5 Manfaat Membaca Buku Bagi Remaja! Dimulai dari Sekarang Untuk Masa Depan!

Sebagai seorang pelajar membaca buku pastinya bukan suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan membaca buku pelajaran sudah menjadi kegiatan sehari-hari yang dilakukan seorang pelajar. Namun, tahukah kamu jika ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca?

Kebetulan banget nih, penulis mau memberitahumu manfaat membaca buku bagi remaja nih. Ga hanya untuk jangka pendek aja guys, melainkan sampai tua nanti lho! So, tanpa menunggu lagi, buruan kepoin ulasan di bawah ini yuk!

Manfaat Membaca Buku Bagi Remaja

1. Menambah wawasan

thoughtful young arab woman studying online on netbook in courtyard
Photo by Keira Burton on Pexels.com

Dengan membaca buku kamu dapat mengetahui berbagai hal atau informasi baru. Dengan begitu wawasan yang kamu miliki dapat menjadi lebih luas. Seperti kata banyak orang, buku merupakan jendela dunia.

Hal ini dikarenakan hanya dengan membaca buku kamu bisa mengetahui banyak hal dari segala bidang di dunia ini. Semakin banyak kamu membaca buku maka semakin banyak pula pengetahuan yang kamu miliki.

Memiliki wawasan yang luas tidak akan merugikan kamu sama sekali, hal ini justru akan membantu kamu didalam kehidupan. Ketika kamu mengetahui banyak hal tentang segala sesuatu yang ada di dunia ini kamu akan menjadi sosok yang cerdas.

Contoh buku yang dapat kamu baca untuk menambah wawasan kamu adalah buku-buku sains seperti ensiklopedia, buku biografi, buku sejarah, dan buku motivasi. Kamu dapat membaca buku fiksi jika kamu kurang minat dengan buku non-fiksi. Buku fiksi pun tetap dapat menambah wawasan kamu meski tidak sebanyak seperti jenis buku yang disebutkan tadi.

2. Memperbanyak perspektif atau cara pandang

Manfaat membaca buku bagi remaja berikutnya ialah mampu memperluas perspektif atau cara pandangmu guys. Setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda-beda. Mengenai apapun di dunia ini.

Baca Juga:  5 Buku Matematika Wajib Dimiliki Mahasiswa SI Akuntansi

Karena itu, setiap buku memiliki cara pandang yang berbeda bergantung pada penulis yang juga memiliki cara pandang masing-masing. Cara pandang kamu juga bisa berbeda dengan cara pandang para penulis.

Akan tetapi, dengan membaca buku kamu akan bisa melihat dunia menggunakan cara pandang lain atau melihat dunia dari sisi lain. Jika kamu bertanya, apa manfaatnya melihat dunia menggunakan cara pandang lain?

FYI, dengan kamu bisa melihat dunia dari sisi lain, kamu bisa menemukan hal yang selama ini belum kamu ketahui atau kamu sadari. Kamu juga bisa menjadi lebih pengertian dengan keadaan atau situasi yang terjadi.

Memiliki banyak perspektif juga mempengaruhi kamu dalam berpikir, karena kamu bisa memandang keadaan dalam berbagai sisi, sehingga kamu dapat berfikir lebih bijaksana. Segala jenis buku dapat membantu kamu memperbanyak perspektif kamu, baik buku fikisi seperti novel, komik, atau cerita pendek.

Maupun cerita non-fiksi seperti biografi dan sejarah. Hal ini karena setiap buku ditulis oleh penulis yang memiliki cara pandang tersendiri.

3. Mengurangi stress

Manfaat membaca buku bagi remaja
Sumber: dreamstime.com

Next, manfaat membaca buku bagi remaja ialah mengurangi stress. Membaca buku dipercaya dapat membuat kamu merasa lebih rileks dan tenang. Membaca buku juga membawa kamu kedalam imajinasi yang tercipta dari cerita yang kamu baca.

Dengan begitu kamu dapat sejenak melupakan lelah dan masalah yang sedang kamu alami. Setelah menjadi lebih tenang kamu bisa berpikir lebih jernih untuk mengatasi lelah ataupun masalah kamu.

