4 Cara Menemukan Passion dengan Mudah! Kamu Wajib Banget Coba nih Guys!

Guys, sadar ga sih kalau penulis sering banget nih mention kata passion hampir di setiap artikel yang ditulis. Yap, bagi penulis sendiri passion memang sepenting itu guys untuk diketahui sekaligus hidup di dalamnya! Namun, ada banyak dari kamu yang ternyata belum mengetahui passionmu sendiri.

Oleh karena itu, kali ini penulis ingin membagikan beberapa cara menemukan passion yang bisa banget kamu terapkan nih. Langkah-langkahnya cukup mudah kok guys! So, ga pake lama langsung simak ulasan di bawah ini yuk!

Cara Menemukan Passion

1. Melakukan perenungan diri

silhouette of man and trees
Photo by Rakicevic Nenad on Pexels.com

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan perenungan diri. Penulis sarankan kamu mengambil satu hari menjelang weekend untuk melakukan hal ini. Pilih tempat paling nyaman sekaligus sepi, seperti kamar, cafe, atau bahkan perpustakaan.

Pastikan tubuhmu dalam keadaan fit dan tidak kekurangan tidur ya gengs. Kalau kamu sendiri dalam keadaan kurang fit atau bahkan mengantuk, maka penulis pastikan kamu malah tertidur atau bisa-bisa melamun kemana-mana gengs!

Setelah kamu siap, maka jangan ragu untuk memulai renungan ini ya. Mulai pikirkan hal-hal apa saja yang kamu lakukan selama ini secara terus-menerus, hobi, atau bahkan kegiatan yang mampu membuat moodmu menjadi lebih baik.

Kamu bisa tulis berbagai kegiatan itu di dalam kertas. Setelahnya jangan lupa untuk pikirkan juga profesi atau cita-cita yang kamu inginkan gengs.

2. Apa sih yang kamu sukai?

Cara menemukan passion yang kedua dengan mempertanyakan hal ini pada diri sendiri gengs, “Apa sih yang kamu sukai?” mungkin sebagian besar orang dengan mudah menjawab pertanyaan ini.

Akan tetapi, ga sedikit lho guys yang kesulitan menemukan jawaban apa yang kamu sukai? Banyak dari mereka yang bingung atau dilematis. Sehingga, penulis sarankan untukmu agar memikirkan jawaban pertanyaan ini secara matang.

Baca Juga:  6 Cara Mengetahui Potensi Diri Kamu, Super Mudah Lho!

Mungkin hal ini bisa berubah dari hari ke hari guys, maka dari itu kamu bisa melakukan seleksi tentang kegiatan yang paling sering kamu lakukan dan sukai. Pastikan kamu memilih dan memikirkannya dengan baik-baik.

Apabila kamu memiliki lebih dari satu jawaban, maka usahakan untuk memilih kegiatan yang menurutmu paling disukai dibandingkan lain. Cari kelemahan atau kelebihan yang ada di setiap kegiatan itu juga gengs!

3. Menentukan hobi

woman painting outside garden
Photo by Jadson Thomas on Pexels.com

Next, apakah kamu punya hobi khusus gengs? Apabila iya, bisa jadi hobimu adalah passionmu sendiri lho. Hobi bisa dianggap sebagai sesuatu kegiatan yang kamu sukai dan kebanyakan dilakukan dengan sukarela tanpa paksaan sama sekali.

Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri dari passion juga gengs. Namun, pastikan hobi yang kamu sukai mengarah ke hal yang positif ya gengs. Apabila kegiatan tersebut justru cenderung ke arah negatif, maka penulis pastikan hal tersebut bukan passion.

Melainkan bisa disebut sebagai kesukaan sementara. Seiring bertambahnya waktu pasti akan berubah juga gengs, tergantung dari trend, usia, dan berbagai faktor lainnya.

4. Bertanya pada orang terdekat

Cara menemukan passion yang terakhir ialah bertanya pada orang terdekat. Orang tersebut bisa ayah, ibu, kakak, paman, bahkan sahabat terdekat atau guru gengs. Kamu bisa menanyakan menurut mereka passion apa yang kamu miliki.

Biasanya mereka akan memberikan beberapa jawaban gengs. Misalnya, guru yang akan menjawab sesuai dengan nilai-nilaimu di sekolah atau bahkan teman yang menjawab sesuai dengan kebiasaan sehari-harimu.

Akan tetapi, penulis mau ingatkan nih guys kalau semua pendapat tersebut bisa jadi benar tetapi tak jarang salah juga. So, untuk menentukan passionmu sebenarnya maka hanya dirimu sendiri guys yang bisa memutuskan. Be wise ya!

