Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Hobi satu ini sudah diketahui oleh banyak orang, apalagi kalau bukan mengoleksi perangko serta benda-benda lainnya yang berkaitan dengan perangko dan perperangkoan atau yang biasa disebut dengan filateli. Mereka yang mempunyai kegemaran ini disebut dengan filatelis. Namun, tahukah kamu lebih dalam mengenai filateli? Simak informasi berikut yuk untuk menambah wawasanmu!

Seputar Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

1. Apa itu filateli?

Filateli berasal dari bahasa Yunani, yang terdiri dari dua kata yakni philos yang berarti teman dan atelela yang artinya pembebasan. Maksud dari pembebasan disini adalah bebas dari kewajiban membayar biaya pengiriman surat.

Karena dengan adanya perangko maka pengirim surat harus menanggung biaya pengiriman surat, sebaliknya penerima dibebaskan dari kewajiban untuk membayar biaya kirim.

Istilah ini untuk pertama kalinya digunakan oleh Herpin yang berbangsa Perancis pada tahun 1864. Filateli adalah kegemaran untuk mempelajari dan meneliti lebih lanjut perangko dan benda-benda lainnya yang berkaitan dengan perangko dan perperangkoan.

2. Siapa itu filatelis?

Orang-orang yang mempunyai kegemaran filateli disebut dengan filatelis. Jadi, filatelis adalah seorang ahli perangko. Seorang pengumpul perangko akan dapat dikatakan filatelis jika sudah mempunyai pengetahuan dan pengalaman dalam bidang perperangkoan. Namun, seorang filatelis belum tentu mengumpulkan atau memiliki perangko dalam jumlah besar.

3. Apa saja topik-topik perangko?

Topik-topik perangko ada bermacam-macam lho. Hal ini karena perangko dikeluarkan oleh berbagai negara. Ada topik sejarah, ekonomi, politik, kebudayaan, flora, fauna, geografi, seni budaya, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengoleksinya sesuai topik yang kamu minati.

Baca Juga:  Penjelasan Tentang Persilangan Monohibrid Dominan

4. Sifat positif yang terbentuk dari mengumpulkan perangko

Ketika kamu mengumpulkan perangko dengan sungguh-sungguh, kamu dapat membentuk sifat-sifat mental yang positif. Apa saja? Yaitu sifat giat bersemangat, sabar, tekun, berhati-hati, teliti, hemat, kreativitas dan rasa seni, serta sifat jujur dan saling pengertian.

Kenapa mengumpulkan perangko menumbuhkan sifat giat semangat? Tentu saja karena kamu membutuhkan sifat ini dalam mencari atau memburu perangko-perangko yang akan kamu koleksi. Karena mendapatkannya tidak mudah, maka kamu menjadi lebih giat dan bersemangat bukan?

Selain itu, demi menunggu perangko tertentu yang ingin kamu koleksi, kamu harus memupuk rasa sabar dengan baik, Apalagi kalau kamu mengoleksi serinya secara lengkap. Tidak hanya saat menunggu perangko ada, sifat sabar juga akan tumbuh saat tukar menukar atau membeli perangko di lelang perangko.

Sifat tekun akan tumbuh ketika kamu benar-benar bersungguh-sungguh menyusun koleksi perangko selama bertahun-tahun. Koleksi ini tentu saja dapat kamu banggakan bukan? Selain itu, selama proses mengoleksi perangko, kamu juga harus berhati-hati.

Jangan sampai koleksimu rusak, harganya turun, atau bahkan perangkomu rusak berat sehingga harganya sangat turun. Sifat berhati-hati akan tumbuh ketika kamu bersungguh-sungguh.

Menjadi teliti tentu saja akan tumbuh dalam dirimu seiring berjalannya waktu saat menjadi filatelis. Kenapa sifat teliti itu muncul? Karena kamu harus bisa membedakan mana yang tergolong perangko mahal dan mana yang murah yang apabila perbedaannya sangat kecil hanya bisa dilihat di bawah kaca pembesar lho. Walaupun perbedaannya kecil, itu bisa mempengaruhi harga yang besar lho. Oleh karena itu kamu harus teliti.

Sifat hemat juga akan tumbuh pada dirimu karena kamu bisa menjadi lebih selektif dalam memilih perangko mana yang akan kamu beli dan tidak. Karena dalam pikiranmu sudah tertanam bahwa koleksi perangkomu adalah sebuah tabungan atau investasi sehingga kamu harus hemat.

Baca Juga:  5 Aplikasi Pendidikan yang Berkembang di Indonesia

Selain itu, dalam mengoleksi perangko, kamu harus bisa menyusunnya dengan baik lho. Ketika kamu sudah lama menyusun perangko, maka akan tumbuh kreativitas dan rasa seni. Tentu saja kamu ingin koleksi perangkomu tampil cantik bukan? Perlu kamu tahu juga bahwa kamu akan mempunyai sifat jujur dan saling pengertian ketika mengoleksi perangko lho. Hal ini dikarenakan sifat ini diperlukan oleh sesame pengumpul perangko.

Itulah beberapa penjelasan mengenai filateli secara mendalam. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…