Jika kamu dapat tetap merasa tenang dan rileks, kamu dapat terhindar dari stress yang mungkin sedang kamu alami. Selain membuat perasaan lebih rileks, membaca buku juga dapat memberi kebahagiaan jika kamu membaca suatu hal yang kamu senangi.

Baca Juga:  Baca Buku 500 Halaman dalam 10 Menit, Siswi ini Luar Biasa!

Membaca buku juga dapat membantu kamu dalam meluapkan emosi. Karena ketika kamu masuk ke dalam imajinasi kamu juga dapat terbawa emosi dalam cerita. Kamu dapat memilih jenis buku yang kamu gemari untuk membantu kamu mengurangi stress.

Jika bisa, jangan memilih buku dengan bahasan yang berat, pilihlah buku dengan bahasan dan cerita yang ringan sehingga dapat membuat kamu lebih rileks sejenak.

4. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Tahu ga sih guys kalau manfaat membaca buku bagi remaja ialah meningkatkan kemampuan berbahasa? Membaca buku membuat kamu dapat menata bahasa kamu dan juga memperbanyak kosakata yang kamu miliki.

Hal ini karena sebuah buku disusun menggunakan bahasa yang baik dan benar, sehingga jika kamu membacanya setiap hari kamu akan terbiasa menggunakan susunan bahasa yang baik dan benar.

Sehingga tanpa disadari dapat meningkatkan kemampuan komunikasi kamu ketika sedang berbicara dengan orang lain. Kemampuan komunikasi menggunakan bahasa yang baik akan sangat bermanfaat dan membantu kamu kedepannya.

Kemampuan ini akan sangat kamu butuhkan bahkan hingga kamu bekerja. Kemampuan ini dapat terus kamu latih hingga kamu memiliki skill public speaking yang baik. Skill ini sangat dibutuhkan di dunia kerja profesi apapun yang kamu jalani.

Kamu juga bisa membaca buku dengan bahasa asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asingmu. Dengan membaca buku kamu dapat memperkaya kosakata kamu dan juga meningkatkan susunan bahasa yang kamu miliki.

Karena itu belajar bahasa asing dengan membaca buku sangat direkomendasikan jika kamu ingin belajar dengan cepat dan menyenangkan.

5. Mengurangi waktu bermain gadget

Manfaat buku bagi remaja
Teenagers lying on floor with Ipad and mobile

Manfaat membaca buku bagi remaja yang terakhir ialah mengurangi waktu bermain gadget. Terlalu lama bermain gadget sangat tidak baik untuk kesehatan kamu. Bahkan saat ini, para orang tua dan guru terus menyuruh untuk mengurangi bermain gadget.

Baca Juga:  Resensi E-Book Grammar Berbasis Latihan Seri 1

Hal ini gadget dapat berpengaruh negatif baik secara mental maupun fisik jika digunakan secara berlebihan. Dengan membaca buku, kamu mengurangi waktu yang biasa kamu gunakan bermain gadget. Lebih banyak membaca buku akan menjadi lebih baik lagi, karena akan semakin sedikit pula waktu yang kamu gunakan untuk bermain gadget.

Sehingga, usahakan kamu membaca buku dalam bentuk fisik, jangan membaca buku dalam bentuk e-book yang ada didalam gadget kamu. Kamu harus sering menghindarkan diri dari radiasi gadget yang dapat merusak kesehatan kamu.

Ternyata banyak juga ya manfaat membaca buku bagi remaja. Karena itu kamu jangan malas lagi jika disuruh membaca buku oleh guru ataupun orang tua kamu. Jika kamu memang suka membaca maka lanjutkan karena itu merupakan hal baik.

Tidak ada ruginya jika kamu rutin membaca buku, apalagi kamu masih seorang pelajar, maka membaca buku akan memberi banyak manfaat penting untuk kamu. Mulailah kebiasaan rutin membaca buku setiap hari.

Hanya sekitar 30 menit hingga satu jam per harinya sudah dapat memberi kamu banyak manfaat. Kebiasaan ini juga dapat kamu bawa hingga kamu kerja nantinya, sehingga kamu dapat terus memperluas wawasan dan meningkatkan kemampuan kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

7 Inspirasi Kegiatan Positif yang Bermanfaat Bagi Otak! Yuk, Cobain Sekarang guys!

Seseorang yang memiliki pikiran positif atau baik merupakan orang yang dapat berpikir lebi…