8 Langkah Memilih Jurusan di SMA! Dijamin Anti Galau Lagi!

Siapa nih di antara kamu yang masih bingung dengan jurusan di SMA atau bahkan ga tau mau ngapain di SMA? Yap, hal ini sebenarnya cukup wajar terjadi di kalangan pelajar. Bahkan sampai nanti kamu lulus SMA dan kuliah, tentunya kebingungan yang sama akan tetap datang guys.

Akan tetapi, kali ini penulis mau membagikan beberapa langkah memilih jurusan di SMA yang bisa kamu ikuti Step by step. Penulis sangat berharap kamu bisa masuk SMA sesuai dengan bakat dan cita-citamu di masa depan. So, tanpa menunggu lama, yuk langsung kepoin ulasannya di bawah ini gengs!

Langkah-Langkah Memilih Jurusan di SMA

1. Menentukan passion dan cita-cita

confident black young man relaxing with raised arms and closed eyes in nature
Photo by Hebert Santos on Pexels.com

Nah, masuk ke hal pertama yang paling penting nih guys. Apa sih cita-cita atau passion yang kamu miliki? Yap, penulis yakin 100% bahwa setiap dari kita diberikan kemampuan yang berbeda-beda sekaligus unik satu sama lain.

Akan tetapi, ga semua orang tahu kemampuan yang dimilikinya nih. Sehingga terkadang sayang banget ada begitu banyak kemampuan atau bakat yang terbuang sia-sia dan kurang maksimal berkembang karena tidak diketahui pemiliknya.

Oleh karena itu, di sisa waktu yang super mepet ini penulis anjurkan untuk kamu merenungkan secara mendalam apa sih passion dan cita-cita yang kamu inginkan. Percaya deh, ketika kamu memiliki sebuah mimpi atau cita-cita yang jelas maka kehidupanmu kedepan akan lebih produktif.

2. Melakukan riset jurusan

Langkah memilih jurusan di SMA yang kedua ialah melakukan riset jurusan. Ga banyak juga pelajar yang melakukan kegiatan ini gengs. Sebagian dari mereka hanya bertanya kepada kakak kelas atau riset di saat senggang saja.

Padahal melakukan riset jurusan membutuhkan konsentrasi dan waktu khusus lho. Apalagi kalau kamu belum menemukan passion atau cita-cita. Maka buat kamu yang belum melakukan riset jurusan, yuk sediakan waktu luangnya gengs.

Paling tidak 1 hari untuk mempertimbangkan sebuah jurusan. Mulai dari pelajaran yang akan dihadapi, materi pelajaran tersebut, prospek perkuliahan, sampai kesulitan dari setiap materi yang akan kamu hadapi ke depan.

Baca Juga:  Yuk, Simak Tips Masuk SMA Favorit sampai Jalur Masuk SMA!

Riset ini bisa dilakukan dari internet, youtube, bahkan sampai Instagram atau Twitter gengs. Kamu juga bisa bertanya ke kakak kelas dan jangan lupa untuk mencatat tiap informasi penting ya!

3. Mendiskusikan bersama orang tua

photo of woman carrying book
Photo by Eren Li on Pexels.com

Yup, setelah mencari dan mendapatkan berbagai fakta secara lengkap maka jangan lupa untuk mendiskusikannya bersama orang tua. Ingat, sebelum berbicara dengan orang tua maka pastikan kamu sudah benar-benar yakin dan mantap gengs.

Nah, penulis juga ada sedikit tips nih untuk berbicara dengan orang tua. Pertama, pilih waktu yang sesuai. Jangan di pagi hari karena mereka cenderung buru-buru untuk bekerja. Namun, jangan sore hari saat mereka baru pulang bekerja juga guys.

Kalau bisa di malam hari, tepatnya setelah kamu makan malam. Yap, menurut penulis itu waktu yang tepat untuk melakukan diskusi. Kamu bisa buka dengan bertanya ‘Apakah mama dan papa ada waktu luang?

Lalu mulai bicarakan tentang jurusan yang kamu inginkan. Ceritakan dengan jelas dan sungguh-sungguh tentang passionmu dan riset yang telah dilakukan. Tetap tenang juga gengs. Oh iya, apabila mereka memberi masukan maka jangan tentang langsung.

Kamu bisa dengarkan terlebih dahulu dan tetap jelaskan keunggulan yang berhubungan dengan passion yang kamu miliki.

