clever lady with curly hair reading book

Tips Belajar di Sekolah Selama Pandemi Dengan Efektif dan Aman!

Tips Belajar Sekolah – Wah-wah, siapa nih di antara kamu yang mungkin sudah melaksanakan sekolah secara bertatap muka? Walaupun protokol jaga jarak tetap digalakkan, tetapi pendidikan emang ga boleh ketinggalan ya guys!

Nah, mungkin sebagian dari kamu ada yang was-was atau bingung, gimana ya pembelajaran secara langsung setelah beberapa bulan harus berada di rumah saja? Tentunya, banyak aktivitas maupun kebiasaan yang harus dirubah nih.

Buat kamu yang masih bangun siang dan hobi rebahan, yuk mulai kembali lagi guys ke kegiatan semula. Oh, iya, kira-kira gimana ya tips untuk menghadapi sekolah setelah sekian lama libur panjang? Apa aja sih yang harus dipersiapkan?

Wait, tenang sobat! Kali ini kamu mampir di artikel yang tepat nih. Aku bakal kasih tahu kamu apa aja yang diperlukan untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka. Penasaran? Buruan simak di bawah ini yukk

Tips Belajar di Sekolah Selama Pandemi Dengan Efektif dan Aman!

1. Bangun Pagi dan Tidur Secukupnya

photo of person holding alarm clock
Photo by Acharaporn Kamornboonyarush on Pexels.com

Pertama, kamu harus memastikan bahwa tidur yang dimiliki cukup dan tidak kekurangan. Ini penting bingitz lho guys, kalau kamu sampai kekurangan jam tidur tentunya berakibat fatal bagi keadaan tubuh maupun mental.

Dampak bagi tubuh tentunya kamu akan lebih mudah mengantuk saat jam pelajaran. Sehingga dalam menerima materi kamu menjadi kurang fokus dan materi tak terserap sempurna deh.

Untuk mental sendiri juga berdampak nih! Kekurangan tidur dapat mempengaruhi mood kamu seharian. Tentunya mood yang kurang baik guys, karena kamu mengantuk sehingga lebih mudah marah deh.

Baca Juga:  Kecakapan Konsepsi Yang Harus Dimiliki Oleh Manajer

Yah, sensi hehehe.

2. Siapkan jadwal

pen calendar to do checklist
Photo by Breakingpic on Pexels.com

Hayoo, ngaku siapa di antara kamu yang pernah telat masuk sekolah karena harus menjadwal di pagi hari? Tentunya hal ini ga asing bagi kamu yang langganan kekunci gerbang sekolah nih!

Nah, mulai sekarang yuk belajar menjadwal pelajaran di malam hari guys. Biarkan pagimu dimulai dengan senang tanpa terburu-buru karena takut terlambat. Kenapa? Tentunya agar segala buku pelajaran atau barang bawaan dapat dipastikan masuk ke dalam tas guys!

Mungkin tak harus malam guys, tetapi setelah kamu usai belajar atau mengerjakan tugas. Tak hanya supaya buku dan barang tidak ada yang tertinggal, melainkan agar kamu juga dapat memastikan adanya tugas atau ulangan di esok hari. Ga lucu dong, sudah telat buku ketinggalan juga! 

Yuk, hindari menata jadwal di pagi hari!

3. Pilihlah kursi di depan

man wearing gray dress shirt and blue jeans
Photo by fauxels on Pexels.com

Percaya ga percaya guys, pemilihan kursi juga berpengaruh terhadap efektivitas dalam menerima materi lho. Banyak juga mitos yang beredar, kalau duduk di belakang bakal lebih sering diganggu setan.

Mungkin hal tersebut tidak salah guys. Namun, lebih tepatnya apabila kita duduk di kursi belakang yang pastinya lebih jauh dari jarak pandang guru maka akan lebih banyak godaan untuk tidak mendengarkan guru guys!

Bisa dengan bermain game, tidur, sampai mengerjakan tugas di pelajaran selanjutnya. Hayoo siapa yang pernah begini?

Oleh karena itu, perlu banget guys duduk di depan agar kita bisa lebih jelas dalam menyerap materi maupun terhindar dari kantuk karena pasti diawasi oleh guru! Hehehe.

4. Dengarkan dan catat

young woman thinking with pen while working studying at her desk
Photo by Kaboompics .com on Pexels.com

Lanjutan dari poin ke-3 guys! Untuk menghindari kantuk yang pastinya menghambat efektivitas dalam menyerap materi, maka pastikan kamu mendengarkan penjelasan dari guru secara seksama dan mencatatnya guys.

Kenapa? Tentunya sama saja dengan siswa yang duduk di belakang, apabila kamu hanya mendengarkan saja terlebih di jam siang setelah pukul 12 dan dalam ruangan ber-Ac, aduduh dapat dipastikan tak sampai 10 menit kamu sudah sampai ke pulau mimpi guys!

Hitung-hitung kamu mencatat agar tidak diserang kantuk.

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Dalam 7 Hari!

5. Jangan menunda pekerjaan

adult book boring face
Photo by Pixabay on Pexels.com

Yap, seringkali kebanyakan siswa hobi banget menunda pekerjaan. Entah itu pekerjaan rumah maupun soal latihan yang harus dikumpulkan di jam tersebut. Haduh, tentunya hal ini bisa berakibat fatal guys. Kenapa? Bisa-bisa pekerjaan yang harusnya diselesaikan dalam sekali waktu harus tertumpuk berhari-hari hingga menjadi bukit. Tak lupa deadline yang terus mengejar, pasti membuat pusing kepala guys!

Oleh karena itu, apabila ada tugas atau pekerjaan yang harus diselesaikan hendaklah mengerjakan dengan segera agar tidak menumpuk ya!

6. Asupan nutrisi 

photo of vegetable salad in bowls
Photo by Ella Olsson on Pexels.com

Oke, setelah aktivitas super padat yang kamu lakukan, jangan lupa asupan nutrisi juga harus seimbang guys! Tak hanya belajar yang giat, tetapi nutrisi yang padat perlu untuk membantu menjaga kefokusan kamu.

Selain itu, tentunya kegiatan sekolah yang padat membuat tubuh kamu harus bekerja ekstra setelah terbiasa berleha-leha nih. Maka dari itu penting banget asupan yang seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh kamu ya!

Yes, di atas adalah beberapa tips belajar di sekolah buat kamu-kamu yang mungkin sudah melakukan pembelajaran di sekolah guys! Oh iya, jangan lupa yang ga kalah penting guys selalu menjaga kesehatan dan menjaga jarak di manapun kamu berada.

Tentunya, tetap patuhi protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah ya guys! Mulai dari penggunaan masker, jaga jarak dengan orang lain maupun hand sanitizer yang harus dibawa kemana juga sangat penting.

Stay safe dimanapun kamu berada!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Teknik Membaca Cepat dengan Skimming dan Scanning

Teknik Membaca Cepat – Hai guys, siapa nih di antara kamu yang tertarik untuk masuk …