10 Buku yang Akan Menemanimu Selama Liburan! Super Unik dan Anti-Mainstream!

Membaca menjadi salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan selama liburan nih gengs. Ga hanya itu, ada banyak banget manfaat yang bisa kamu ambil dari membaca sebuah buku! Bahkan kamu bisa pergi ke manapun hanya dengan membaca sebuah buku guys.

Oleh karena itu, kali ini penulis ingin merekomendasikan 10 buku yang akan menemanimu selama liburan tahun ini! So, ga pake lama, langsung simak ulasan di bawah ini ya gengs!

Daftar Buku yang Akan Menemanimu Selama Liburan

1. Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer

Buku yang akan menemanimu selama liburan
Sumber: goodreads.com

Yap, buku pertama yang bisa kamu baca selama liburan adalah Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta. Penulis satu ini tentunya tidak asing bukan bagimu? Berbagai pelajaran di sekolah acap kali menyebut salah satu maestro sastra asal Indonesia ini guys.

Akan tetapi, ga hanya Tetralogi Pulau Buru saja yang super epic. Novel Gadis Pantai pun ga kalah keren dan penuh makna mendalam. Secara sederhana, buku ini bercerita tentang feodalisme yang dilakukan salah satu adipati di Jawa terhadap seorang gadis dari pesisir pantai.

Konflik yang terjadi pun sangat beragam. Mulai dari keluarga, konflik batin dari seorang gadis pantai, sampai kondisi sosial budaya dari tempat Adipati ini tinggal. Meskipun begitu, cerita yang dibawakan sangat mudah dipahami dan juga menghanyutkanmu gengs.

2. Jazz, Parfum, dan Insiden karya Seno Gumira Adjidarma

Buku yang akan menemanimu selama liburan berikutnya berjudul Jazz, Parfum, dan Insiden. Untuk kamu yang menyukai novel fiksi politik, maka buku satu ini wajib banget kamu baca gengs. Paling tidak sekali dalam seumur hidup.

Novel ini dapat membuatmu bertanya-tanya, apakah cerita yang dibawakan ini nyata? Atau hanya karangan belaka? Atau bagaimana? Yap, Jazz, Parfum, dan Insiden membawa latar di tahun 90-an yang memadukan tragedi sekaligus romansa.

Baca Juga:  Cara Membeli Buku Secara Online di Bukabuku.com

Bercerita dalam 3 sudut pandang yang berbeda, buku ini membawamu mendalami musik jazz, sebuah insiden berdarah, sekaligus beraneka aroma parfum. Menariknya, di bagian belakang novel pun tersedia sebuah reportase yang bisa kamu buka dan cari di Amnesty International.

FYI, novel ini juga pernah dilarang peredarannya di Indonesia. Namun, kini kamu bisa dengan bebas mencarinya di e-commerce sampai toko buku bekas!

3. Anna Karenina karya Leo Tolstoy

Buku yang akan menemanimu selama liburan

Next, kita beralih ke sastra luar khususnya Rusia. Leo Tolstoy sastrawan besar asal Rusia yang bukunya masih mendunia hingga 100 tahun kemudian. Novel terbaiknya berjudul Anna Karenina.

Untuk kamu yang ingin mencoba novel sastra luar yang cukup berat, maka novel ini jawabannya. Halaman yang berjumlah lebih dari 600 akan membuatmu benar-benar larut dalam kehidupan seorang bangsawan Rusia.

Secara singkat, novel ini bercerita tentang kehidupan rumah tangga seorang perempuan bangsawan bernama Anna. FYI, buku ini ga hanya bercerita tentang kehidupan rumah tangga aja gengs. Ada berbagai masalah sosial, feminism, sampai kejujuran dan jati diri di dalam setiap cerita yang dibawakan.

Menurut penulis sendiri, novel ini bagus banget untuk dibaca. Cukup mengaduk-aduk emosi, mendalami perasaan seorang perempuan, sampai kemarahan di beberapa lembarnya!

4. Go Set A Watcman karya Harper Lee

Go Set A Watcman menjadi salah satu buku yang akan menemanimu selama liburan tahun ini. Buku karangan Harper Lee ini ditulis dengan sangat-super-indah. Yap, penulis merasa buku ini wajib banget kamu baca gengs, hehehe.

Bercerita tentang Scout (Jeane Louise) seorang anak pengacara asal Maycomb County. Ia mengalami kegelisahan sangat hebat ketika ayahnya seseorang yang ia kagumi selama hidup, kini menjadi seorang yang 180 derajat berbeda.

Scout merasa benar-benar terkhianati, tertipu, dan juga diasingkan dari rumahnya sendiri. Di umurnya yang ke-26, ia kembali mempertanyakan jadi dirinya, prinsip hidupnya, dan semua tentang keadilan yang selama ini ia pegang.

Ada banyak banget makna kehidupan di dalam novel satu ini gengs. Ga hanya soal pencarian jati diri, melainkan juga berbagai nilai dalam sebuah keluarga, cinta, dan juga keadilan dalam hidup seseorang!

Baca Juga:  5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

5. Sang Alkemis karya Paulo Coelho

Buku yang akan menemanimu selama liburan
Sumber: kevinjohndelaney.com

Selanjutnya, masih dengan tema mengenai pencarian identitas dan jati diri maka penulis merekomendasikan kepadamu sebuah buku berjudul The Alkemis karangan Paulo Coelho. Buku ini bagus banget untuk dibaca seorang remaja apalagi yang sedang mencari sekaligus merenungkan jati dirinya.

