Ini Dia Beberapa Jalur Masuk Sekolah Vokasi beserta Rekomendasi Politeknik Terbaik di Indonesia!

Guys, ada pengumuman penting nih! Mungkin sebagian besar dari kamu udah tau kan kalau jalur prestasi beberapa universitas udah dibuka nih. Misalnya saja Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, dan Universitas Gadjah Mada. Nah, selain beberapa universitas tersebut ternyata sebagian sekolah vokasi di Indonesia juga sudah membuka pendaftaran lho. 

Gimana, kamu yang tertarik masuk sekolah vokasi sudah menyiapkan berbagai berkas pendaftaran belum? Atau mungkin kamu yang membaca ini masih duduk di bangku kelas 2 SMA dan ingin mempersiapkan segala perlengkapan kuliah secara dini? Yap, kalau gitu kali ini penulis akan membagikan beberapa rekomendasi sekolah vokasi terbaik di Indonesia sampai jalur apa aja sih yang digunakan untuk masuk sekolah vokasi? 

Buruan simak ulasannya di bawah ini ya guys!

Jalur Masuk Sekolah Vokasi Ada Apa Aja Sih?

1. Jalur undangan

Jalur pertama untuk masuk sekolah vokasi ialah jalur undangan guys. Sama seperti universitas, sekolah vokasi juga memiliki jalur prestasi yang sering juga disebut jalur undangan. Untuk berkas yang diminta pun kurang lebih sama guys. Mulai dari prestasi, transkrip nilai raport, sampai kartu pelajar dan pelengkap identitas lain. 

Biasanya disesuaikan pula dengan persyaratan dari sebuah sekolah vokasi. Oh iya, apabila selama di SMA kamu pernah mengikuti tes bahasa Inggris seperti TOEFL maka jangan lupa untuk dimasukkan juga ya guys. Berkas prestasi yang biasanya diminta pun tergantung pada tingkat tertentu. Bisa tingkat kabupaten/kota maupun nasional guys. Ini kembali lagi pada kebijakan tiap sekolah vokasi. 

2. Ujian tulis

Next, ga kalah dengan universitas ternyata sekolah vokasi juga mengadakan ujian tulis khusus bagi para pelajar yang berminat masuk ke dalamnya. Kali ini penulis mengambil contoh dari UNS atau Universitas Sebelas Maret yang ada di Solo. Mereka mangadakan beberapa tes yang dibagi menjadi tes IPA, tes IPS, dan tes IPC. 

Baca Juga:  10 Manfaat Magang Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Mata pelajaran yang akan diujikan di tes IPA ialah penalaran matematika dan bahasa inggis serta sains (kimia, biologi, dan fisika). Di tes IPS sendiri terdiri dari matematika dan bahasa juga, tetapi kali ini bukan ilmu sains melainkan ilmu sosial yang terdiri dari ekonomi, geografi, dan sejarah. Kalau tes IPC tentu kamu udah ga asing dong, tes satu ini merupakan gabungan dari tes IPA dan IPS.

By the way guys, tes diujikan juga kembali lagi ke masing-masing setiap vokasi ya. Namun, umumnya sih tes yang diujikan sama dengan yang di atas. 

3. Beasiswa utusan daerah

Yap, kalau kamu gemar mengikuti berbagai perlombaan yang diadakan oleh pemerintah khususnya pemerintah setempat alias tingkat kabupaten maka kamu bisa nih mendapatkan beasiswa satu ini. Namun, persyaratannya ga hanya itu ya guys. Ada cukup banyak hal yang perlu kamu lengkapi. 

Akan tetapi, yang paling utama ialah kamu mampu membawa kabupaten tempatmu tinggal sampai ke kancah nasional atau bahkan internasional. Apalagi jika kamu pulang membawa oleh-oleh piala, maka kemungkinan besar kamu mendapatkan beasiswa daerah ini pun akan lebih tinggi guys

Rekomendasi Sekolah Vokasi Terbaik di Indonesia

Setelah mengetahui beberapa jalur masuk sekolah vokasi, tentunya penulis engga ketinggalan untuk memberikan beberapa rekomendasi sekolah vokasi terbaik yang ada di Indonesia guys. Hal ini semata-mata untuk memberikanmu gambaran mengenai sekolah vokasi yang siapa tahu menjadi tujuanmu untuk menimba ilmu. 

1. Politeknik Elektronika Surabaya

Pertama ada Politeknik Elektronika Surabaya. Sekolah vokasi satu ini memang memiliki predikat sebagai salah satu politeknik terbaik yang ada di Indonesia menurut Kemdikbud sampai beberapa badan pendidikan lho. 

