Categories: EdukasiTips

Tips Lulus Ujian Nasional

Share

Tidak terasa hampir 3 tahun sudah berjalan bagi adik-adik yang masih duduk dibangku sekolah khususnya bagi siswa-siswi yang duduk dikelas IX SMP dan  XII SMA sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional.

Ujian Nasional adalah akhir dari sebuah penilaian selama kamu duduk dibangku sekolah tak heran banyak siswa yang berusaha dengan kerja keras agar bisa lulus Ujian Nasional dengan berbagai cara seperti mengikuti les, ikut bimbel dan lain sebagainya,

Tips Lulus Ujian Nasional

  • Berdoalah kepada Tuhan dan Mohon Restu kepada Orang Tua
  • Perbanyak Latihan Soal
  • Belajar Kelompok
  • Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif
  • Hindari Belajar dengan Sistem Kebut Semalam
  • Hindari Kegiatan yang Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar

1.  Berdoalah kepada Tuhan dan Mohon Restu kepada Orang Tua

Setiap keberhasilan ada keikutsertaan Sang Pencipta di dalamnya. Berdo’alah agar diberi kemudahan dalam menghadapi UN. Selain itu, jadikan  UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada orang kedua orang tua tercinta. Oleh karena itu, mintalah restu kepada orang tua sebelum UN agar diberi kemudahan dan kelanaran.  

2. Perbanyak Latihan Soal

Berlatih mengerjakan soal akan membuatmu terbiasa menghadapi beragam soal. Dengan sering berlatih, penguasaanmu terhadap materi semakin baik, Kamu tidak akan cemas dan grogi dalam menghadapi UN.  

3. Belajar Kelompok

Dengan belajar kelompok, kamu dapat berbagi dengan teman kamu yang lain dalam memecahkan soal dan slaing menguatkan motivasi belajar. Manfaatkan waktumu dengan belajar secara berkelompok  

4. Biasakan Bersikap Jujur dan Sportif

UN merupakan ajang yang sangat prestisius. Tidak mengherankan jika ada yang melakukan tindakan tidak terpuji dalam pelaksanaan UN. Misalnya membeli bocoran soal atau melakukan kecurangan saat UN. Hindari tindakan-tindakan seperti itu.Bersikaplah jujur dan sortif, niscaya Tuhan akan memberikan kemudahan untukmu.  

5. Hindari Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Belajarlah jauh-jauh hari sebelum hari UN tiba. Jangan menggunakan sistem kebut semalam yaitu belajar keras saat UN sudah dekat. Justru pada hari-hari mendekati UN, badan dan pikiran harus rileks. Jaga kondidi tubuhmu dengan makan makanan bergizi dan beristirahat yang cukup.  

6. Hindari Kegiatan yang  Bisa Mengganggu Konsentrasi Belajar

Untuk sementara tinggalkan dulu kegiatan/kesenangan/hobi yang bisa mengganggu konsentrasi belajar seperti : bermain game, terlalu banyak main sosmed, dan menonton televisi.

Sekian dulu Tips Lulus Ujian Nasioanal, semoga tips ini bisa bermanfaat buat kamu yang akan menghadapi UN semoga hasil Ujian kamu memuaskan dan bisa membuat orang tua kalian bangga dengan apa yang kalian raih.

This post was last modified on October 6, 2019 1:38 pm

wirahadiecom

Published by
wirahadiecom

Recent Posts

Bimbel Intensif Terbaik untuk Persiapan SBMPTN

Masuk di perguruan tinggi negeri favorit merupakan impian bagi siswa yang mendaftar di SBMPTN. Tapi,… Read More

April 2, 2020

Cara Membuat Soal Online dengan Quizizz

Panduan cara membuat soal online untuk keperluan tugas siswa yang sedang belajar di rumah. Aplikasi… Read More

March 31, 2020

3 Cara Membuat Polling di Grup WhatsApp

Cara membuat polling - WhatsApp merupakan aplikasi chating yang paling populer di dunia, banyak digunakan… Read More

March 31, 2020

Lokasi Bimbel Brain Academy di Cibinong

Cibinong adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat dan juga pusat pemerintahan Kabupaten… Read More

March 30, 2020

Pengalaman Belajar Menggunakan Skill Academy

Pada artikel ini saya ingin berbagi tentang pengalaman menggunakan Skill Academy Ruangguru. Mungkin kamu berencana… Read More

March 28, 2020

Cara Menggunakan Skill Academy

Udah tahu Skill Academy kan? Jika belum, aku jelasin dikit ya. Skill academy merupakan tempat… Read More

March 25, 2020

Website ini menggunakan Cookie