Mengangkat cerita tentang seorang anak bernama Santiago yang bertempat tinggal di dataran indah Spanyol. Ia melakukan sebuah perjalanan menuju padang pasir di daerah Mesir dengan iming-iming harta karun.

Di perjalanan pun ia bertemu dengan berbagai orang, penduduk, dan juga berteman dengan alam. Ia harus melewati berbagai rintangan sampai masalah dalam perjalanannya mencari harta karun.

Ada banyak kebijaksanaan tentang hidup, makna cinta, sekaligus nilai-nilai yang mendalam di buku ini gengs. Semuanya membuatmu bertanya, apakah kamu sudah menemukan harta karun di hidupmu?

6. Half of Yellow Sun karya Chimamanda Ngozi Adichie

Buku yang akan menemanimu selama liburan berikutnya ialah Half of Yellow Sun karya Chimamanda Ngozi Adhicie. Buku ini bagus banget gengs untuk dibaca, khususnya kamu yang ingin mendalami tentang feminism sampai sejarah politik dunia.

Berlatar belakang di pra- perang saudara Nigeria sampai pasca pendirian negara Biafra, novel ini kaya banget dengan berbagai nilai kehidupan. Sudut pandang yang dibawakan pun berdasarkan 3 orang berbeda. Seorang dosen sosiologi, seorang remaja Igbo, dan pria asal Inggris bernama Richard.

Buku ini membawamu mendalami permasalahan berbeda dari setiap tokohnya, perdebatan batin, sampai perang. Ga hanya itu gengs, kamu akan kembali bertanya tentang apa arti kemanusiaan, kebebasan seorang perempuan, dan juga arti cinta sesungguhnya.

7. Tukang Kebun karya Rabidranath Tagore

pink and white flowers on white wall
Photo by Evie Shaffer on Pexels.com

Yup, selain seorang filsuf, Rabidranath Tagore adalah seorang pujangga yang super romantis gengs. Tukang Kebun ialah kumpulan puisinya mengenai cinta. Ga melulu kepada manusia kok, melainkan juga alam, Tuhan, dan kehidupan gengs.

Bagi penulis sendiri, buku ini super romantis untuk dibaca dan dipahami. Salah satu bait paling menarik tentang arti perempuan di mata Tagore ialah,

Baca Juga:  Ketahui Yuk, 6 Buku untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pelajar

“Betapa dapat jasad menjamah keindahan, yang hanya ruh saja dapat menjamahnya” Bait ke-49

8. Ariel karya Sylvia Plath

Penulis super berharap Ariel karya Sylvia Plath dapat menjadi salah satu buku yang akan menemanimu selama liburan tahun ini gengs. Why? Sylvia Plath bukanlah penulis biasa gengs. Beliau benar-benar mendalami dan hidup di dalam seni itu sendiri.

Buku dan nama Sylvia Plath mungkin ga akan kamu temui di pelajaran Bahasa Inggris atau Sastra Inggris biasa! So, Ariel bercerita tentang apa sih? Singkatnya, Ariel adalah kumpulan puisi yang ditulis oleh Sylvia Plath. Seperti kebanyakan kumpulan puisi lain, Ariel bisa disebut sebagai curahan mendalam perasaan Plath.

Bercerita tentang kegalauan tentang membuat keputusan, arti kehidupan di mata Sylvia Plath, bahkan sampai arti jiwa dan juga raga di dunia ini. Sylvia Plath membagikan berbagai kisah mengenai keluarga sampai mimpi-mimpinya melalui puisi di buku ini.

9. Feminist Manifesto karya Chimamanda Ngozi Adhicie

woman sitting on window reading book
Photo by Thought Catalog on Pexels.com

Nah, kali ini juga ada buku non-fiksi bagi kamu yang tertarik mendalami segala sesuatu tentang feminism gengs. Buku ini super ringan untuk dibaca, nyaris berasal dari berbagai aktivitas sehari-hari kamu.

Ada banyak pertanyaan umum yang dilontarkan masyarakat dan dijawab dengan jelas serta menarik di buku ini. Seperti, kenapa warna biru diidentikan dengan anak laki-laki sampai permainan seperti kereta atau mobil-mobilan yang hanya diperuntukkan bagi laki-laki daripada perempuan.

10. Black Skin White Mask Frantz Fanon

Yap, buku yang akan menemanimu selama liburan kali ini bercerita tentang kolonialisme, segregasi, sekaligus humanisme tentang kulit hitam dan putih. Buku ini bagus banget untuk dibaca bagi kamu yang tertarik dengan isu minoritas atau rasisme gengs.

Buku ini juga memuat berbagai pemaparan psikologi antara bangsa yang dijajah dengan penjajah itu sendiri. Selain itu, kamu juga akan dibawa menelusuri jejak sejarah dari perbudakan sampai berbagai bangsa minoritas di dunia.

Nah, itu tadi 10 rekomendasi buku yang akan menemanimu selama liburan tahun ini! Oh iya, jangan lupa komen di bawah ya apabila kamu sudah menyelesaikan salah satu buku di atas! So, selamat membaca gengs!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…