Ringkasan Materi IPS Kelas 7 Semester 2 K13 Revisi!

Buat kamu yang sedang mencari rangkuman materi IPS kelas 7 sebagai bahan belajar atau persiapan ulangan harian, ulangan semster, ujian sekolah, dll. Berikut ini kami rangkum materi IPS kelas 7 untuk semester 2.

Jika kamu ingin membuat rangkuman sendiri, silahkan membaca tips atau cara merangkum materi pelajaran yang baik dan benar, silahkan membaca di halaman cara membuat rangkuman materi pelajaran.

Ringkasan Materi IPS Kelas 7 Semester 2


Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan


Pengertian
Kebutuhan adalah suatu keinginan manusia terhadap suatu barang atau jasa dan menuntut adanya pemenuhan, apabila tidak dipenuhi akan berdampak negatif pada kelangsungan hidupnya.

Kelangkaan adalah ketidakseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan.

Kelangkaan merupakan masalah ekonomi, karena menyebabkan kurangnya atau tidak terpenuhinya kebutuhan sebagian atau seluruh kebutuhan manusia.

Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan sosial yang mempelajari tingkah laku manusia dalam memenuhi untuk mencapai kemakmuran. 

Kebutuhan menurut intensitasnya/tingkatannya yaitu : 

  • Primer (pokok) : Kebutuhan yang harus dipenuhi, jika tidak dipenuhi akan mempengaruhi kelangsungan hidup, contoh :  makanan, pakaian, rumah 
  • Sekunder (tambahan) : Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi, contoh : peralatan rumah tangga, lemari, televisi 
  • Tersier (barang mewah) : Kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi, kebutuhan tersier berbeda untuk setiap orang.  

Kebutuhan menurut Sifatnya yaitu 

  • Jasmani : kebutuhan yang bersifat materi, contoh : makan, minum, olahraga
  • Rohani : kebutuhan untuk kepentingan jiwa manusia, contoh : agama, rekreasi, pendidikan.

Kebutuhan menurut Waktu pemenuhan yaitu 

  • Sekarang : kebutuhan yang haru segera dipenuhi saat ini dan sangat dibutuhkan, contoh : makan, minum, obat untuk orang sakit
  • Yang akan datang : kebutuhan yang dapat ditangguhkan pada masa yang akan datang, contoh : seseorang menabung untuk biaya pendidikan anaknya kelak

Kebutuhan menurut Subjeknya yaitu : 

1. Kebutuhan individu : kebutuhan yang dirasakan oleh seseorang dan pemenuhannya dilakukan secara individu, contoh : makan, minum, motor, mobil

2. Kebutuhan kelompok/kolektif : kebutuhan yang dirasakan oleh sekelompok orang dan pemenuhannya dilakukan secara bersama-sama, contoh : jembatan, sekolah, pasar, lapangan

Macam-macam alat pemuas kebutuhan berdasar kelangkaan atau cara memperolehnya : 

  1. Barang ekonomis : barang yang keberadaannya terbatas, contoh: sepatu, air kemasan, dll.
  2. Barang bebas : barang yang keberadaannya sangat banyak, contoh : sinar matahari dan udara

Berdasar Hubungan dengan barang lain : 

1. Barang Subtitusi : barang yang dapat menggantikan barang lain dengan syarat kegunaannya sama, contoh : gula merah bisa diganti dengan gula putih

Baca Juga:  Rangkuman Materi IPS Kelas 7 Bab 3 Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan

2. Barang Komplementer : barang yang penggunaannya dapat melengkapi barang lain, contoh : motor tidak akan jalan jika tidak ada bensin

Berdasar Tujuan penggunaannya : 

1. Barang Produksi (Modal) : barang yang dapat menghasilkan barang lain, contoh : lahan, mesin, gedung

2. Barang Konsumsi : barang yang dapat digunakan secara langsung atau barang hasil produksi, contoh : alat tulis, buku, meja, kursi.

Berdasar Proses pembuatannya : 

1. Barang mentah : barang yang harus diproduksi terlebih dahulu, contoh : padi, kayu, plastik

2. Barang setengah jadi : barang yang masih dalam proses produksi, contoh : benang sebelum dibuat kain

3. Barang jadi : barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan, contoh : nasi, baju, sandal 

Pengertian
Tindakan ekonomi adalah tindakan manusia dalam memenuhi kebutuhan untuk mencapai kemakmuran. Tindakan ekonomi manusia tersebut didorong oleh motif ekonomi.

Produksi adalah kegiatan menghasilkan barang/jasa, kegiatan menambah kegunaan barang/jasa. Tujuan produksi untuk : menghasilkan barang/jasa, memperolah keuntungan, dan memenuhi kebutuhan konsumen. 

Faktor – faktor produksi : 

  • Alam : bahan baku yang disediakan oleh alam, contoh : tanah, hutan, hasil tambang, air 
  • Tenaga kerja : sumber daya manusia, ada 3 macam yaitu tenaga terdidik, terlatih dan tidak punya ketrampilan 
  • Modal : segala hasil produksi yang dibuat manusia dengan tujuan menghasilkan barang/jasa lain
  • Kewirausahaan : kemampuan seseorang atau beberapa orang untuk menyatukan faktor produksi untuk menghasilkan barang tertentu

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. Sistem distribusi : langsung, semi langsung dan tidak langsung.

Tujuan distribusi : 

  1. Menyalurkan barang dari produsen ke konsumen
  2. Hasil produksi lebih berguna bagi masyarakat
  3. Kebutuhan masyarakat terpenuhi 
  4. Kontinuitas produksi terjamin 

Konsumsi adalah kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan barang/jasa secara berangsur – angsur atau sekaligus. Tujuan konsumsi : memenuhi kebutuhan. Jenis – jenis konsumsi : konsumsi produktif dan konsumsi akhir. 

Permintaan (demand) adalah jumlah barang yang ingin dibeli oleh masyarakat dengan tingkat harga tertentu.

Faktor – faktor yang mempengaruhi permintaan : harga barang, pendapatan masyarakat, selera masyarakat, kualitas barang, harga barang lain, jumlah penduduk, dan ramalan masa depan. 

Penawaran adalah kesediaan penjual untuk menjual berbagai barang pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi penawaran : biaya produksi, teknologi, harapan akan mendapatkan laba, faktor – faktor non ekonomi 


Bab 4 Masyarakat Indonesia pada Masa PraAksara, Hindu-Budha dan Islam


Pengertian
Zaman PraAksara adalah zaman sebelum manusia mengenal tulisan, dimulai sejak manusia ada, berakhir ketika manusia sudah mengenal tulisan. Secara geologis, sejarah perkembangan bumi dibagi 4 periode : zaman arkaekum (2500 juta tahun lalu), palaeozoikum (250 juta tahun lalu), mesozoikum (140 juta tahun lalu) dan neozoikum/kenozoikum (60 juta tahun lalu).

Tradisi megalithik : membangun batu yang berukuran besar, contoh : menhir, dolmen, kubur peti batu, waruga, sarkofagus, punden berundak, patung. 

Baca Juga:  Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi

Peninggalan Masa PraAksara

  1. Dolmen
  2. Waruga
  3. Sarkofagus

Ada 4 teori yang menjelaskan masuknya kebudayaan Hindu-Budha yaitu : 

  • Waisya : proses masuknya kebudayaan Hindu-Budha dibawa oleh pedagang India
  • Ksatria : proses penyebaran kebudayan Hindu-Budha dibawa oleh golongan ksatria (bangsawan, prajurit) 
  • Brahmana : proses penyebaran kebudayan Hindu-Budha dibawa oleh golongan brahmana (pendeta)
  • Arus balik : banyak pelajar Indonesia yang belajar Hindu-Budha di India kemudian disebarkan ke Indonesia