Baca Juga:  5 Persyaratan Umum yang Wajib Kamu Miliki Untuk Kuliah di Luar Negeri!

Kalau kamu tanya apa sih jurusan terfavorit di Politeknik Surabaya ini? Jawabannya ialah teknologi rekayasa guys. Khususnya di bisa emerging technology. Eits, katanya jurusan satu ini ga hanya berprestasi di bidang nasional aja lho, melainkan sudah taraf internasional juga guys. So, gimana kamu tertarik masuk?

2. Politeknik Malang

Malang menjadi tempat yang cukup recommended untuk menimba ilmu. Selain diisi dengan beberapa universitas kenamaan, Malang juga menjadi tempat oke untuk merefresh-kan isi kepala. Nah, di Malang sendiri terdapat Politeknik yang menjadi salah satu politeknik terbaik di Indonesia.

Politeknik satu ini memiliki akreditasi A dan sering disebut sebagai Polinema guys. Salah satu keunggulan dari Politeknik Malang ialah fasilitas dan kelengkapan unit layanan yang disediakan oleh pihak sekolah vokasi. Hal ini tentunya sangat menunjang pembelajaran bagi mahasiswa sekaligus penerapan studi kerja lapangan. 

3. Politeknik Negeri Bandung

Habis dari Jawa Timur, kita beralih ke bagian Barat pulau Jawa. Ada Bandung, kota yang sangat nyaman ditinggali bagi kamu mahasiswa yang gemar merantau. Bandung juga memiliki Politeknik yang ga kalah keren dengan yang ada di Jawa Timur guys. Politeknik satu ini biasanya didominasi oleh pria karena kebanyakan jurusan di dalamnya ialah khusus untuk teknik. 

Mulai dari teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, dan masih banyak lagi. Nah, jurusan favorit yang ada di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) ialah teknik sipilnya. Namun, POLBAN juga membuka jurusan untuk tata niaga guys. Terdiri dari akutansi, manajemen bisnis, administrasi negara, dan beberapa lainnya. Di jurusan tata niaga sendiri, akutansi menjadi jurusan paling favorit guys!  

4. Politeknik Semarang

Kembali ke Jawa Tengah, tepatnya di pusat kota Jawa Tengah yakni Semarang terdapat sebuah politeknik yang cukup terkenal juga lho. Politeknik tersebut ialah Politenik Negeri Semarang. Penulis sendiri pernah datang langsung dan mengikuti lomba di Politeknik ini guys.

Secara geografi, tempatnya berdekatan dengan Universitas Diponegoro. Selain itu, Politeknik ini juga cukup luas lho guys. Lumayan apabila kamu hendak lari-larian di sini, hehehe. Nah, kalau berbicara tentang jurusan favorit di Polines sendiri ada beberapa jurusan terbaik nih. Mulai dari teknik sipil, teknik elektro, dan akutansi guys

Baca Juga:  Ingin Masuk Fakultas Kedokteran? Ketahui 6 Hal Ini!

5. Politeknik Negeri Jakarta

Untuk daerah sekitar Jabodetabek sendiri, juga tersedia sebuah politeknik yang cukup menjadi favorit nih. Politeknik Negeri Jakarta sendiri berada satu kawasan dengan Universitas Indonesia lho. 

Politeknik ini memiliki beberapa jurusan yang dinilai cukup ramai setiap tahunnya guys. Ada jurusan teknik sipil, konstruksi gedung, pembangunan jalan, sampai teknik telekomunikasi juga nih guys. Eits, engga ketinggalan jurusan akutansi di Politeknik Negeri Jakarta juga memiliki segudang prestasi yang turut menarik perhatian para pelajar di seluruh Indonesia untuk bergabung di dalamnya. 

6. Politeknik Negeri Padang

Sekarang kita keluar dari tanah Jawa dan beralih ke Sumatera Utara. Di sini juga ada politeknik yang cukup terkenal dan menjadi rekomendasi bagi teman-teman dari luar Jawa lho. Politeknik Padang Negeri Padang sendiri memiliki akreditasi B dengan total 7 fakultas terbaik di dalamnya. 

Nah, kalau jurusan favorit di Politeknik Negeri Padang sendiri ada jurusan Bahasa Inggris dan teknik mesin yang selalu ramai tiap tahunnya guys. Menurut beberapa sumber (teman penulis), politeknik satu ini termasuk sebagai salah satu sekolah vokasi paling affordable dan reccomended banget guys

Nah, di atas ialah ulasan mengenai jalur masuk sekolah vokasi sampai beberapa sekolah khusus vokasi terbaik yang ada di Indonesia. Gimana teman-teman, apakah kamu udah dapet gambaran mau masuk mana? 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…