7 Cara Merangkum Pelajaran Matematika

Cara Merangkum Pelajaran Matematika – Hai, apa kabarnya nih? Gimana, pastinya sebagian besar dari kamu baru aja menyelesaikan ujian semester gasal kan? Mungkin juga sudah ada yang menerima raport akhir tahun?

Buat kamu yang kira-kira udah menyelesaikan ujian atau menerima raport, jangan lupa untuk evaluasi diri ya guys! Supaya di tahun depan bisa belajar lebih semangat lagi! By the way, siapa nih di sini yang masih kesulitan untuk mempelajari matematika?

Mungkin waktu ujian kemarin, ulangan harian, atau kuis yang dulu pernah dikerjakan. Namun, masih aja kesulitan untuk memahami matematika? Nah, kali ini aku bakal share sedikit tips merangkum materi pelajaran matematika untuk kamu guys!

Kenapa harus merangkum, karena dengan merangkum kamu bisa belajar lebih mudah tanpa pusing-pusing melihat banyaknya angka di buku super tebal, hehehe! Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini ya!

Cara Merangkum Pelajaran Matematika
Photo by ThisIsEngineering on Pexels.com

Cara Merangkum Pelajaran Matematika (hitungan)

1. Membaca materi secara menyeluruh

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan ialah membaca materi secara menyeluruh dulu guys! Kamu bisa mulai dengan membaca daftar isi terlebih dahulu, lalu lanjut ke bab yang hendak kamu pelajari atau menjadi bahan ujian.

Oh iya, pembacaannya ga harus serius-serius banget kok guys! Yang penting kamu udah mengetahui nih secara sekilas bahan materi apa aja yang menjadi dasar ujianmu nanti.

2. Melakukan highlight

Cara merangkum materi pelajaran matermatika yang kedua dengan melakukan highlight juga guys! Sembari kamu membaca buku pelajaran secara sekilas, maka jangan lupa untuk melakukan highlight di beberapa bagian penting ya. Apabila kamu mempunya 2 atau lebih warna stabilo maka jangan lupa untuk dimanfaatkan guys!

Bisa aja nih, untuk beberapa materi yang mungkin sudah kamu kuasai menggunakan warna stabilo yang berbeda dengan materi pelajaran yang belum kamu kuasa dengan matang, atau dengan materi yang belum dikuasai sama sekali. Hal ini membantu banget agar kamu lebih fokus dalam belajar guys!

3. Menuliskan dalam bentuk yang unik

Oke, selanjutnya setelah selesai membaca dengan sekilas dan melakukan highlight di beberapa poin penting maka jangan lupa untuk menulis ulangnya ya!

Baca Juga:  Download Ringkasan Materi IPA SMP dan Contoh Soal Lengkap!

Ada salah satu penelitian yang mengatakan bahwa umumnya sebuah materi akan lebih mudah terserap ke dalam otak ketika kamu menulisnya ulang guys! Sekedar tips, kamu bisa menulis rumus-rumus yang penting aja ya.

Oh iya, gimana sih caranya menuliskannya secara unik? Ada beberapa alternatif nih guys. Mulai dari bentuk peta konsep, mind map, maupun tulisan biasa dengan berbagai hiasan yang bisa membantumu agar semakin semangat dalam belajar.

Apabila kamu tipe yang cukup kesulitan dalam mengingat, jangan khawatir. Kamu bisa menggunakan beberapa warna berbeda untuk membantumu dalam mengingat catatan tersebut guys!

4. Jangan lupa tulis teori atau konsep dasar ya!

Selanjutnya, cara merangkum materi pelajaran matematika pun ga terlepas dari konsep maupun teori dasar yang menjadi bahan dari pembuatan rumus ya guys. Ada beberapa tipe soal yang mengeluarkan pertanyaan seputar konsep maupun teori dasar juga lho! Jadi pastikan kamu mencatatat beberapa konsep maupun teori dasar yang penting.

Eits, gimana sih cara membedakan antara teori atau konsep yang penting dan tidak? Mudah banget guys! Biasanya kalau di buku paket teori atau konsep dasar akan dihighlight menggunakan italic maupun bold. Alternatif lainnya dengan melihat rangkuman yang sudah disediakan di buku paket. Kata-kata yang digunakan pun cenderung singkat, padat, dan jelas ya guys!

5. Berikan ruang khusus pengertian

Apa sih yang dimaksud ruang khusus pengertian? Tentunya kalau ngomongin matematika maupun ilmu tentang hitung-hitungan ga akan lepas dengan berbagai simbol khusus dong. Mulai dari integral, limit, untuk matematika, ada simbol omega, joule, dan berbagai simbol lainnya untuk ilmu fisika. 

Nah, ini penting banget buat kamu catat ya guys! Jangan sampai nih, teori udah lengkap, rumus udah siap, eh gatau arti rumus tersebut. Untuk mencegahnya kamu bisa menyediakan sedikit ruang di pojok kertas khusus untuk menuliskan pengertian dari rumus di lembar tersebut.

Baca Juga:  Ringkasan Materi IPA Kelas 7 Bab 3| Rumus Kimia Sederhana #2

Ada alternatif lain yang biasanya penulis gunakan untuk mencatat pengertian guys. Caranya dengan menyediakan kertas kosong atau kertas folio yang khusus berisi pengertian dari simbol-simbol di dalam rumus. Setelah itu, kertas ini ditempelkan pada bagian buku catatan paling depan atau yang menurut kamu strategis untuk dilihat!

6. Hias (Opsional)

Langkah yang paling banyak digemari pelajar dari cara merangkum materi pelajaran matematika ialah fase dalam menghias. Sebenarnya ini berlaku opsional juga kok guys! Apabila kamu tipe yang lebih bersemangat dalam belajar ketika catatan rapi dan terasa aesthetic maka jangan lupa luangkan sedikit waktu untuk sekedar menghias ya.

Kamu bisa menghias menggunakan stabilo, sticky notes, solatip, maupun gambar-gambar unik dan lucu juga ya guys! Namun, bagi kamu yang kurang menyukai keramaian di kertas catatan, maka bisa langsung skip bagian ini ya!

7. Belajar dengan waktu tertentu

Terakhir nih, setelah selesai merangkum maka saatnya kamu untuk mengulas kembali apa yang sudah kamu rangkum. Saran dari penulis, untuk pelajaran matematika atau hitungan maka pastikan kamu memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Ketika kamu benar-benar hafal maka rumus juga akan masuk seiring dengan pemahaman kamu kok. 

Nah, di atas ialah beberapa cara merangkum materi pelajaran matematika dengan mudah. Oh iya, kamu bisa melakukan variasi juga guys dalam belajar agar tidak berjalan terlalu monoton. Variasi dapat dilakukan dengan break sejenak, tebak-tebakan dengan notes di sela mencatat, dan aktivitas lainnya. Namun, jangan lupa untuk kembali belajar ya!

So, semangat untuk kamu! Ga ada kata terlambat untuk belajar guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

4 Alasan Bergabung dengan Career Mentoring Skill Academy, Solusi Pra-Kerja di Tengah Pandemi!

Di tengah pandemi seperti ini, kita tidak hanya diterpa masalah kesehatan saja. Melainkan …