Baca Juga:  16 Jenis Kepribadian Menurut Tes MBTI yang Wajib Kamu Ketahui! (Part 1)

Ciri-ciri Passion

1. Kamu senang melakukannya

Cara menemukan passion
Cheerful excited positive modern group of female friends hugging together in park and laughing and having fun

Setelah mengetahui beberapa cara menemukan passion maka kini saatnya kamu mengetahui apa sih ciri-ciri passion tersebut. Hal ini berfungsi agar kamu ga salah mengartikan kegemaran sementara dengan passion sesungguhnya guys.

Nah, ciri passion yang paling utama ialah kamu melakukannya dengan senang dan gembira gengs. Rasanya tuh ga ada beban sama sekali ketika melakukan kegiatan tersebut. Hal ini bisa menjadi pertanda utama tentang passionmu.

Seperti halnya ketika seseorang yang memiliki passion di sepak bola. Tentunya dia akan dengan senang berlatih sepak bola meskipun panas atau hujan. Bahkan ia tak segan berlatih full time selama seminggu karena dia melakukannya dengan super gembira.

2. Hal tersebut tidak menjadi beban

Yup, ciri-ciri passion yang kedua ialah kamu melakukannya tanpa merasa terbeban. Seperti yang disinggung di atas, selain senang kegiatan yang menjadi passion ini pastinya tidak membuatmu terbeban guys.

Ada lho, beberapa kegiatan yang dianggap sebagai passion tetapi jika dilakukan secara terus-menerus akan membuat orang tersebut merasa terbeban. Nah, kalau udah begini maka bisa dipastikan bahwa kegiatan itu bukanlah passion guys.

3. Kegiatan atau aktivitas tersebut menjadi healing

Cara menemukan passion
Sumber: freepik.com

Next, penulis juga sempat menyinggung persoalan healing di salah satu poin cara menemukan passion di atas guys. Healing sendiri sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari lho.

Apabila kamu memiliki beban, stress, atau masalah dan membiarkan tertumpuk maka seperti gunung berapi suatu saat akan meledak gengs. Maka dari itu, healing diperlukan untuk membuatmu berdamai dengan berbagai beban masalah tersebut.

By the way nih, salah satu aktivitas atau kegiatan yang biasa kamu lakukan sebagai healing bisa jadi menjadi passionmu juga gengs. Ada banyak kok orang, salah satunya penulis yang menggunakan passion sebagai healing.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Dominasi Otak Kanan, Apakah Kamu Termasuk?

Contohnya, ialah menulis. Penulis sendiri senang sekali menulis. Ga melulu artikel gengs, bisa puisi atau cerpen. Biasanya nih ketika stress atau banyak pikiran, maka penulis memilih untuk menulis berbagai puisi atau cerpen sebagai healing guys.

4. Kamu menguasainya dengan cepat

Terakhir nih dari ciri-ciri passion ialah kamu mampu menguasai kegiatan tersebut dengan cepat. Menurut salah satu cara menemukan passion dengan media hobi, maka tanpa kamu sadari atau bahkan pelajari dengan sungguh-sungguh, kegiatan tersebut bisa kamu kuasai dengan cepat gengs.

Nah, kalau udah begini bisa jadi kegiatan tersebut adalah passionmu guys. biasanya nih kamu tak perlu berpikir serius untuk mempelajarinya tetapi secara otomatis otakmu mencerna dengan cepat.

Inilah salah satu keunikan dari passion guys. Kamu bisa bayangkan sendiri apabila passionmu ini benar-benar dikembangkan secara maksimal, maka tak ayal kamu menjadi yang terbaik di bidang tersebut guys. Oleh karena itu, penulis sangat berharap kamu bisa menemukan passionmu dengan bijak ya guys!

Yap, itu tadi beberapa cara menemukan passion sampai beberapa ciri-ciri passion yang bisa kamu terapkan nih guys. Kalau udah ketemu dengan passion yang sesuai, maka jangan ragu-ragu untuk mengembangkannya secara maksimal ya gengs.

Penulis berharap kamu bisa menghidup passionmu itu. Kenapa? Tentunya hidup menjadi lebih berarti kalau kita sejalan dengan apa yang kita sukai guys. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia 3 Tips Mengerjakan Tes PKN STAN! Skill Academy Dong Solusinya!

Hola teman-teman! Apa kabarnya nih? Semoga kabar baik sekaligus berita kelulusan bagi kamu…