9 Mata Pelajaran Baru di SMA! Dijamin Super Seru dan Bikin Ketagihan!

Hola gengs! Wuih, kamu yang kini duduk di jenjang akhir SMP pasti lagi senyum-senyum kan? Rasanya ga sabar nih buat memulai masa SMA dengan lebih awal. Apalagi ada anjuran bahwa di bulan Juli nanti alias di tahun ajaran baru, pembelajaran bisa dilakukan secara offline.

Eits, tapi jangan senang dulu gengs! Ada banyak mata pelajaran baru di SMA lho! Saran penulis, mumpung ada waktu luang yuk mulai nyicil beberapa mata pelajaran di SMA nanti! Sekaligus membuat strategi agar masa SMA-mu bisa berjalan maksimal gengs!

Daftar Isi

Mata Pelajaran Baru di SMA

1. Matematika Peminatan

Yap, untuk kamu yang mengambil jurusan MIPA di SMA maka selamat! Kamu akan bertemu 2 mata pelajaran matematika yang berbeda. Pertama, ada matematika wajib yang umumnya di kelas IPS juga mendapatkan mata pelajaran tersebut sampai kelas 2.

Kedua, khusus untuk anak MIPA tersedia matematika peminatan. Lalu, matematika peminatan ini bahas tentang apa aja sih? So, secara sederhana matematika peminatan berisi tentang penjabaran lebih lanjut ilmu matematika wajib gengs.

Menurut penulis sendiri, matematika peminatan ini memang lebih sulit daripada matematika wajib. Di pelajaran ini kamu akan belajar tentang konsep lanjutan dari fungsi, persamaan tiga variabel, matriks, dan masih banyak lagi gengs!

2. Fisika lab

man looking through a microscope
Photo by Edward Jenner on Pexels.com

Mata pelajaran baru di SMA yang ga ada di SMP adalah fisika lab. Masih dengan jurusan MIPA, kamu yang masuk jurusan ini pastinya tidak asing dengan pelajaran fisika yang digabung ke dalam mapel IPA di SMP bukan? Yap, fisika lab memang penjabaran secara khusus di bidang MIPA.

Akan tetapi, berbeda dengan pelajaran biasa yang dilakukan di kelas, fisika lab umumnya dilakukan di dalam laboratorium sekolah. Berbagai percobaan tentang gerak benda, relativitas, sampai bunyi akan kamu hadapi dalam bentuk pratikum gengs. Hasilnya baru tulis dalam bentuk laporan sebagai tugas.

Baca Juga:  8 Tips Ujian Sekolah Saat di Rumah

FYI, engga semua sekolah memiliki pelajaran ini gengs. Ada yang terfokus pada biologi lab, kimia lab, atau bahkan perpaduan dari 3 mapel utama MIPA. Namun, umumnya kelas pratikum atau lab akan selalu ada di jurusan MIPA.

3. Informatika

Next, mata pelajaran ini mungkin tidak asing bagi kamu di SMP bukan? Namun, siapa sangka pelajaran informatika di SMA ternyata cukup jauh berbeda dari yang kamu hadapi di SMP. Umumnya pelajaran informatika di SMP hanya berkisar tentang Corel Draw, aplikasi membuat animasi sederhana, atau membuat label makanan.

Berbeda dengan SMA, materi informatika akan lebih serius membahas mengenai Java Script sampai editing film pendek. Materi ini pun akan berbeda sesuai dengan ketentuan dari tiap sekolah juga gengs.

Kabar gembiranya, tidak semua sekolah di Indonesia memasukkan pelajaran ini sebagai mapel utama. Banyak di antaranya yang memasukkan informatika hanya sebagai ekstrakurikuler aja gengs!

4. Sejarah peminatan

Mata pelajaran baru di SMA
Sumber: nea.org

Mata pelajaran baru di SMA kali ini berasal dari kelas IPS gengs. Untuk kamu yang memilih major IPS di SMA, maka selamat! Kamu akan bertemu dengan dua mata pelajaran sejarah. Sama seperti matematika peminatan di kelas MIPA, maka untuk kelas IPS kamu akan bertemu dengan sejarah peminatan.

Mata pelajaran ini pun cukup berbeda dengan sejarah wajib gengs. By the way, di beberapa SMA juga memberikan pelajaran sejarah wajib kepada siswa MIPA maupun bahasa lho! Nah, mata pelajaran sejarah peminatan sendiri lebih berkisar tentang sejarah dunia.

Sementara itu, sejarah wajib akan mengulas tentang Sejarah Indonesia gengs. Di mapel sejarah peminatan, kamu akan belajar tentang perang dunia, berbagai perjanjian internasional, organisasi internasional, bahkan sampai beberapa peristiwa penting di belahan dunia gengs!

