Butuh Motivasi? Simak yuk 8 Tips Menumbuhkan Semangat Belajar Menjelang Ujian!

Halo guys! Sudah bulan Mei bertanda ujian kenaikan kelas akan datang bukan? Ujian kenaikan kelas menjadi ujian yang paling berat selama satu tahun ajaran. Namun, setelah ujian ini juga bisa menjadi hal yang paling menyenangkan bagi para murid karena dan menjadi tanda libur panjang akan dimulai pula.

Akan tetapi, kamu pasti sering merasa hilang semangat belajar dalam pembelajaran selama satu semester atau satu tahun. Aduh! Gawat banget kalau kamu kehilangan semangat belajar kamu ketika menjelang ujian.

Oleh karena itu, kamu butuh banget tips menumbuhkan semangat belajar menjelang ujian nih! Masa iya mau ujian kamu malah tidak belajar, bagaimana nanti jadinya nilai kamu. So, langsung aja yuk simak ulasannya di bawah ini ya guys! Awas, jangan sampai di skip!

Tips Menumbuhkan Semangat Belajar Menjelang Ujian

1. Persiapkan Alat Tulis

black and blue pens beside red covered notebook
Photo by Pixabay on Pexels.com

Sebelum memasuki hari pertama ujian, persiapkan terlebih dahulu alat tulis yang akan kamu gunakan selama ujian. Memiliki alat tulis yang lengkap dipercaya dapat menumbuhkan motivasi kamu untuk belajar.

Seorang siswa cenderung akan merasa senang ketika memiliki alat tulis yang lengkap. Memiliki alat tulis lengkap juga membuat kamu terhindar dari segala kesulitan atau hambatan ketika mengerjakan ujian.

Kamu bisa melakukannya dengan berbelanja alat tulis di toko yang menyediakan alat tulis lengkap. Pilihlah alat tulis yang kamu senangi dan dapat membuat kamu menjadi semangat belajar. Percaya ga percaya melakukan aktivitas ini menjadi salah tips menumbuhkan semangat belajar paling efektif lho!

Baca Juga:  Tips Sukses Menjadi Guru Profesional, Baik, dan Menyenangkan

2. Persiapkan Rangkuman Materi

Sekitar beberapa hari hingga sepekan sebelum ujian ada baiknya kamu mulai merangkum materi yang akan diujikan dari setiap mata pelajaran. Dengan adanya rangkuman ketika akan ujian nanti kamu dpaat belajar dengan lebih mudah dan praktis.

Kamu dapat menulis rangkuman di sebuah kertas atau buku khusus agar tidak tercampur dengan hal lainnya. Buatlah rangkuman dengan gaya kamu dan dengan rapi. Agar ketika kamu belajar kamu senang melihat dan membacanya.

Jika kamu suka rangkuman dengan model mindmap kamu juga bisa membuatnya. Tambahkan beberapa warna dan hiasan untuk memperindah rangkuman kamu.

3. Buat Target

crop businessman signing contract in office
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Tips menumbuhkan semangat belajar berikutnya adalah membuat target ujian. Sebelum memasuki pekan ujian kamu juga harus mempersiapkan target yang akan kamu capai di ujian kali ini. Target yang kamu buat ini dapat berupa nilai-nilai yang harus kamu dapat di dalam ujian.

Kamu dapat menuliskan target disebuah kertas dan kamu tempelkan di meja belajar kamu atau ditempat kamu bisa melihat ketika kamu belajar. Sehingga target ini dapat menjadi pengingat kamu ketika kamu sedang malas belajar.

Selain membuat target kamu juga bisa membuat jadwal harian untuk belajar. Kamu bisa merencanakan setiap harinya mau belajar berapa jam dan dari jam berapa sampai jam berapa bahkan mata pelajaran apa yang akan kamu pelajari di setiap harinya.

4. Istirahat Cukup

Tips menumbuhkan semangat belajar yang ga boleh ketinggalan nih yakni istirahat cukup. Memasuki pekan ujian sudahi dulu kegiatan lain yang menguras waktu, tenaga, serta pikiran kamu. Kamu harus fokus pada ujian kamu dan jaga stamina tubuh kamu.

Jika kamu kekurangan stamina atau merasa kelalahan, hal ini akan berpengaruh pada kemampuan otak kamu dan akan mengganggu proses belajar kamu. Tidak hanya itu jika kamu merasa lelah, nantinya kamu akan cenderung merasa malas untuk belajar.

