4 Jenis Lomba di SMA yang Wajib Kamu Ikuti! Dijamin Mempermudah Masuk Perguruan Tinggi!

Hai Kawan! SMA merupakan masa sekolah sebelum kamu memasuki jenjang perguruan tinggi. Untuk itu masa SMA seperti menjadi masa terakhir bersekolah menggunakan seragam, bersama teman-teman dan lainnya. Karena hal ini banyak orang bilang masa SMA merupakan masa paling indah, semua murid menikmati masa terakhirnya menggunakan seragam bersama teman-teman.

Akan tetapi, kamu juga tidak boleh lupa karena SMA merupakan langkah akhir untuk masuk ke perguruan tinggi. Sebagai anak SMA kamu harus mempersiapkan segalanya dengan baik. Mulai dari kamu ingin lanjut kemana setelah lulus SMA, nilai yang perlu kamu persiapkan, atau prestasi lainnya.

Contoh prestasi lainnya adalah lomba. Lomba dapat membantu kamu mendaftar ke jenjang perguruan tinggi. Berbagai jenis lomba di SMA ini bisa kamu ikuti untuk mengikuti jalur prestasi PTN atau PTS guys! Sehingga berikut penulis berikan jenis-jenis lomba yang bisa kamu ikuti di masa SMA ini. Yuk, simak ulasan di bawah ini ya!

Jenis-Jenis Lomba di SMA

1. Olimpiade Sains

Jenis lomba di SMA
Sumber: id.wikipedia.org

Olimpiade Sains merupakan lomba di bidang ilmu pengetahuan alam atau sains. Jika kamu memiliki minat tinggi dalam bidang ini kamu bisa coba mengikuti olimpiade sains. Kamu akan menjadi perwakilan sekolah untuk bersaing dengan sekolah lainnya.

Karena ini merupakan perwakilan sekolah maka jika kamu ingin ikut serta kamu harus mengikuti syarat-syarat yang diberikan sekolah. Biasanya setiap sekolah memiliki syarat berbeda. Jenis lomba di SMA ini diadakan oleh pemerintah sampai sekolah-sekolah swasta atau universitas yang ada di Indonesia. Namun, Indonesia sendiri memiliki satu ajang olimpiade sains yang cukup besar yaitu OSN.

Baca Juga:  Cara Membuat CV Menarik Untuk Anak SMA!

OSN merupakan singkatan dari Olimpiade Sains Nasional. Peserta OSN tingkat nasional merupakan pemenang dari peserta OSN ditingkat provinsi yang juga telah lolos OSN ditingkat kabupaten/kota. Bidang yang diujikan di dalam OSN jenjang SMA terdapat matematika, fisika, biologi, kimia, astronomi, komputer, ekonomi, geografi, dan kebumian. Masing-masing bidang memiliki perwakilan sendiri.

Jika kamu memiliki sertifikat lomba OSN ditingkat kabupaten/kota saja sudah dapat membantu kamu untuk diterima di universitas yang kamu inginkan. Apalagi jika kamu hingga ikut serta dalam OSN Nasional.

2. Lomba Karya Ilmiah

students doing paperwork together in park
Photo by Armin Rimoldi on Pexels.com

Jenis lomba di SMA yang kedua adalah kaya ilmiah. Karya ilmiah merupakan suatu karya tulis yang berdasarkan pada suatu peristiwa atau teori ilmiah. Karya ilmiah dapat berbentuk laporan penelitian, artikel, makalah, ataupun buku referensi.

Biasanya pada jenjang SMA karya ilmiah berupa laporan penelitian. Hampir sama seperti olimpiade sains, karena lomba karya ilmiah merupakan lomba di bidang sains. Namun bedanya, lomba karya ilmiah kamu menciptakan suatu karya tulis.

Kamu bisa mengikuti lomba karya ilmiah dengan melakukan suatu percobaan ilmiah kemudian menulis hasil dan rangkumannya sehingga tersusunlah suatu karya tulis yang dapat kamu ikut sertakan dalam lomba.

