Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

Sebelumnya sudah ada artikel tentang filateli yang harus kamu tahu. Apakah kamu sudah membacanya? Kalau belum kamu bisa membacanya disini. Dunia filateli itu sangat bermanfaat lho. Apa saja manfaatnya? Yuk baca informasi berikut!

Manfaat Filateli Yang Perlu Kamu Tahu

manfaat filateli
Photo by Pixabay on Pexels.com

1. Menumbuhkan sifat positif dalam diri

Menekuni bidang filateli akan membantu menumbuhkan sifat positif dalam dirimu lho. Sifat itu berupa ketekunan, kecermatan, ketelitian, disiplin, jujur, dan saling pengertian. Sifat-sifat itu tumbuh seiring berjalannya waktu ketika kamu menekuni dunia filateli.

Selain itu, kamu juga akan menjadi pribadi yang cinta kebersihan lho. Karena kamu harus menjaga kebersihan perangko, album, dan perlengkapan filateli lainnya.

Rasa jujur dan saling pengertian juga akan tumbuh dalam dirimu dan juga sesama pengumpul perangko karena kamu melakukan tukar-menukar perangko. Kejujuranmu akan diuji apakah perangko yang kamu tukarkan itu kualitasnya baik atau tidak.

2. Menciptakan jalinan persahabatan dan persaudaraan

Mengumpulkan perangko tidak bisa dilakukan sendirian. Kamu pasti akan kontak dengan para pengumpul perangko lainnya untuk menambah koleksimu. Semakin sering kamu berkomunikasi maka akan tercipta jalinan persahabatan bahkan persaudaraan, baik secara nasional maupun internasional.

3. Menambah pengetahuan

Tukar menukar perangko dengan para pengumpul perangko dari luar negeri, akan mendorong para pengumpul perangko dari Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam bahasa asing.

Selain itu, ada juga tambahan pengetahuan di bidang sejarah, ilmu bumi, ketatanegaraan berbagai negara, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  5 Tips Sukses Ujian Nasional 2017

4. Salah satu alternatif penghilang penat

Aktivitas sehari-hari kadang membuat kita lelah dan penat. Melalui kegiatan filateli, kamu bisa menghilangkan penatmu. Kenapa? Karena kamu bisa melihat koleksi-koleksi perangkomu yang indah sehingga rasa penat itu bisa hilang. Susunan perangkomu yang indah akan membantu menyegarkan mata dan pikiranmu sehingga kamu bisa merasa lebih baik dan bahagia.

5. Meningkatkan kreativitas

Kegiatan filateli sangat baik apabila dilakukan oleh remaja karena kegiatan ini dapat mengalihkan pikiran remaja dari kegiatan-kegiatan yang buruk. Filateli akan membantu kreativitas dalam memilih perangko mana yang bagus untuk dikoleksi, cara menyusunnya, mengadakan pameran, dan masih banyak lagi.

Itulah lima manfaat kegiatan filateli yang perlu kamu ketahui. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *