8 Tips Memilih Jurusan di SMK! Awas Jangan Sampai Salah Jurusan!

Bagi kamu yang akan memasuki jenjang sekolah yang lebih tinggi seperti SMA atau SMK pasti akan dihadapkan dengan situasi dimana kamu perlu dan wajib memilih jurusan. Namun, bagi kamu yang hendak meneruskan pendidikan sekolah menengah kejuruan (SMK) perlu kamu ketahui bahwa akan ada lebih banyak pilihan jurusan di SMK daripada SMA.

Untuk kamu yang bingung ingin masuk jurusan apa? Maka jangan khawatir! Di bawah ini ada 8 tips memilih jurusan di SMK agar kamu tidak salah jurusan! Simak ulasan berikut ya!

Tips Memilih Jurusan di SMK

1. Mencari informasi seputar jurusan

Ketika kamu memutuskan untuk memilih ke sekolah kejuruan (SMK) tentu kamu harus mencari tahu jurusan apa saja yang terdapat di sekolah yang akan kamu daftar. Hal ini terkait tentang prospek untuk dunia kerja serta mencari tahu tentang jurusan tersebut apakah cocok dan sesuai untukmu.

2. Peranan orangtua

Tips memilih jurusan berikutnya ialah mempertimbangkan tentang pilihan jurusan yang akan kamu pilih di SMK dengan orang tua. Bagaimapun juga kamu perlu meminta saran, nasihat, dan pertimbangan yang matang dengan orangtua tentang pilihan jurusan yang akan kamu pilih.

3. Kenali diri kamu

Hal tak kalah penting ialah mengenali diri sendiri. Mengenali diri sangat penting dalam hal memilih jurusan. Dari apa yang kamu sukai, bakat minat, kepribadian, dan kemampuan yang dimiliki. Contohnya, apabila kamu seorang yang pandai berbicara, pandai bergaul, dan menyukai hal-hal baru maka jurusan pemasaran bisa jadi cocok denganmu.

Baca Juga:  10 Aplikasi Wajib untuk Anak Sekolah

Sementara itu, apabila kamu seorang yang menyukai dan memiliki ketertarikan pada hal-hal seperti game, editing foto dan video, desain grafis, dan sebagainya maka jurusan multimedia bisa menjadi pilihanmu untuk masuk ke SMK. Hal ini sesuai dengan bakat dan kemampuan yang kamu miliki.

4. Percaya Diri dan Ikuti kata Hati

Tips memilih jurusan di SMK juga ga sembarangan guys. Kita juga memerlukan kepercayaan diri dalam memilih. Terkadang hal ini sangat sulit dijumpai pada diri kita. Padahal kepercayaan diri merupakan hal yang diperlukan saat memilih jurusan. Lalu bagaimana?

Tentu saja kamu harus percaya akan kemampuan yang dimiliki, yakin terhadap pilihan jurusan yang kamu pilih, mampu mempertanggung jawabkan apapun yang terjadi, mengikuti kata hati, dan tidak tergesa-gesa dan siap menerima konsekuensi apapun.

5. Tidak terpengaruh oleh orang lain

Hal yang biasa terjadi saat memilih jurusan adalah terpengaruh oleh orang lain. Yang mengerti dan mengenal dirimu adalah kamu sendiri. Oleh karena, itu kamu harus yakin dan percaya terhadap kemampuan diri sendiri. Kamu juga harus membuktikan bahwa pilihanmu dapat menjadikanmu seorang yang lebih baik kedepannya.

6. Hindari sifat tenggang rasa yang berlebihan

Terkadang sifat tenggang rasa yang berlebihan akan menyulitkan keadaan dan menghambat kemajuan yang ada pada dirimu. Sehingga dalam tips memilih jurusan di SMK kamu perlu menghindari sifat tenggang rasa berlebihan. Apapun keputusan dan pilihan harus murni berdasarkan pilihan sendiri, tanpa paksaan, dan perasaan tidak tertekan dari lingkungan.

Misalnya, ketika kamu hendak memilih jurusan, kamu ragu dan akhirnya mengikuti apa yang orangtua katakan tanpa mempedulikan perasaan, kemampuan dan pendapatmu, seakan kamu pasrah akan apa yang telah ditentukan orangtua kepada dirimu. Hal ini tentu berdampak negatif bagimu dalam menjalani masa pembelajaran di SMK

Baca Juga:  Biaya SMK Multimedia, Rincian Lengkap!

7. Hargai pendapat orang lain

Ketika kamu sudah memutuskan untuk memilih jurusan dan orang lain memberikan pendapatnya kepadamu maka tetaplah menghargai pendapat tersebut. Meskipun keputusan tetap berada ditanganmu dan semua tergantung pada kerja keras dan usahamu menempuh pendidikan tersebut.

8. Mental

Karena SMK merupakan sekolah kejuruan, maka akan lebih banyak pembelajaran praktek daripada materi. Tak lupa akan ada Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yakni program pelatihan sistem penguasaan untuk mengetahui apakah kamu siap memasuki dunia kerja atau tidak. Maka dari itu diperlukan keseriusan serta mental yang bisa dilatih agar siap memasuki dunia kerja.

Nah, itu tadi 8 tips memilih jurusan di SMK yang bisa membantumu mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, semua kembali kepada diri kita masing-masing tentang bagaimana menyikapi hal terkait memilih jurusan. Maka dari itu semangat terus mencoba, percaya diri, yakin, dan selalu libatkan Tuhan dalam apapun usaha kamu maka semua itu akan membuahkan hasil yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Rekomendasi Website Untuk Membantu Belajar Agar Lebih Maksimal

Banyak di antara kalian yang saat masa pandemi mengalami kesulitan dalam belajar maupun me…