ini akan memaksimalkan karya tulisan kamu.

Tema yang sudah dipelajari dan diketahui dengan baik maka hasil tulisan juga akan lebih baik dan maksimal. Tulis sesuai dengan infromasi serta fakta yang benar akan membuat tulisan lebih baik bahkan dalam karya fiksi sekalipun. 

Coba cari tahu, bidang apa yang kamu sukai dan kuasai. Kemudian perdalam bidang itu, sehingga kamu menemukan segala informasi dan fakta yang berguna. Hal ini akan memperlancar proses menulis karya.

Pilihan lain ialah dengan mempelajari terlebih dahulu tema yang sudah dipilih. Saat ini ada banyak sumber yang dapat dipelajari. Namun, jangan sampai kamu memuat informasi yang salah.

4. Pelajari teknik dan unsur menulis

Menulis tidak bisa asal menulis. Ada banyak unsur yang perlu diperhatikan ketika menulis. Seperti kata baku, struktur kalimat, keefektifan kalimat, sampai susunan paragraf dan alur tulisan.

Baca Juga:  10 Inspirasi Agenda Belajar Unik 2021!

Oleh karena itu, penting untuk mempelajari teknik serta unsur dalam menulis. Pelajaran ini akan berguna ketika kamu menulis, sehingga karya tulisan yang kamu buat dapat rapi dan nyaman untuk dibaca oleh orang lain.

Kamu dapat mempelajari teknik menulis melalui berbagai sumber. Dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah juga sudah diajarkan dasarnya. Selain itu, kamu juga bisa belajar dari PUEBI.

PUEBI berisi panduan untuk kata serta penyusunan kalimat yang baik dan baku. PUEBI tersedia dalam bentuk buku yang tersedia di toko buku atau perpustakan, atau kamu bisa melihatnya di internet dalam bentuk PDF.

5. Pelajari kosakata baru

tips meningkatkan kemampuan menulis
Words text from wooden blocks on desk

Dalam menulis, penggunaan kata yang sesuai dan baku merupakan hal yang sangat penting. Mungkin kamu sering merasa ketika membaca menemukan kata yang jarang ditemui atau bahkan tidak kamu ketahui artinya.

Sehingga, penting untuk menambah pengetahuan kosakata Bahasa Indonesia kamu agar ketika menulis kamu dapat menemukan kata yang tepat untuk menggambarkan isi tulisan.

Kamu dapat mempelajari kosakata baru dengan berbagai cara. Jika tidak malas, carilah Kamus Besar Bahasa Indonesia. Disana tersedia lengkap kata-kata Indonesia beserta artinya. Bacalah buku tersebut secara rutin sehingga kamu dapat mengerti kosakata baru setiap harinya.

Cara lain adalah dengan membaca lebih banyak buku. Dengan demikian, kamu dapat menemukan kosakata yang mungkin belum pernah ditemui dan carilah artinya.

Nah, itu tadi beberapa tips meningkatkan kemampuan menulis yang bisa kamu mulai sedini mungkin. Kemampuan menulis akan sangat berguna untuk pendidikan hingga pekerjaanmu. Baik sebagai pelajar atau ketika bekerja nanti, kemampuan menulis akan terus dibutuhkan.

Untuk itu, kembangkanlah dari sekarang selagi kamu masih memiliki banyak waktu luang. Gunakan waktu luang yang tersedia dengan hal positif seperti menulis atau membaca. Tips diatas dapat kamu ikuti sesuai dengan urutan atau tidak.

Baca Juga:  7 Langkah Mudah Beradaptasi di Lingkungan Baru, Khususnya di Lingkungan Kampus!

Jika bisa lakukan semuanya dengan jadwal yang teratur, sehingga kemampuan menulis kamu juga akan meningkat dengan maksimal. Tidak butuh waktu lama, asal kamu lakukan secara rutin. Jika dilakukan secara rutin maka kemampuan menulis juga akan meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…