5 Tips Untuk Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris

Ketika kamu belajar Bahasa Inggris, kamu pasti tidak asing dengan salah satu kemampuan satu ini, yaitu listening. Listening atau kemampuan mendengarkan Bahasa Inggris ini merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai ketika kamu belajar Bahasa Inggris. Tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari, tapi kemampuan listening juga diperlukan dalam tes Bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

Seringkali, kemampuan listening tidak terlalu diperhatikan oleh banyak orang, padahal kemampuan ini penting sekali. Kadang ada yang memperhatikan kemampuan ini tapi masih kurang maksimal sehingga perlu ditingkatkan. Ada beberapa tips buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan atau skill listening Bahasa Inggris lho. Simak tips berikut dengan baik ya.

Daftar Isi

5 Tips Untuk Meningkatkan Skill Listening Bahasa Inggris

1. Pilih materi berdasarkan kemampuan diri

Ketika kamu ingin belajar listening Bahasa Inggris, kamu harus tahu bahwa tujuanmu adalah agar peka dengan kalimat atau kosa kata yang baru. Maka, untuk mencapai tujuanmu ini, kamu harus menggunakan materi yang sesuai atau berdasarkan kemampuan diri.

Jika kamu masih pemula, kamu bisa memulainya dengan mendengarkan percakapan sederhana antara dua orang. Kamu bisa meningkatkannya perlahan-lahan dengan mendengarkan lagu, film, podcast, berita, dan masih banyak lagi.

2. Jangan menerjemahkan kata per kata

Ketika kamu mendengarkan audio untuk melatih kemampuan listening Bahasa Inggrismu, maka kamu harus belajar memilih cara yang benar. Caranya yaitu dengan berkonsentrasi untuk mendengarkan percakapan atau pembicaraan secara keseluruhan untuk memahami arti atau maksudnya.

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Bab 2 Congratulating and Complementing Others

Bukan dengan menerjemahkannya kata per kata. Hal ini akan mengganggu dan memecah konsentrasimu. Di awal mungkin kamu bisa menerapkan sistem pause pada audio yang kamu dengarkan. Tapi jika kamu ingin lebih meningkat lagi, maka kamu harus latihan untuk tidak menghentikan atau mengulangi audionya.

3. Fokus dan menghindari gangguan saat belajar

Saat kamu belajar listening Bahasa Inggris, kamu harus fokus dan konsentrasi. Dengan fokus dan menghindari gangguan saat belajar, kamu bisa mendapatkan ilmu yang lebih banyak karena kamu tidak terganggu dengan yang lain.

Caranya adalah dengan mencari tempat yang nyaman dan tenang, menggunakan headset atau earphone, mematikan notifikasi hp agar tidak terganggu, dan masih banyak lagi. Dengan fokus dan berkonsentrasi, kamu diharapkan dapat menyerap lebih banyak ilmu untuk meningkatkan kemampuan listening Bahasa Inggris.

4. Jadi active listener

Belajar listening Bahasa Inggris tidak hanya seputar mendengarkan saja. Untuk lebih meningkatkan kemampuan dan menambah kosa kata, kamu perlu menjadi active listener. Caranya adalah dengan berlatih pengucapan kata yang kamu pelajari ketika belajar listening Bahasa Inggris. Kamu bisa berlatih sendiri di depan cermin atau berlatih speaking bersama temanmu yang juga sama-sama belajar Bahasa Inggris untuk saling membantu dan sharing ilmu.

5. Tentukan learning goals

Media yang kamu butuhkan dalam belajar listening Bahasa Inggris yaitu media berupa audio dan video. Media ini harus kamu siapkan dengan baik. Setelah menyiapkan media ini, kamu harus menentukan kapan kamu belajar menggunakan audio dan kapan kamu belajar menggunakan video.

Dengan mengetahui waktu batas kapan kamu belajar menggunakan media tersebut atau learning goals maka kamu punya waktu yang tepat untuk mengetahui kapan kamu harus fokus latihan listening.  Kamu harus pandai-pandai membuat jadwal. Kapan latihan listening, kapan latihan speaking, reading, dan writing. Sehingga kamu bisa fokus pada bidang masing-masing dan mencapai tujuanmu untuk menguasai keempat skill Bahasa Inggris.

Baca Juga:  Materi Bahasa Inggris Kelas 10 Bab 11 CUT NYAK DHIEN

Itulah lima tips untuk meningkatkan skill listening Bahasa Inggris yang bisa kamu terapkan sehari-hari. Jangan lupa bagikan informasi ini pada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…