7 Fakta Tentang SMK Jurusan Akutansi! Kamu Wajib Tahu Banget!

Ketika orang mendengar kata Akuntansi dapat dipastikan orang tersebut akan berpikir bahwa Akuntansi adalah sesuatu yang berkaitan tentang uang, menghitung uang, jutaan bahkan milyaran angka dan lain sebagainya. Namun, ada pula yang berpikir bahwa Akuntansi adalah hal yang membosankan, melelahkan, bahkan sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang.

Pernyataan tersebut tidaklah benar, melainkan ada beberapa orang yang mengalami hal tersebut sehingga orang berpikir bahwa Akuntansi merupakan hal se-sulit itu. Lalu berbagai spekulasi pasti muncul di antara kamu.

Nah, sebelum kamu mulai berpikir yang tidak-tidak, berikut adalah 7 fakta tentang SMK jurusan akutansi dan hal ini perlu diketahui untuk kamu yang nantinya akan melanjutkan ke jenjang SMK dan memilih jurusan Akuntansi

Fakta Tentang SMK Jurusan Akutansi

1. Perlu ahli dalam bidang hitung menghitung

Kebanyakan orang pasti berpikir bahwa ketika mengambil keputusan untuk mengambil jurusan Akuntansi, hal pertama yang ada di pikiran adalah “Aku harus pandai berhitung”  hal itu tidak sepenuhnya benar. Tentunya setiap hal akan ada yang disebut dengan proses belajar. Semua orang belajar dan mempelajari, maka dari itu jika kamu bersungguh-sungguh dalam belajar maka bukan hanya bisa melainkan kamu akan ahli dalam hal tersebut.

2. Wajib dan paham dalam pengoperasian windows serta komputer

Fakta tentang SMK jurusan akutansi berikutnya ialah wajin pengoperasian windows. Dalam pembelajaran di jurusan Akuntansi, tentunya kamu harus bisa mengoperasikan aplikasi Windows dan juga computer. Namun, kembali jika kamu adalah seorang yang baru pengoperasian komputer, tentu saja kamu akan diajari terlebih dahulu.

Baca Juga:  10 Aplikasi Wajib untuk Anak Sekolah

Hal ini dikarenakan fungsi kita menempuh pendidikan yaitu untuk mengenal hal baru dan pastinya perlu proses dan waktu untuk kamu belajar dan mempelajari hal tersebut.

3. Materi pembelajaran sulit dan hanya mengenal angka, tabel, dan format

Hal ini tidak benar ya! Ketika kamu sekolah di SMK dan mengambil jurusan Akuntansi, bukan berarti selama 3 tahun sekolah kamu hanya mengenal angka, tabel, dan format saja! Tentu ada pelajaran lain dan tetap ada pelajaran wajib selain pelajaran wajib jurusan.

Di SMK jurusan Akuntansi kamu masih bisa mengenal pelajaran sejarah, ipa, bahasa, dan lain lain kok. Hanya saja lebih mengedepankan pelajaran pokok wajib dan pelajaran pokok wajib jurusan.

4. Di akuntansi tidak mengenal fisika dan kimia

Yap, hal ini memang benar! Di jurusan Akuntansi tidak ada mata pelajaran IPA fisika dan kimia, hanya ada IPA biologi. Kamu tidak akan bertemu fisika dan kimia saat bersekolah di SMK jurusan Akuntansi

5. Terlalu banyak hitung-menghitung

Secara umum Akuntansi merupakan sesuatu yang mempelajari tentang akuntan, otomatis akan ada saat dimana kamu menghitung, mengalami, dan mempelajari lebih banyak tentang menghitung cara Akuntansi. Namun kembali, di jurusan Akuntansi juga tidak selalu dan setiap hari menghitung. Akan ada teori, praktek, atau mata pelajaran lain yang hanya menggunakan teori.

6. Merepotkan akan ada hitung akuntansi dan hitung Matematika

Selama kamu sekolah dan menuntut ilmu kamu tidak akan bisa lari dari yang namanya Matematika. Mengapa? Karena Matematika merupakan mata pelajaran wajib dan dipakai untuk ujian kelulusan maupun ujian sekolah.

Oleh sebab itu kamu tidak bisa berpendapat bahwa hal tersebut merepotkan apabila kamu mengambil jurusan akuntansi. Selama kamu rajin belajar dan berusaha, semua yang kamu anggap merepotkan itu akan menjadi hal yang menyenangkan.

Baca Juga:  8 Rekomendasi SMK Terbaik di Indonesia Buat Kamu! Gimana, Tertarik Mendaftar?

7. Kelas kauntansi sebagian besar adalah perempuan

Sepertinya pendapat ini sangat familiar di telinga. Namun, pada dasarnya pendapat ini tidak sepenuhnya benar karena banyak diantara beberapa sekolah yang kelas akuntansinya sebagian besar adalah laki-laki.

Manfaat ikut Magang

fakta tentang SMK jurusan akutansi
Photo by Pexels.com

Kamu mungkin tidak asing dengan istilah magang bukan? Fakta tentang SMK jurusan akutansi berikutnya ialah tentang magang. Tentu saja di SMK semua jurusan akan mengadakan PSG (Pendidikan Sistem Ganda) atau yang biasa dikenal dengan istilah Magang.

Mengapa? Karena di SMK, magang merupakan syarat utama kelulusan dan apabila tidak melaksanakannya, maka bisa dipastikan kamu tidak akan lulus ke jenjang berikutnya. Magang sendiri dilaksanakan ketika kamu kelas 11 atau kelas 2 SMK dan masa magang akan di laksanakan 2-3 bulan tergantung aturan dari sekolah masing-masing.

Kamu juga perlu tahu nih kalau ada beragam manfaat yang kamu terima ketika kamu melaksanakan magang ini:

  1. Kamu akan mendapatkan sertifikat dari sekolah dan itu bisa kamu gunakan ketika kamu mencari pekerjaan setelah lulus sekolah
  2. Kamu mendapat pengalaman di dunia kerja sebelum lulus sekolah, menyenangkan bukan?
  3. Bertemu orang baru dan banyak relasi
  4. Dapat bersosialisasi dan belajar dengan orang dewasa di dunia kerja sebelum kamu bekerja
  5. Belajar banyak tentang hal hal yang ada di dunia kerja

Magang di SMK mempunyai segudang manfaat dan pengalaman yang bisa kamu pelajari untuk memperkuat mental kamu sebelum kamu terjun langsung ke dalam dunia kerja.

Nah, di atas adalah beberapa fakta tentang SMK jurusan akutansi yang harus kamu ketahui nih guys! Untuk membuktikan kebenarannya, kamu bisa mencoba bersekolah di SMK jurusan akutansi di SMK favorit kota kamu! So, gimana? Apakah kamu tertarik untuk mendaftar?

Baca Juga:  5 Rekomendasi Tempat Magang Jurusan Administrasi Perkantoran SMK! Super Worth It Untuk Dicoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Rekomendasi Website Untuk Membantu Belajar Agar Lebih Maksimal

Banyak di antara kalian yang saat masa pandemi mengalami kesulitan dalam belajar maupun me…