8 Tips Untuk Anak SMA yang Ngekos! Dijamin Super Siap Menghadapi SMA!

Hola gengs! Apa kabarnya nih? Kamu yang kini duduk di bangku akhir SMP, apakah sudah tahu mau melanjutkan pendidikan ke mana? Nah, kamu yang sudah tahu atau masih dilematis, tenang aja guys! Masih ada cukup waktu untuk memikirkan keputusan tersebut dengan matang.

Kali ini nih, penulis mau share beberapa tips untuk anak SMA yang ngekos. Yup, kamu yang mau melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA pasti tak jarang harus berpisah dari keluarga untuk mengejar cita-cita bukan? Jangan sedih gengs! Penulis bakal share sedikit pengalaman sekaligus tips untuk kamu!

Tips untuk Anak SMA yang Ngekos

1. Pilih kos yang sesuai denganmu

Tips untuk anak SMA yang ngekos

Hal pertama yang wajib banget kamu perhatikan adalah memilih kos yang sesuai denganmu guys. Mulai dari lingkungan yang nyaman, kebersihan, sampai soal harga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Oh iya, penulis juga sangat menyarankan agar kamu memilih kos bersama orang tua ya. Mungkin sebelum datang langsung ke kos, kamu bisa melakukan riset kecil-kecilan untuk mencari tempat yang sesuai. Bisa melalui internet, bertanya kepada kakak kelas, atau bahkan pihak sekolah.

Umumnya sekolah-sekolah di area perkotaan bekerja sama dengan beberapa pihak kos-kosan untuk masalah tempat tinggal para murid-muridnya.

2. Lakukan riset jauh-jauh hari

Yap, tips untuk anak SMA yang ngekos kedua ialah melakukan riset jauh-jauh hari. FYI, pindah kos ternyata ga semudah yang kamu bayangkan lho guys. Ada banyak hal yang harus dipikirkan sampai dipersiapkan. Nah, apabila kamu memang ingin sekolah di luar kota maka pikirkan berbagai hal jauh-jauh hari.

Baca Juga:  Hentikan Kebiasaan Ini Jika Kamu Ingin Tumbuh Dewasa

Mulai dari riset tempat tinggal, biaya hidup, supermarket terdekat, sampai tempat makan yang layak dan pastinya terjamin kebersihannya. Semua riset ini bisa kamu lakukan dengan bantuan internet atau bahkan datang langsung untuk melihat keadaan sekitar dari sekolahmu gengs.

3. Perhatikan lingkungan kosmu!

muslim female student daydreaming while sitting with laptop near city building
Photo by Keira Burton on Pexels.com

Selain beberapa saran di atas, penulis juga memberikan tips untuk anak SMA yang ngekos khususnya dalam memperhatikan lingkungan tempatmu tinggal gengs. Berhubung selama kurang lebih 3 tahun kamu akan menghabiskan waktu di tempat tersebut, maka pastikan lingkungan kosmu memang benar nyaman dan aman guys.

Kamu bisa mencari kos yang dekat dengan sekolah untuk menghemat biaya transportasi, dekat dengan toko alat tulis sekaligus supermarket, dan tak lupa dekat dengan tempat makan yang bersih.

Oh iya satu lagi nih, penulis sarankan agar kamu memilih lingkungan kos yang ramai dari jangkauan anak-anak sekolah juga ya guys. Pastikan tempat tinggalmu nantinya dijaga oleh satpam atau mungkin pemilik kos-kosan.

4. Data barang dan kebutuhan

Setelah melakukan riset kecil-kecilan tentang kos beserta lingkungannya, maka kini saatnya kamu melakukan pendataan terhadap barang-barang yang hendak dibawa maupun dibutuhkan. Kamu bisa mulai dari perlengkapan sekolah, kebutuhan sehari-hari, sampai bahan makanan yang tahan lama.

Sekedar saran nih gengs, untuk perlengkapan dan kebutuhan sehari-hari mungkin bisa kamu beli di supermarket sekitar kos. Selain melihat apa saja yang disediakan di supermarket tersebut, kamu juga bisa menghemat tempat saat melakukan pindahan.

By the way, penulis sendiri ga menyarankan kamu untuk membeli bahan makanan seperti sarden, susu, atau bahkan makanan yang mungkin cepat basi apabila tidak dimasukkan ke dalam kulkas. Kecuali tempat kosmu memang menyediakan kulkas bersama yang bersih.

5. Bersihkan kamar secara teratur

Tips untuk anak SMA yang ngekos
Photo by Frans Van Heerden on Pexels.com

Tips untuk anak SMA yang ngekos dan sering banget dilewatkan adalah membersihkan kamar secara teratur. Yup, sering banget nih anak kos lupa untuk membersihkan kamar atau malah menunda pekerjaan satu ini dengan berbagai alasan. Eits, jangan sampai hal ini terjadi kepadamu ya gengs.

