Materi Seni Budaya Kelas 7 Bab 11 Menyanyi dengan Lebih Satu Suara

Bernyanyi merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh semua orang. Teknik dalam bernyanyi memiliki peran penting karena akan menentukan kualitas suara dan penampilan. Jika penampilan dilakukan secara indivu, teknik yang dimiliki harus kuat sehingga karakter yang ditampilkan akan menjadi ciri khas penyanyi tersebut. 

Apabila dilakukan secara vokal grup, penampilan vokal grup memerlukan kerja sama yang baik sehingga penampilan dapat dilakukan secara maksimal. Vokal grup terdiri dari 3-12 orang yang menyanyikan lebih dari satu suara. Ada paduan suara kecil yang anggotanya 12-28 orang dan paduan suara lebih dari 28 orang. 

Kita pasti mengenal istilah akapela, nasyid, dan lagu kanon. Akapela adalah bentuk vokal grup gaya kapel, tanpa alat musik pengiring. Nasyid berasal dari bahasa Arab ansyadayunsyidu yang artinya bersenandung. Lagu kanon adalah lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih kelompok penyanyi dinyanyikan dengan melodi saling mengejar.

Berikut contoh menyanyi dengan banyak suara : 

Berikut contoh menyanyi lagu kanon : 

Lagu bentuk kanon sering ditampilkan pada kegiatan pramuka, dinyanyikan secara susul-menyusul. Contohnya Lagu Burung Hantu, dapat dinyanyikan dalam dua kelompok. Kelompok pertama memulai dengan baris pertama, sedangkan kelompok yang lain memulai setelah kelompok pertama selesai menyanyikan baris pertama, susul-menyusul sampai selesai. 

Menyanyi dengan banyak suara secara kanon dapat melatih siswa untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain. Berikut contoh lagu bentuk kanon : 

Agar mutu suara baik, sebaiknya harus melakukan latihan olah vokal dan menerapkan pernapasan diafragma. Berikut ini latihan teknik vokal yang bisa kamu lakukan : 

Latihan lagu dua suara dapat dilakukan dalam dua kelompok. Kelompok pertama  menyanyikan  melodi  suara  pertama  dan  kelompok  kedua  menyanyikan  melodi  suara  kedua.  Kelompok pertama adalah kelompok perempuan. Kelompok  kedua  adalah  kelompok laki-laki.

Baca Juga:  Materi Seni Budaya Kelas 8 Bab 9 Membuat Poster

Berikut ini latihan teknik vokal yang bisa kamu lakukan : 

Latihan lagu tiga suara di nyanyikan dalam tiga kelompok. Melodi suara pertama dinyanyikan oleh kelompok perempuan dengan suara tinggi, kelompok kedua oleh kelompok perempuan dengan suara rendah, kelompok ketiga oleh laki-laki. 

Bila siswa perempuan sedikit, melodi suara satu dinyanyikan oleh kelompok perempuan, suara kedua oleh laki-laki dengan suara tinggi, kelompok tiga oleh laki-laki dengan suara rendah.

Menyanyi secara vokal grup merupakan cara bernyanyi dalam kelompok kecil. Pada praktiknya, menyanyi dengan vokal grup dapat dilakukan secara bergantian antaranggota vokal grup.

Menyanyi secara unisono merupakan cara bernyanyi secara berkelompok dengan satu suara. Menyanyi secara unisono merupakan tahap awal sebelum menyanyi dengan paduan suara yang merupakan perpaduan suara 1, suara 2, dan suara 3.

Daftar Pustaka
Purnomo, E., Deden, H., Buyung, R. & Julius, J. 2017. Seni Budaya SMP/MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Materi Seni Budaya Kelas 8 Bab 14 Menampilkan Tari Tradisional

Jenis penyajian tari dapat berupa tari tunggal, tari berpasangan, tari berkelompok, dan dr…