Akun Ruangguru Bisa Dipakai Berapa Orang?

Banyak banget yang nanyain akun Ruangguru bisa dipakai berapa orang? Saya mencoba mencari tahu dengan menanyakan langsung sama tim konsultan Ruangguru untuk mendapatkan jawaban pasti terkait masalah ini. Karena masih banyak siswa yang berharap satu akun bisa dipakai ramai-ramai.

Mungkin kamu berharap satu akun bisa digunakan ramai-ramai, karena dari beberapa kasus satu akun digunakan oleh banyak pengguna dengan alasan untuk berhemat biaya daftar dengan cara patungan, sehingga harga yang dibayarkan jauh lebih murah.

Sebenarnya hal seperti ini sangat tidak disarankan oleh bimbel online manapun karena bisa membebani kinerja server dari aplikasi tersebut sehingga berdampak pada kinerja dari device yang gak maskimal.

Begitupun dengan data statistik pengguna akun tersebut akan terganggu atau tidak bisa membaca dengan baik statistik perkembangan belajar kamu, karena dipakai oleh banyak orang tentu akan sulit untuk mengetahui tingkat perkembangan belajar kamu, karena dalam akun Ruangguru ada fasilitas untuk mengukur tingkat perkembangan belajar.

Fitur ini ibaratnya sebuah raport digital kamu, yang mengukur sejauhmana kegiatan belajar yang kamu lakukan, seperti kamu sudah belajar berapa jam? Sudah berapa banyak video yang kamu tonton, dan jumlah latihan soal yang sudah kamu kerjakan. Tentu kegiatan ini akan mengetahui seberapa rajin kamu belajar dan mampu menguasai materi pelajaran.

Contohnya seperti tampilan berikut ini!

Jadi gak mungkin banget kan ibaratnya satu raport untuk kamu gunakan berdua, tentu gak bisa menilai hasil belajar kamu. Itu salah satu alasan kenapa akun Ruangguru gak baik kalau dipakai oleh banyak pengguna.

Tapi kalau kamu tipe orang yang gak terlalu mempertimbangkan hal itu ya gak masalah sih. Saya sendiri sempat melakukan uji coba apakah satu akun bisa digunakan bersamaan?

Baca Juga:  Cara Beli Paket STAN di Aplikasi Ruangguru

Setelah saya coba membuka video bersamaan dengan menggunakan satu akun Ruangguru ternyata gak ada masalah masih lancar aja saat dibuka.

Saya mencoba membuka dengan satu smartphone dan satu lagi menggunakan aplikasi di laptop. Ternyata gak masalah, hasilnya seperti di bawah ini. Eits, tapi tunggu dulu jangan buru-buru mengambil kesimpulan ya. 🙂 he

akun ruangguru

Setelah mencoba bereksperimen, saya pun jadi penasaran sebenarnya akun Ruangguru maksimal bisa diakses berapa orang sih? Hmm, akhirnya saya mencoba menanyakan langsung melalui kontak support di website Ruangguru dan jawabannya sebagai berikut.

Akun Ruangguru Bisa Dipakai Berapa Orang?

Dari jawaban adminnya saya mendapatkan jawaban seperti berikut ini!

“Akun Ruangguru hanya dapat diakses maksimal 2 handphone dan 1 laptop/PC, namun untuk akses video hanya diperbolehkan di 1 device saja. Mohon untuk tidak mengakses akun Ruangguru melebihi ketentuan tersebut supaya akun Ruangguru tidak mengalami “Maksimum Device” dimana akun akan terblokir selama kurang lebih 48 jam.”

Jadi kesimpulannya…

Tidak bisa digunakan lebih dari satu pengguna secara bersamaan, tapi jika kamu menggunakan dua HP yang berbeda pastikan tidak membuka materi secara bersamaan dengan akun yang sama. Meskipun hanya mengerjakan soal saja. Jika kamu melakukannya akun kamu bakal kena blokir maksimal 48 jam.

⚠️ Tips:
Jika memang kamu gak cukup biaya buat daftar Ruangguru secara mandiri, pastikan kamu harus rela bergantian dengan teman kamu. Buatlah jadwal pemakaian secara bergantian agar tidak terjadi pemblokiran akun oleh pihak Ruangguru, misalnya hari ini untuk kamu, besok untuk teman kamu, jadi kamu menggunakannya selang sehari secara bergantian.

Namun alangkah baiknya kamu buat akun sendiri dengan berlangganan secara mandiri saja agar kegiatan belajar kamu lebih efektif dan tujuan kamu bisa tercapai.

Baca Juga:  Waktu Efektif Belajar dengan Video

⚠️ Jangan terlalu berpikir ekonomis untuk urusan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Membeli sesuatu untuk investasi masa depan tidak akan membuat kamu rugi. Jangan sampai kamu menyesal jika tujuan yang ingin kamu capai tidak berhasil karena cara berpikir kamu yang salah.

Daftar aja sekarang, gunakan kode diskon agar harganya lebih murah. Cek kode diskon terbaru di halaman Kode Diskon Ruangguru.

Oke, segitu aja semoga penjelasan ini bisa kamu mengerti dan bermanfaat buat kamu yang masih bingung terkait masalah ini. Selamat belajar. 🙂

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Ruangguru Vs Pahamify, Pilih Mana?

Hai guys, apakah kamu udah daftar di bimbel? Baik secara online maupun offline? Kenapa sih…