8 Hal Penting Yang Harus Diketahui Oleh Mahasiswa Saat Kuliah

Siapa sih yang tidak bahagia ketika menjadi mahasiswa? Pada masa ini, seseorang akan punya banyak kesempatan untuk belajar mengembangkan kemampuan diri dan menjalin relasi.

Kehidupan kampus memang menyenangkan, kadang mahasiswa terhanyut pada studinya, ada yang sibuk dengan kegiatan lain, bahkan karena saking terlenanya dengan waktu ada juga yang sampai di drop out atau D.O.

Sebelumnya sudah dibahas apa saja yang menjadi alasan kenapa mahasiswa bisa di D.O. Nah, agar kamu tidak salah jalan selama kuliah, berikut ada delapan hal penting yang harus kamu ketahui ketika masih menjadi mahasiswa saat kuliah.

8 Hal Penting Yang Harus Diketahui Oleh Mahasiswa Saat Kuliah

1.  IPK bukan segala-galanya, tapi segala-galanya butuh IPK

Sebagian mahasiswa mungkin berpikir bahwa IPK penting, namun sebagian ada yang berpikir bahwa IPK itu tidak penting. Padahal, salah satu alasan kenapa mahasiswa di D.O adalah karena masalah IPK yang kurang atau tidak memenuhi standar kampus.

Walaupun IPK bukan penentu kesuksesan mahasiswa, tapi IPK menjadi sebuah tolak ukur bagaimana mahasiswa dapat memahami materi dan menjadi indikasi bagaimana pencapaian mahasiswa secara akademik.

Terlalu mengejar IPK juga tidak baik karena bisa berakibat pada mahasiswa yang terlalu ambisius dan tidak peduli dengan hal lainnya. Tapi mendapatkan IPK yang baik juga bisa menjadi suatu keharusan. Karena, IPK memang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya butuh IPK. Misalnya, ketika mendaftar beasiswa IPK akan menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan, ketika melamar kerja ada syarat minimal IPK, dan yang lainnya.

2. Jangan mengejar IPK saja, tapi kejar juga pengembangan diri

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, IPK memang penting bagi mahasiswa. Namun, selain IPK, ada hal penting lainnya yang harus kamu perhatikan, yaitu pengembangan diri. Kampus adalah tempat yang baik untuk mengembangkan diri dan mengasah kemampuan hardskill dan softskill. Selain belajar yang rajin untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan IPK yang baik, kamu perlu juga mengembangkan kemampuan diri.

Baca Juga:  7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih PTS Terbaik

Kemampuan diri yang bisa kamu kembangkan mulai dari kemampuan organisasi, kemampuan komunikasi, kemampuan public speaking, kemampuan bernegosiasi, kemampuan memimpin, dan masih banyak lagi. Hal ini selain bisa menambah nilai plus pada dirimu, kelak juga akan berguna saat kamu akan melamar kerja.

3. Jangan malu dan terus tambah pengalaman

Ketika kamu di kampus, mungkin kamu pernah menemukan mahasiswa yang pemalu atau lebih suka sendirian. Atau bahkan kamu yang merasa begitu. Jika kamu merasa malu, kamu harus mulai membuang rasa malu jauh-jauh. Karena ketika di dunia perkuliahan, kamu harus lebih terbuka untuk mendapatkan pengalaman yang ada. 

Jangan sia-siakan kesempatan yang ada. Jangan malu dan teruslah menambah pengalaman ketika kesempatan datang. Misalnya, ketika ada kesempatan untuk menjadi panitia pemilihan ketua BEM, bergabunglah. Kamu akan mendapatkan pengalaman berharga disana.

4. Percaya diri dan yakin akan kemampuan diri

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa salah satu kunci sukses saat kuliah adalah tidak malu dan terus menambah pengalaman. Sama halnya dengan yang satu ini, yaitu percaya diri dan yakin akan kemampuan diri. Jika kamu yakin dan percaya diri dengan kemampuanmu, maka kamu tidak akan ragu untuk mencoba banyak hal.

Tentu saja percaya diri dan yakin ini bukan dalam arti menyombongkan diri ya. Tetapi lebih kepada tidak ragu untuk mencoba hal baru yang sesuai dengan kemampuan diri dan bahkan untuk meningkatkan kapasitas diri.

5. Temukan bakat dan tekuni hobi

Kadang mahasiswa banyak yang bosan dengan kegiatan itu-itu saja. Belajar, tugas, ujian, praktikum, responsi, organisasi, kepanitiaan, dan yang lainnya. Ketika kamu menemukan rasa jenuh dan bosan, kamu harus mengalihkannya dengan melakukan hobi yang kamu suka. Hal ini berguna untuk mengembalikan semangat belajar dan menjadi lebih fresh. Hobi yang kamu suka bisa saja menjadikan dirimu lebih berwarna dan berkembang.

Baca Juga:  Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Kamu Menjadi Mahasiswa Baru

Begitu juga dengan bakat. Mungkin dulu kamu belum mengenali bakatmu. Saat masuk dunia kuliah, kamu sudah dewasa dan bisa memahami dirimu sendiri. Kamu bisa berpikir sebenarnya bakat apa yang kamu punya, apa yang harus kamu lakukan dengan bakatmu. Kamu harus memahaminya agar bakat dan hobimu kelak bisa mendukung karirmu setelah kamu lulus kuliah.

6. Kuatkan dan bangulah jaringan yang kuat

Membangun jaringan sangat penting bagi mahasiswa. Tidak hanya untuk kepentingan kehidupan sehari-hari tetapi juga untuk investasi masa depan kelak. Mungkin sudah sering dibahas mengenai pentingnya jaringan atau relasi. Dengan adanya pertemanan, selain hidupmu menjadi lebih berwarna, kamu juga bisa belajar banyak hal.

7. Jangan terlalu membatasi diri

Kehidupan di kampus memang beragam dan kadang membuat mahasiswa terlena sampai lupa akan tugas utamanya untuk belajar. Hal ini membuat sebagian mahasiswa menjadi selektif dalam memilih kegiatan bahkan pertemanan.

Namun, kamu tidak perlu terlalu membatasi diri. Yang terpenting adalah kamu bisa menjaga diri dan menanamkan komitmen bahwa kamu bisa menyelesaikan studi dengan baik dan tidak melakukan hal-hal yang buruk.

Pilihlah kegiatan yang menurutmu membawa manfaat yang baik bagi dirimu. Walaupun kadang kita tidak boleh memilih-milih teman, namun ada kalanya kita harus bisa membedakan mana teman yang membawa kita ke arah yang baik dan tidak. Namun, jangan terlalu membatasi diri ya. Kuncinya adalah memahami diri dan menanamkan komitmen dalam diri.

8. Manfaatkan lingkungan kampus untuk membangun kapasitas diri

Lingkungan kampus menyediakan banyak hal untuk membangun kapasitas diri. Mulai dari pengembangan ilmu pengetahuan, kemampuan diri, pertemanan, relasi, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan hal ini dengan baik dan semaksimal mungkin. Agar kelak kamu bisa punya kapasitas diri yang baik setelah lulus. Hal ini juga akan membawa kamu kepada kenangan bahwa kamu bisa menggunakan waktumu selama kuliah dengan baik ketika kamu sudah lulus nanti.

Baca Juga:  7 Tips Mengatasi Ngantuk Saat Kuliah

Itulah delapan hal penting yang harus diketahui oleh mahasiswa saat kuliah. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…