Akan tetapi, untuk mengikuti lomba ini kamu butuh dampingan bapak ibu guru, karena dalam menyusun suatu karya tulis ilmiah dan melakukan penelitian sama sekali tidak mudah. Kamu butuh guru pendamping untuk memberi saran serta masukkan terhadap percobaan kamu.

Memiliki sertifkat lomba karya ilmiah dijamin dapat membantu kamu diterima di universitas, karena kamu dipandang sudah matang untuk berada di jenjang kuliah.

3. Turnamen Olahraga

Jenis lomba di SMA
Sumber: blog.nasm.org

Jenis lomba di SMA berikutnya ialah turnamen olahraga. Jika kamu merasa kurang percaya diri didalam lomba akademis, kamu dapat mengikuti lomba di bidang olahraga. Kamu dapat mengikuti lomba atau turnamen olahraga yang sesuai dengan bakat dan kemampuan kamu.

Baca Juga:  9 Tips Memilih SMA dengan Tepat! Siswa Kelas 9 Wajib Banget Tahu!

Untuk dapat mengikuti suatu turnamen kamu harus terlebih dahulu menjadi anggota klub olahraga di sekolah kamu. Karena biasanya yang mewakili sekolah dalam suatu turnamen adalah klub sekolah tersebut. Di jenjang SMA banyak sekali turnamen olahraga yang diadakan. Turnamen olahraga seringkali diadakan oleh SMA swasta, suatu universitas, atau pihak swasta lain seperti DBL.

Memiliki sertifikat menang turnamen olahraga di suatu universitas dapat membantu kamu diterima di universitas tersebut. Jika kamu memiliki sertifikat di turnamen tingkat kota hingga nasional dapat lebih membantu kamu mendaftar di suatu universitas.

Jika kamu memiliki minat, maka kamu harus mengembangkan bakat yang kamu miliki. Daftar dalam klub sekolah sesuai kemampuan olahraga kamu, kemudian memberikan yang terbaik kepada tim sehingga kamu bisa diikutsertakan dalam turnamen.

Biasanya turnamen pada jenjang SMA merupakan turnamen olahraga yang bermain secara tim, seperti sepak bola, basket, voli, dan jenis olahraga lainnya.

4. Lomba Sastra

person using black and silver laptop computer
Photo by Peter Olexa on Pexels.com

Jenis lomba di SMA yang terakhir ialah lomba sastra. Lomba sastra sering sekali diadakan oleh berbagai pihak. Seperti dari sekolah lain, universitas, pihak penerbit buku, dan banyak hal lainnya.

Selain itu, ada beberapa ajang lomba sastra yang dapat kamu ikuti secara mandiri tanpa harus mewakili sekolah. Hal ini dapat membuat kamu mengikuti lebih banyak lomba. Lomba sastra dalam jenjang SMA dapat berupa membuat dan membacakan puisi, menulis cerpen, hingga debat sastra.

Jika kamu memiliki bakat menulis dan ingin mengumpulkan sertifikat lomba, lomba sastra dapat menjadi jalan kamu. Sertifikat dari lomba sastra dapat kamu kumpulkan dan kamu gunakan ketika kamu mendaftar di suatu universitas. Hal ini dapat memperbesar peluang kamu untuk diterima disana.

Baca Juga:  Tips Mengingat Materi Dalam Semalam, Anti Gagal!

Nah, itu tadi 4 jenis lomba di SMA yang bisa kamu ikuti nih guys! Jadi selain memperjuangkan nilai rapor, di SMA kamu juga harus mengumpulkan berbagai prestasi yang dapat membantu kamu diterima di universitas yang kamu inginkan.

Selain itu, ajang-ajang lomba yang dilaksanakan biasanya memberikan hadiah berupa uang, piala, atau hadiah lainnya. Hadiah-hadiah ini dapat kamu manfaatkan sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu belum berhasil pun, pengalaman lomba dapat menjadi suatu pengalaman yang berharga dan dapat kamu jadikan pelajaran.

Jangan lupa menyesuaikan berbagai jenis lomba dengan bakat dan minat yang kamu miliki untuk mendapatkan hasil yang maksimal!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…