Baca Juga:  Cara Menyusun Novel Remaja

Kamu dapat melakukan istirahat cukup dengan tidur tidak terlalu larut malam. Usahakan setiap hari tidur malam selama 8 jam. Kamu juga bisa tidur siang selama maksimal 1 jam setiap harinya.

5. Lakukan Me Time

Tips menumbuhkan semangat belajar
Photo by Rachel Claire on Pexels.com

Sekitar mungkin satu pekan sebelum memasuki pekan ujian, kamu dapatkan meluangkan waktu untuk melakukan me time. Lakukanlah segala sesuatu yang kamu suka dan membuat kamu senang.

Dengan melakukan me time, kamu dapat me-refresh pikiran kamu, sehingga ketika ujian nanti kamu dapat lebih fokus dalam belajar. Ketika ujian nanti kamu juga menjadi tidak mudah lelah karena sudah mendapatkan me time.

Contoh kegiatan yang dapat kamu lakukan selama me time  adalah menonton film kesukaan kamu, pergi berwisata, pergi berbelanja ke mall, atau berbagai kegiatan lainnya yang kamu sukai.

Dijamin deh tips menumbuhkan semangat belajar ini super manjur untuk dicoba gengs! Kamu bisa mengambil waktu satu hari penuh untuk kamu melepaskan diri dari segala beban yang kamu miliki.

6. Dengarkan Musik

Mendengarkan musik selama belajar juga dapat meningkatkan semangat belajar kamu. Belajar dengan mendengarkan musik akan membuat kamu tidak mudah merasa bosan, sehingga kamu dapat belajar lebih lama.

Kamu juga bisa menjadi lebih fokus ketika ada musik yang menemani belajar kamu. Selain itu tanpa disadari dengan mendengarkan musik kamu dapat belajar dengan lebih rileks dan tenang.

Pilihlah musik yang kamu senangi untuk menemanimu belajar. Namun, jangan memilih jenis musik yang justru menggangu konsentrasi kamu selama belajar. Usahakan memilih musik yang memiliki beat yang tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah.

Karena beat yang terlalu kuat dapat mengganggu konsentrasi kamu, sedangkan beat yang terlalu lemah dapat membuat kamu merasa ngantuk ketika belajar. Mendengarkan musik dari penyanyi yang kamu gemari juga sangat disarankan. Karena hal itu dapat membuat kamu menjadi lebih senang dan rileks.

Baca Juga:  Kisah Inspiratif, Sopir Bus Yang Berhati Mulya

7. Siapkan Camilan Pendamping Belajar

Tips menumbuhkan semangat belajar
Sumber: studypages.com

Tips menumbuhkan semangat belajar berikutnya yaitu menyiapkan camilan sebagai pendamping belajar. Belajar dengan ditemani camilan juga merupakan suatu hal yang menyenangkan. Kamu bisa menjadi lebih senang dan semangat untuk belajar.

Selain itu, seperti yang sudah dikatakan, belajar dengan hati yang senang dapat membantu kamu mempelajari materi dengan baik. Camilan yang kamu sediakan dapat berupa minuman atau makanan yang kamu sukai.

8. Siapkan Reward

Sebelum ujian, pikirkanlah hadiah untuk menghargai usaha dan kerja keras kamu selama ujian. Berikanlah diri kamu suatu hadiah yang kamu sukai yang bisa kamu dapatkan setelah kamu bekerja keras dan mencapai target yang sudah kamu buat.

Reward atau hadiah ini dapat kalian tentukan sendiri sesuai dengan apa yang kamu sukai. Misalnya membeli makanan, membeli suatu barang, atau juga pergi liburan. Kamu juga bisa membicarakannya bersama orang tua kamu untuk hadiah yang mungkin kamu inginkan.

Nah, itu tadi beberapa tips menumbuhkan semangat belajar yang dapat kamu lakukan menjelang ujian gengs! Sehingga kamu tidak perlu panik atau takut lagi ketika kamu mulai kehilangan semangat belajar.

Cobalah lakukan beberapa tips dari penulis agar kamu dapat kembali semangat untuk belajar. Semangat selalu dalam belajar agar kamu dapat mencapai tujuan kamu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Simak 7 Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis di Smartphone

Korea Selatan. Pasti kamu sudah tidak asing bukan? Budaya Korea Selatan kini merebak di se…