Kerajaan-kerajaan Hindu-Budha di Indonesia

  • Kutai: Letaknya di sungai Muara Kaman, Kalimantan Timur. Raja yang pernah memerintah : Kudungga, Asmawarman dan Mulawarman. Peninggalannya : 7 Yupa. Yupa adalah tugu batu yang berfungsi sebagai tugu peringatan.
  • Tarumanegara: Kerajaan hindu beraliran wisnu. Raja yang terkenal : Purnawarman. Mata pencaharian rakyatnya : bertani dan berdagang. 
  • Sriwijaya: Letaknya di Palembang, dekat Sungai Musi. Raja yang terkenal : Balaputradewa, memerintah pada abad 9 M. Mata pencaharian masyarakat : Berdagang. Merupakan pusat ilmiah pelajaran agama budha. 
  • Mataram Kuno : Berdiri pada abad 8 M. Diperintah oleh Dinasti Sanjaya (Hindu) dan Dinasti Syailendra (Budha). Masa kejayaan dipimpin oleh Dyah Balitung (898-911 M). Peninggalan Dinasti Sanjaya : Candi Dieng dan Prambanana. Peninggalan Dinasti Syailendra yaitu Candi Borobudur dan Mendut. 
  • Medang : Letaknya didekat Jombang, tepi sungai Brantas. Didirikan oleh Mpu Sindok, sekalian menjadi raja pertama. Masa kejayaan dipimpin oleh Raja Airlangga. Mata pencaharian rakyatnya : pelayaran dan perdagangan.
  • Kediri : Berawal dari pembagian kerajaan oleh Airlangga menjadi Janggala dan Panjalu (Kediri). Namun, ketika Airlangga wafat, Janggala dan Panjalu perang, dimenangkan oleh Panjalu. Masa kejayaan dipimpin oleh Raja Jayabaya. Mata pencaharian rakyatnya : pelayaran dan perdagangan. 
  • Singasari : Didirikan oleh Ken Arok, pada tahun 1222 M. Masa kejayaan dipimpin oleh Raja Kertanegara. Mata pencaharian rakyatnya : pertanian dan perdagangan.
  • Majapahit : Kerajaan Hindu-Budha terbesar di Indonesia. Letaknya didekat Mojokerto. Didirikan oleh Raden Wijaya, sekaligus Raja pertama. Raden Wijaya berhasil meruntuhkan Jayakatwang dan menghancurkan tentara Mongol yang dipimpin oleh Kubilai Khan.
Catatan
Agama Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-7 sampai ke-13M melalui jalur perdagangan yang dibawa oleh pedagang dari Arab, Persia dan India. Islam berkembang di Indonesia melalui perdagangan, pernikahan, pendidikan dan kesenian.

Kesultanan Islam yang ada di Indonesia

  • Samudra Pasai : Letaknya di utara Perlak, Loksumawe dan berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Sultan yang pernah memerintah : Malik As-Saleh, Malik At-thahir dan Mahmud Malik Az-zahir.
  • Aceh Darussalam : Didirikan oleh Sultan Ali Mughayat Syah dan menjadi sultan pertama. Masa kejayaan dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda, bidang keagamaan berkembang yang didukung oleh ulama Nurudin Ar-Raniri. 
  • Demak : Kesultanan pertama di Pulau Jawa. Didirikan oleh Raden Patah dan merupakan sultan pertama. Merupakan pusat perkembangan agama Islam yang didampingi oleh Wali Songo. Masa kejayaan dipimpin oleh Sultan Trenggono. 
  • Banten : Didirikan oleh Fatahillah. Menjadi pusat perdagangan dan penyebaran Agama Islam. Masa kejayaan dipimpin oleh Sultan Ageng Tirtayasa. 
  • Makassar : Berawal dari kerajaan Gowa dan Talo yang bergabung menjadi satu, dipimpin oleh raja Gowa. Setelah masuk Islam, menjadi kesultanan Makassar. Masa kejayaan dipimpin oleh Sultan Hasanudin. 
  • Mataram : Didirikan oleh Sutawijaya dan mejadi sultan pertama. Masa kejayaan dipimpin oleh Sultan Agung. Mata pencaharian rakyatnya pertanian. 
  • Ternate dan Tidore : Ternate merupakan kesultanan paling maju, hingga menyebabkan persekutuan yaitu Uli Siwa dipimpin oleh Ternate dan Uli Lima dipimpin oleh Tidore. Ternate merupakan pusat perdagangan rempah – rempah seperti pala dan cengkeh. 
  • Banjar : Berawal dari Kerajaan Banjar, dipimpin oleh Raden Samudra. Ketika perang melawan Nagara Daha, Banjar meminta bantuan Demak dan apabila menang, Banjar dan semua rakyatnya akan masuk Islam. Setelah menang, menjadi Kesultanan Banjar. Mata pencaharian rakyatnya : perdagangan lada. 
Baca Juga:  Rangkuman Materi IPS Kelas 8 Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

Peninggalan sejarah Islam di Indonesia

1. Masjid : Tempat ibadah umat Islam. Masjid yang merupakan peninggalan Kesultanan yaitu Demak, Menara Kudus, Banten, dan Baiturrohman (Kesultanan Aceh).

2. Keraton : Istana raja/sultan. Yang sampai saat ini masih ada yaitu Keraton Surakarta : 

3. Kaligrafi : tulisan indah dalam bahasa Arab

4. Seni tari : yang merupakan peninggalan kesultanan yaitu Tari Saman 

5. Debus : kesenian bela diri dari Banten

6. Perayaan sekaten dan grebeg : Upacara peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW 

7. Karya Sastra : berupa babad, hikayat, suluk dan syair. 

Sumber Buku
Rangkuman ini bersumber dari buku BSE mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 edisi revisi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Kode Referal Skill Academy Terbaru dan Cara Menggunakannya

Skill academy merupakan salah satu media belajar untuk mengasah skill untuk menguasai suat…