Cara Mengurangi Ukuran File PDF dengan Mudah, Panduan untuk Siswa

Cara Mengurangi Ukuran File PDF | Dalam dunia akademik, mahasiswa dituntut untuk memperhatikan beberapa hal. Di tengah persyaratan tersebut, yang paling bermasalah adalah persiapan dan penyerahan tugas dalam tenggat waktu yang diberikan. Karena itu, para siswa mencoba mencari cara mudah untuk menyiapkan dan berbagi file dengan guru.

Sebagian besar, para siswa mengandalkan format Word untuk menyiapkan tugas mereka dari awal. Namun, karena ketidakmampuannya untuk mempertahankan pemformatan, mereka perlu mengubahnya menjadi PDF, karena ini adalah format file universal.

PDF atau Portable Document Format tidak diragukan lagi merupakan format file terbaik, yang dikagumi di seluruh dunia. Namun, ukuran filenya menjadi masalah bagi siswa ketika mereka harus membagikannya ke berbagai media online, seperti Gmail.

Jika Anda juga menghadapi kesulitan seperti itu, tidak perlu secara manual mengurangi ukuran PDF Anda, karena kami di sini dengan panduan ini untuk menjelaskan cara termudah untuk kompres file PDF. Mari ikuti panduan ini tanpa basa-basi lagi!

Cara Mengurangi Ukuran File PDF

Cara Mengurangi Ukuran File PDF

1. Kurangi Ukuran di Word

Saat mencoba mengurangi ukuran PDF, siswa mungkin mengonversi file mereka ke format Word, karena dianggap memakan lebih sedikit penyimpanan. Namun, format Word dapat memperburuk semua upaya pemformatan Anda saat file di dalamnya dibagikan ke berbagai perangkat.

Jika Anda ingin keluar dari kekhawatiran ini dan mendapatkan file PDF berukuran kecil, maka Anda tidak perlu khawatir, karena Word menyediakan opsi seperti itu. Untuk memperkecil ukuran PDF di Word, Anda dapat mengklik tombol simpan dan pilih lokasi yang diinginkan.

Baca Juga:  Cara Mendaftar Anggota IGI Secara Online

Setelah kotak dialog terbuka di desktop, Anda dapat mengubah format file dari Word ke PDF. Setelah Anda melakukannya, Anda akan melihat dua opsi (Standar dan Ukuran Minimum). Anda dapat memilih ukuran minimum dan menyimpan ukuran file yang diperkecil dalam format PDF di perangkat Anda.

2. Dapatkan Bantuan dari Kompresor PDF Online

Menggunakan kompresor PDF sejauh ini merupakan cara termudah untuk kompres file PDF. Kehidupan seorang mahasiswa penuh dengan perjuangan; di tengah menangani tugas-tugas tertentu dalam satu waktu, mereka dapat dengan cepat frustrasi ketika mencoba mengirim file PDF berukuran besar.

Untuk menyelamatkan diri Anda dari situasi seperti itu, Anda dapat mengandalkan kompresor PDF online. Alat ini dikembangkan untuk kompres PDF file tanpa mempengaruhi kualitas konten yang dikandungnya. Karena ini adalah utilitas berbasis web, siswa dapat mengaksesnya dari sudut mana pun di dunia dari ponsel cerdas, desktop, dll., tanpa kesulitan apa pun. Selain itu, kompresor PDF dapat digunakan sesering yang Anda inginkan tanpa khawatir membayar sepeser pun.

Apalagi? Bahkan tidak meminta pengguna untuk melalui kerumitan mendaftar!

3. Unduh Aplikasi Kompresi PDF

Karena banyak siswa yang menangani file dan dokumen penting mereka melalui ponsel cerdas mereka, mereka lebih cenderung memasang aplikasi di perangkat mereka daripada mengakses web. Karenanya, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi untuk mengompresi file PDF di toko yang relevan.

Aplikasi kompresor PDF dapat dengan mudah diinstal di ponsel cerdas Anda. Terserah Anda apakah Anda menginginkan aplikasi gratis atau bersedia membayar untuk yang berbayar. Setelah kompresor PDF diinstal, Anda dapat mengunggah file PDF ke dalamnya dan menunggu beberapa detik untuk mendapatkan versi terkompresinya.

Baca Juga:  Belajar Saja Tidak Cukup untuk Lulus Ujian!

Aplikasi meminta Anda untuk memberikan izin untuk mengakses file Anda; setelah Anda menerimanya, Anda dapat menjelajahi file di penyimpanan Anda dan memilih PDF yang ingin Anda kompres dengan mudah. Anda tidak perlu khawatir tentang keamanan data Anda, karena algoritme aplikasi aman dan terjamin.

4. Gunakan Adobe Acrobat Pro

Sebagai pelajar, Anda mungkin tidak memiliki cukup dana untuk mendapatkan program perangkat lunak berbayar seperti Adobe Acrobat Pro. Namun, jika Anda masih memiliki akses ke sana, Anda dapat dengan cepat kompres file PDF. Adobe Acrobat Pro hadir dengan teknik bawaan untuk kompres PDF file. Setelah Anda mengakses file yang ingin Anda kompres pada program perangkat lunak ini, Anda dapat menyimpannya kembali sebagai PDF ukuran kecil.

Untuk melakukannya, Anda harus mengklik tombol File. Setelah Anda mengkliknya, Anda dapat membuka tombol ‘save as other’ dan memilih opsi PDF ukuran yang diperkecil untuk mendapatkan versi terkompresi dari file PDF yang Anda unggah. Metode ini cukup sederhana; namun, ini memiliki beberapa keterbatasan, karena mempengaruhi kualitas gambar dalam PDF dan menghilangkan tanda tangan digital yang dikandungnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Check Also

Cara Membuat Tugas Quipper School

Cara Membuat Tugas Quipper | Quipper School adalah sebuah platform layanan belajar online …