5 Skill Dasar Ini Wajib Dikuasai Mahasiswa yang Jadi Anak Kost

Sebagai mahasiswa perantauan, ada beberapa kemampuan atau skill untuk bertahan hidup yang sangatlah wajib bagi mereka untuk dikuasai, apalagi sebagai anak kostan. Kita dituntut untuk hidup mandiri jika kita mau bertahan hidup di kota orang lain.

Selain itu, jauh dari orang tua juga menjadi faktor mendasar bagi kita untuk menguasai hal-hal dasar tentang kehidupan kita sehari-hari. Kita dituntut untuk mampu meng-handle diri kita sendiri di kala kita sehat maupun sakit, senang maupun sedih, bahagia maupun susah.

Bagi kamu yang ingin menimba ilmu di kota orang atau bahkan di negeri orang, kamu harus persiapkan skill-skill dasar dalam mempertahankan kehidupanmu agar nantinya menjadi terbiasa dengan kehidupan sehari-hari. Yuk simak tentang skill-skill mendasar yang harus kalian persiapan ketika kalian mau berangkat merantau di kota orang maupun di negeri orang lain berikut ini.

Skill Dasar yang Wajib Dikuasai Anak Kost

calculator and notepad placed over stack of usa dollars
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

1. Pengelolaan Keuangan yang baik

Skill paling wajib yang harus benar-benar kamu kuasai adalah bagaimana cara untuk mengelola uang dengan baik sebagai cara antisipasi di kala tanggal tua menghampiri. Jika kalian tidak bisa mengelola keuangan kalian sendiri atau banyak diantara kamu yang boros, maka tanggal tua nanti kamu tidak bisa mengantisipasinya dengan lancar.

Pengelolaan keuangan yang baik juga dapat membantu kamu lebih siap dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga seperti tiba-tiba kehabisan barang yang penting, atau paket data tiba-tiba habis, setidaknya kalian bisa memperhitungkan kemungkinan itu secara matang.

Baca Juga:  9 Tips Memilih Organisasi dan UKM di Kampus

Nah, sebagai contoh untuk pengelolaan uang yang baik, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut, seperti menabung, menyesuaikan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan, investasi kecil-kecilan, dan bisa juga kalian membeli stok barang untuk 1 bulan agar besok tidak mengeluarkan uang lagi. Bisa jadi lebih hemat bukan?

2. Memasak

Skill yang satu ini bisa juga kamu kuasai ketika kamu sedang menghadapi situasi berhemat. Ketahuilah memasak bisa dibilang hal mendasar bagi manusia untuk bisa melangsungkan hidupnya. Kalian sebagai anak kost juga tidak salahnya untuk belajar memasak dari ibu kalian, atau setidaknya membantu ketika ibu sedang memasak di rumah.

Agar di saat kamu sudah terjun ke dunia anak kostan, kamu sudah tidak gagap lagi akan hal-hal dasar memasak. Memasak akan membantu kamu lebih berhemat daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan.

3. Mencuci pakaian banyak dalam waktu singkat

Kadang pada waktu tertentu, kita sering sekali mengalami kehabisan baju yang dikarenakan kemalasan kita untuk rutin mencuci pakaian setiap hari. Mungkin skill ini bisa kamu persiapkan sebagai jaga-jaga di kala kita sedang tidak mau memakai jasa laundry.

Mencuci pakaian banyak di waktu singkat bisa kamu lakukan ketika hari libur atau sedang tidak ada jam perkuliahan. Kalian juga bisa mencicilnya lho setiap hari agar besok tidak menumpuk.

Inget ya, rebahan tidak ada salahnya, tapi memperlama waktu rebahan adalah tindakan yang tidak benar, lebih baik digunakan ke hal yang lebih bermanfaat, seperti mencuci baju.

4. Menguasai beberapa skill di bidang IT

Mungkin opsi ini bisa tidak kamu pelajari, tapi tidak ada salahnya kamu untuk menguasai dasar-dasar dari bidang IT ini sebagai langkah untuk menghemat pengeluaran kalian. Selain itu, kamu bisa juga membuka jasa freelance seperti desain grafis, pengetikan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Info Jurusan Filsafat! Mulai dari Mata Kuliah sampai 4 Prospek Pekerjaan Paling Menguntungkan!

Hal ini bisa kamu lakukan sebagai langkah untuk menambah pemasukan dan uang jajan kamu. Kan lumayan juga buat kita khususnya anak kost, tiba tiba tanggal tua menghampiri, dompet tak berisi, eh job freelance yang kita dirikan ternyata laku, bisa menambah pundi-pundi keuangan juga, bukan? Langkah ini juga bisa menjadi opsi hemat di kala kita mengetik suatu laporan, makalah, atau bahkan skripsi.

5. Menjahit

Skill ini merupakan skill situasional di kala ada baju atau celana kita yang robek terkena suatu benda atau juga bisa karena tingkah kita yang terlalu bar-bar terhadap pakaian. Mempelajari skill menjahit bisa membantu anda dalam hal penghematan pengeluaran keuangan.

Dengan cara manual atau dengan mesin jahit, jika kalian sudah menguasai skill ini, hidup kalian akan tenang deh. Dan tidak perlu lagi menyewa jasa penjahit. Lebih mudah dan hemat bukan?

Nah, Bagaimana menurut kalian? Apakah dengan membaca artikel ini kalian sudah mulai mempersiapkan skill-skill ini? Dijamin, jika kalian mandiri, maka hidup kalian akan tenang. Oiya, kamu juga harus baca artikel 7 Tips Agar Cepat Akrab dengan Teman Kost.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…