5 Cara Menulis Ulang Puisi yang Sudah Ada Menjadi Puisi Baru

Cara Menulis Ulang Puisi | Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Puisi atau sajak merupakan ragam sastra menggunakan bahasa yang terikat oleh irama, mantra, rima serta penyusunan larik dan bait yang tersusun dengan teratur sehingga enak untuk dibaca dan didengarkan.

Seringkali puisi berisi ungkapan penulis mengenai pengalaman, emosi maupun kesan yang selanjutnya dituliskan menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga dapat berima dan enak untuk dibaca.

Berikut ini beberapa tips cara menulis ulang puisi yang sudah ada menjadi sebuah puisi baru.

Cara Menulis Ulang Puisi
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Cara Menulis Ulang Puisi yang Sudah Ada

1. Pahami Maksud dan Isi dari Puisi

Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum menulis ulang sebuah puisi adalah kamu harus memahami isi dari puisi tersebut, hal ini bertujuan agar kamu bisa dengan mudah mengubah liriknya dan puisi yang kamu tulis ulang masih bisa dipahami oleh pembaca.

Ada beberapa aspek dari sebuah puisi yang tidak dapat dihilangkan dalam versi parafrasenya. Sebelum lanjut ke proses penulisan puisi, pastikan kamu mencatat semua aspek penting dari puisi tersebut. Ini akan membantu kamu dalam menulis ulang sebuah puisi.

2. Ambil Idenya dan Modifikasi

Setelah kamu mencatat aspek-aspek penting dari puisi yang akan kamu tulis ulang, saatnya untuk melanjutkan ke proses utama, yaitu menulis ulang puisi. Dalam tahap ini, tugas kamu adalah menggunakan kata-kata kamu sendiri untuk mempresentasikan ide yang sama.

Pastikan kamu benar-benar paham arti dan maksud dari puisi yang akan kamu tulis ulang agar kamu lebih mudah menulis ulang dengan memodifikasinya menggunakan ide – ide cemerlang kamu sehingga bisa menghasilkan puisi baru yang kreatif, dan tidak terkesan plagiasi.

Baca Juga:  Yuk, Ketahui 8 Jenis Majas Dalam Puisi yang Paling Sering Digunakan!!

3. Menggunakan Sinonim Kata

Jika kamu masih bingung mencari ide baru untuk memodifikasi puisinya, kamu bisa menggunakan tips atau cara ketiga ini yaitu kamu bisa menggunakan padanan kata atau sinonimnya, cara ini cukup efektif dan bisa membantu kamu dengan mudah dalam menulis ulang sebuah puisi baru dengan bermodalkan puisi yang sudah ada.

Jika kamu bingung mencari persamaan atau sinonim kata yang ingin kamu ubah, kamu bisa memanfaatkan situs sinonimkata.com untuk mencari sinonim.

Cara menggunakannya sangat mudah, tinggal buka situsnya, dan masukkan kata yang ingin kamu cari sinonimnya dan klik cari, pada bagian bawah akan muncul sinonimnya yang bisa kamu gunakan dalam menulis ulang sebuah puisi. Untuk lebih jelasnya kamu bisa perhatikan gambar di bawah ini.

cara menulis ulang puisi

4. Mengubah Tata Letak Kata

Cara keempat ini kamu hanya mengubah tata letak dari penggunaan kata dari puisi tersebut dengan mengubah posisinya, artinya kamu hanya mebalik kata – kata yang sudah ada di dalam puisi misalnya mengubah susunan dari awal ke akhir menjadi kata yang di akhir diubah posisinya diawal, dan pastikan arti dan maksud puisi masih bisa dipahami oleh pembaca agar tidak rancu dan bersifat ambigu.

Contohnya kalimat dari puisi berikut,

“Dan hanya satu yang berdiri”

Bisa dibalik menjadi,

“Yang berdiri hanya satu”

Kreasikan sesuai ide kamu ya, dan pastikan sampai susunan katanya enak untuk dibaca.

5. Koreksi Kembali Secara Menyeluruh

Setelah kamu menulis ulang puisinya langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan agar puisi yang kamu tulis ulang tidak ada kesalahan penulisan ataupun kesalahan dalam penggunaan kata agar puisi yang kamu tulis enak untuk dibaca baik dari susunan kata dan iramanya.

Baca Juga:  7 Tips Menulis Puisi Bagi Pemula! Super Mudah untuk Diikuti!

Itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam menulis ulang sebuah puisi yang sudah ada tanpa mengurangi arti dan maksud dari puisi tersebut.

Semoga cara yang kami bagikan ini bermanfaat untuk kamu dalam membuat tugas untuk menulis sebuah puisi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Yuk, Ketahui 8 Jenis Majas Dalam Puisi yang Paling Sering Digunakan!!

Siapa nih di antara kamu yang gemar banget menulis puisi? Yap, menulis puisi atau sajak me…