5. Sosiologi

Masih di kelas IPS, kali ini kamu akan bertemu dengan cabang ilmu IPS baru yakni sosiologi. Guys, di SMP sendiri umumnya pelajaran IPS didominasi oleh geografi atau sejarah dan sedikit sekali materi yang membahas tentang sosiologi. Padahal menurut penulis sendiri, sosiologi adalah cabang IPS yang seru dan penuh tantangan.

Baca Juga:  Kamu Wajib Tahu, Universitas Swasta Terbaik di Indonesia!

Di kelas 10, kamu akan belajar tentang hal-hal dasar dahulu seperti sejarah atau latar belakang sosiologi. Berlanjut ke perilaku penyimpangan, sampai sikap-sikap dalam menyelesaikan konflik.

Materi akan bertambah seru seiring dengan naiknya kamu ke kelas yang lebih tinggi. Misalnya di kelas 11 semester 2, kamu akan mempelajari sistem kelas di masyarakat Eropa secara mendalam. Tentang kalangan borjuis dan proletar, beberapa paham dari filsuf dunia, dan masih banyak lagi! Seru banget pokoknya!

6. Ekonomi

mata pelajaran baru di SMA
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Yups, mata pelajaran baru di SMA yang akan kamu pelajari secara lebih mendalam ialah ekonomi gengs. Di SMP sendiri kamu telah belajar ekonomi secara sederhana, tetapi tentu berbeda jauh dengan pelajaran ekonomi di SMA. Ekonomi di SMA sendiri tidak hanya membahas tentang perhitungan saja.

Melainkan juga beberapa materi mendalam seperti krisis Bank Sentral Eropa, injeksi likuiditas, sampai krisis moneter di Indonesia. Pastinya materi tersebut super seru banget untuk dibahas.

So, kamu ga hanya akan pusing tentang perhitungan dan berbagai rumus baru di SMA melainkan juga berbagai materi hafalan yang menarik untuk disimak gengs!

7. Antropologi

Beralih ke kelas bahasa, kamu yang memilih jurusan ini akan menemui mata pelajaran antropologi gengs. Masih asing kan? Yup, secara sederhana antropologi ialah materi yang membahas tentang manusia khususnya di bidang budaya dan masyarakat. By the way, antropologi ini berbeda dengan sejarah ya gengs!

Di mata pelajaran antropologi, kamu akan mempelari tentang bagaiamana perkembangan sebuah budaya di Indonesia, tentunya sedikit banyak berkaitan tentang sistem kasta juga gengs.

Lalu bagaimana pola pikir atau etika suatu masyarakat dalam menghadapi konflik dan jaman, sampai berbagai upacara adat dan hak asasi manusia dalam masyarakat itu sendiri.

Baca Juga:  10 Kelebihan Jurusan IPS, yang Jarang Diketahui!

Menurut penulis sendiri, antropologi ini adalah pelajaran yang susah-susah gampang. Pertama, kamu akan bertemu dengan berbagai pola pemikiran yang mungkin asing di masyarakat Indonesia. Namun, di sisi lain pelajaran ini memang seru dan membuat kamu berpikir bahwa dunia ga sesempit yang orang katakan gengs!

8. Sastra

Mata pelajaran baru di SMA
Photo by Pixabay on Pexels.com

Next, mata pelajaran baru di SMA ini umumnya kamu temui hampir di semua jurusan SMA. Hanya saja tergantung major apa yang kamu ambil gengs! Misalnya saja, untuk jurusan bahasa umumnya diberikan pelajaran sastra Indonesia. Sedangkan IPS dan MIPA, akan diberikan sastra Inggris sebagai lintas minat.

Oh iya, kamu juga bisa mengambil pelajaran sastra tambahan lho! Di sekolah penulis sendiri, di kelas 11 kami diberikan kebebasan untuk mengambil sastra Inggris atau sastra Jepang sebagai mata pelajaran pilihan.

9. Bahasa asing

Yup, pelajaran seru lainnya yang baru ditemui di SMA ialah bahasa asing. Pemilihan bahasa asing sendiri sebenarnya berbeda-beda gengs, tergantung dari sistem di sekolah kamu. Namun, umumnya sekolah akan menyediakan paling tidak 2 mata pelajaran pilihan seperti Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang.

Berdasarkan pengalaman, penulis mengambil bahasa asing yang nantinya berguna di jenjang kuliah. Misalnya, kamu yang berbakat di bidang enginering penulis sarankan untuk mengambil bahasa Jepang atau Jerman. Karena kedua tempat tersebut memiliki keunggulan di bidang teknik.

Berbeda dengan jurusan seperti sastra atau hukum, maka penulis sarankan untuk mengambil Bahasa Perancis sebagai peminatan bahasa asing!

Yap, itu tadi 9 mata pelajaran baru di SMA yang sedikit banyak akan kamu temui gengs! Tentunya akan berbeda juga antar tiap sekolah, tetapi hampir sebagian besar sama. So, untuk kamu yang kini lulus dari SMP, selamat ya!

Selamat membuka lembaran baru di SMA!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…