Membersihkan kamar itu perlu banget lho! Ingat, kos-kosan ga hanya menjadi tempat kamu tidur aja. Melainkan juga makan, mandi, sampai belajar. So, kalau keadaan kamarmu berantakan dan kotor, tentunya kuman dan kemalasan akan hinggap segera di udara kamar.

Baca Juga:  7 Tips Menulis Puisi Bagi Pemula! Super Mudah untuk Diikuti!

Ga hanya itu guys, kamu juga jangan sampai lupa untuk rajin mencuci pakaian. Berdasarkan pengalaman penulis, untuk masalah pakaian mungkin bisa kamu laundry gengs. Namun, untuk beberapa pakaian pribadi, penulis sarankan untuk mencucinya sendiri ya!

6. Pastikan makan cukup dan teratur

Penulis ga kaget nih kalau banyak banget anak kos yang terkena typus atau bahkan maag akut di tahun pertama mereka ngekos. Yap, penyakit seperti maag atau typus sudah menjadi langganan bagi kesehatan para anak kos guys!

Tentu hal ini bukanlah kebiasaan yang baik dan patut dibanggakan. Beberapa faktor yang menyebabkan penyakit ini adalah pola makan yang tak teratur dan sembarangan. Terlepas dari jangkauan orang tua memang sering membuat kita lalai dalam makan.

Akan tetapi, tahu ga sih guys kalau kebiasaan ini akan berakibat jangka panjang? FYI, sekalinya kamu terkena maag atau typus maka seumur hidup kamu harus menjaga pola makan demi terhindar dari kambuhnya penyakit tersebut gengs.

So, tips untuk anak SMA yang ngekos dari penulis adalah tetap menjaga pola makan ya gengs. Sekali-kali mengonsumsi junk food sih gapapa, tetapi jangan lupa juga untuk tetap melahap sayuran maupun buah-buahan! Toh, sekarang banyak minimarket yang menjual buah atau jus sayuran!

7. Atur waktu main dan belajar

accurate alarm alarm clock analogue
Photo by Aphiwat chuangchoem on Pexels.com

Selain pola makan, salah satu kelalaian dari banyak pelajar yang baru ngekos ialah sulit membedakan waktu belajar dan main. Yap, penulis sendiri pernah mengalami masa-masa tersebut gengs! Namun, akhirnya menyesal juga karena ada banyak waktu yang terbuang sia-sia.

Ingat gengs, kamu datang ke luar kota bukan untuk bermain lho! Melainkan belajar dengan rajin. Bermain sih boleh, tetapi jangan sampai lupa waktu ya! Tips untuk anak SMA yang ngekos dari penulis khususnya tentang waktu ialah membagi time managementmu sebaik mungkin gengs.

Misalnya, setiap hari Senin sampai Jumat maka kamu wajib banget pulang tepat waktu (sehabis les, ekstra, atau bahkan mengikuti organisasi). Di hari-hari tersebut kamu bisa mengerjakan semua tugas sampai PR yang mungkin dibutuhkan minggu depan. Nantinya di hari Sabtu, kamu bisa bermain nih sepuasnya.

Baca Juga:  3 Cara Mengetahui Gaya Belajar dengan Mudah! Kamu Harus Coba Agar Belajar makin Efektif!

Berbeda lagi di hari Minggu gengs. Untuk Minggu sendiri, kamu bisa bermain sampai siang kemudian membersihkan kamar dan beristirahat untuk menghadapi hari Senin!

8. Hindari bepergian sendiri

Yup, last dari penulis ada tips khusus untuk kamu siswa dari luar kota. Diharapkan kamu jangan bepergian sendirian ya, apalagi di malam hari. Tentunya akan sangat berbahaya gengs!

Apabila kamu ingin berbelanja bulanan atau bahkan nongkrong di kafe, setidaknya ajaklah satu temanmu. Jika tidak memungkinkan, maka kamu bisa memberi kabar kepada salah satu teman terdekat di mana posisimu saat itu. Di perjalanan pulang pun, kamu bisa menelepon teman untuk menemani perjalanan.

Yap, itu tadi beberapa tips untuk anak SMA yang ngekos versi penulis. FYI, penulis sendiri ngekos sedari SMA. So, beberapa tips di atas tentunya berdasarkan pengalaman penulis langsung! Penulis juga berharap apabila kamu ngekos di luar kota, ingatlah untuk tetap menjaga tutur kata dan perilaku ya!

Stay Safe guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…