4. Mencari sekolah yang tepat

Langkah memilih jurusan di SMA berikutnya ialah mencari sekolah yang tepat. Setelah melewati malam yang menegangkan ketika berdiskusi, pastikan kamu mendapatkan sebuah jawaban yang tepat ya gengs.

Agar di keesokan harinya kamu bisa langsung riset tentang sekolah yang tepat. By the way, apabila kamu sudah didaftarkan ke sebuah sekolah maka jangan menyerah. Ada dua cara nih yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga:  Yuk, Ketahui Berbagai Tips untuk Mahasiswa Baru Sampai 6 Aplikasi yang Wajib Dimiliki MABA!

Pertama, tetap mencari sekolah yang masih membuka pendaftaran dengan akreditasi A di jurusan yang kamu inginkan. Pilihan kedua ialah masuk ke sekolah yang sama hanya saja dengan pemilihan jurusan yang sesuai dengan passionmu.

Jujur, penulis sangat mewanti-wanti untuk kamu memilih jurusan sesuai passion ya! Kenapa? Karena hal ini ga hanya berpengaruh di SMA atau kuliah aja melainkan sampai masa depanmu guys!

5. Kenali sekolah, lingkungan, dan pergaulan

Langkah memilih jurusan di SMA
Sophomores attend chemistry class at Skyline High School in Oakland, Calif., Wednesday, Sept. 17, 2014. Photos by Alison Yin for EdSource

Next, setelah mencari dan menemukan sekolah yang tepat maka kini saatnya kamu mengenali dengan baik sekolah, lingkungan, dan juga pergaulan di tempat tersebut. Bagaimana circle pertemanan di sekolah tersebut sampai daftar prestasi organisasi dan akademik yang dimiliki.

Hal ini dapat membantumu di step selanjutnya dalam membuat rencana di SMA. Apabila ada temanmu yang masuk ke sekolah sama, maka jangan ragu untuk saling bertukar info atau fakta dari SMA tersebut ya gengs.

6. Buat goals dan rencana selama SMA

Satu hal yang penulis sesali waktu masuk di SMA ialah tidak menuliskan berbagai rencana dan goals yang akan dilakukan. Sehingga, masa SMA penulis benar-benar seperti rollercoaster dan kurang terarah dengan baik gengs.

So, langkah memilih jurusan di SMA yang penulis sarankan untukmu ialah membuat goals dan berbagai rencana selama SMA. Ga perlu yang detail banget kok guys, toh rencana juga bisa beradaptasi sesuai yang terjadi di SMA kan?

Akan tetapi, setidaknya kamu memiliki sebuah gambaran atau kemana sih langkahmu di SMA ini? Supaya setiap kegiatan, lomba, nilai, yang kamu dapatkan di SMA bisa berjalan sesuai dengan cita-cita yang kamu inginkan.

Ga hanya itu, kamu jadi bisa mempersiapkan segala sesuatu lebih matang guys. Misalnya, dalam mengambil lomba olimpiade atau bahkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Jadi, yuk mulai tulis goals dan rencanamu selama SMA!

Baca Juga:  3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

7. Cicil materi di SMA

Langkah memilih jurusan di SMA
Sumber: cmls.org.uk

Setelah melewati berbagai hal panjang dalam menentukan jurusan, kini saatnya kamu untuk menyicil berbagai materi di SMA. Penulis sendiri menyukai kegiatan ‘cicil-mencicil’ ini hampir di setiap jenjang.

Hal ini membuat penulis merasa lebih matang dan siap dalam menghadapi segala materi. Ga perlu belajar secara serius seperti saat ujian gengs, melainkan bisa kamu isi dengan kegiatan membaca atau menonton video. Terpenting, kamu mengetahui materi pelajarannya seperti apa dan kesulitan di bagian mana dalam setiap mapelnya!

8. Masuk dengan semangat yang baru

Langkah terakhir memilih jurusan di SMA ialah membuka lembaran baru dengan semangat. Yuk, move on dari masa SMP kamu! Entah bahagia atau mungkin buruk, semuanya pasti bakal berlalu kan?

So, sekarang ga perlu lagi nih galau-galau karena kangen masa SMP melainkan siap menjadi siswa SMA yang matang dengan masa depan yang benar-benar diketahui dan tertata ya gengs!

Nah, itu tadi 8 langkah memilih jurusan di SMA versi penulis guys! Gimana, kalau kamu benar-benar mengikuti step-nya maka penulis yakin kamu bisa menentukan dengan tepat jurusanmu kok. So, sekali lagi penulis ucapkan selamat bagi kamu yang kini sudah SMA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …