Perpustakaan Online Terbaik, Bukunya Super Lengkap!

Guys, tau ga sih kalau pengedaran buku bajakan termasuk sebagai pelanggaran? Untuk kalian yang masih membaca buku fotokopi, e-book yang diedarkan secara illegal, dan lain sebagainya, please stop mulai sekarang.

Kenapa? Karena sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada seorang penulis adalah dengan membeli karya mereka. Kalau kamu membeli buku secara bajakan atau e-book illegal maka itu termasuk pelanggaran hak kepemilikan guys!

Bahaya bingitz! Selain itu, penulis kan profesi guys, cara agar penulis idola kita tetap berjaya adalah dengan membeli buku supaya uang penjualan tersebut dapat menjadi royalti para penulis. Apabila kamu membeli buku bajakan, otomatis komisi atau royalti yang didapatkan adalah milik pembajak bukan penulis.

Maka dari itu guys, daripada kita beli buku bajakan atau e-book yang sering diedarkan di WhatsApp sampai Line, mending kita membaca karya para penulis idola di perpustakaan online. Pastinya yang terpercaya dan high quality juga.

Jadi, aku bakal kasih tau ke kamu beberapa perpustakaan online yang dapat dengan mudah kamu temukan di mesin pencaharian. Kuy, simak di bawah guys!

Yuk, Mampir ke Perpustakaan Online di Bawah Ini!

1. IPUSNAS

Pertama adalah IPUSNAS guys! Perpustakaan online ini berbentuk aplikasi dan bisa kamu download di playstore maupun applestore. IPUSNAS sendiri adalah aplikasi yang legal dan resmi milik Perpustakaan Nasional RI. 

Di sini kita bisa membaca berbagai macam koleksi buku dan super lengkap. Besarnya hanya berkisar 25 MB aja guys! Selain itu, tampilannya super keren dan mudah banget untuk melakukan peminjaman.

Kamu cukup download, daftar, pinjam deh! 

2. IJAKARTA

Jadi, IJAKARTA adalah perpustakaan online milik Pemprov DKI Jakarta. Aplikasi ini juga tersedia di iOS, Playstore, dan PC guys! Ga jauh beda dengan IPUSNAS, IJAKARTA juga sangat mudah diakses kamu hanya perlu download dan daftar seperti biasanya.

Bentuknya pun seperti sosial media. Seru banget dan bikin kamu betah untuk baca.

3. Buku Sekolah Digital

Lanjut, aplikasi satu ini khusus berisi tentang buku pelajaran guys! Isinya lengkap, mulai dari buku SD, SMP, dan SMA atau SMK. Aplikasi ini memiliki buku paket super lengkap yang.

Jadi, selama pandemi seperti sekarang kamu tak perlu repot untuk datang ke sekolah mengambil buku paket, karena kini sudah bisa kamu akses di Buku Sekolah Digital.

Akses buku sekolah digital di sini https://bsd.pendidikan.id/

4. ACADEMIA.edu

Wuih, perpustakaan online satu ini pasti sering banget kamu jumpai kan? Jadi, perpustkaan online satu ini bisa kamu akses via daring. Cara pendaftarannya pun mudah, kamu juga bisa mengatur pemberitahuan pada e-mail agar selalu mendapat notif berkaitan jurnal atau arsip yang kamu cari.

Menurutku sendiri, jurnal di sini super lengkap dan terpercaya. Memang banyak orang bisa membuat dan mengupload tulisan mereka di ACADEMIA.edu, tetapi perlu diingat hanya jurnal atau arsip tertentu yang akan muncul di pencarian teratas.

Tentunya jurnal yang terpercaya dan recommended! Akse di sni https://www.academia.edu/

5. World Digital Library

Next, kalau perpustakaan online satu ini bisa kamu akses melalui mesin pencaharian Google. Buku yang tersedia di dalamnya berasal dari berbagai bahasa guys! Kamu bisa sesuaikan dengan bahasa yang diinginkan, Indonesia, Inggris, dan lain sebagainya.

Selain itu, World Digital Library memiliki koleksi buku super lengkap. Namun, perlu diketahui guys buku yang ada di sini adalah buku-buku sejarah. Ga Cuma buku sejarah yang lengkap bingitz, World Digital Library juga menyediakan berbagai dokumentasi dari suatu peristiwa di seluruh dunia. Keren bangett deh!

Kalau kamu pecinta sejarah, wajib akses perpustakaan online satu ini guys! tersedia lebih dari 16.000 arsip yang bisa dibaca. Akses di sini https://www.wdl.org/en/

6. The Anarchist Library

Oke, buat kamu mahasiswa politik, sejarah, ekonomi, dan berbagai cabang ilmu sosial lainnya atau bahkan anak sastra kudu banget mampir ke perpustakaan online satu ini.

Di sini tersedia banyak banget esai sampai jurnal penelitian tentang berbagai isu sosial guys. Mulai dari lingkungan, feminism, sampai sejarah Yunani! FYI, arsip atau jurnal di sini menggunakan bahasa Inggris ya guys!

Akse di sini https://theanarchistlibrary.org/

7. Open Library

Yess, ini adalah salah satu perpustakaan online favorit aku! Guys, kamu bisa baca banyak buku di sini, secara bebas! Novel dan buku yang dihadirkan engga sembarangan. Bagus-bagus banget deh pokoknya.

Banyak novel-novel eropa lama yang dapat kamu jumpai. Novel ini terdiri dari berbagai genre. Ga Cuma itu, novel klasiknya juga ga kalah kece guys! Eits, satu lagi di sini juga terdapat berbagai macam jurnal dari MIT guys!

Akses open library di sini https://openlibrary.org/

8. Goodreads

Terakhir, perpustkaan online satu ini keyen parah! Kamu bisa membaca berbagai buku sampai jurnal juga! Oh iya, di Goodreads kamu bisa mengakses buku-buku dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris yaa!

Akses Goodreads di halaman website ini https://www.goodreads.com/

Yap, jadi di atas adalah beberapa perpustakaan online yang khusus aku rekomendasiin buat kamu! Mulai sekarang stop kejahatan pembajakan buku atau e-book illegal dan mulai menghargai karya penulis lewat membeli karyanya secara resmi ya guys!

Yuk buruan mampir!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kenalan Dengan Ruangpeduli, Secercah Harapan Untuk Generasi Indonesia

Tahukah kamu, angkat buta huruf di Indonesia selalu meningkat tiap tahunnya. Tentunya terd…