Home Kedinasan Persiapan Tes dan 5 Tips Sukses Masuk STIS Dengan Mudah

Persiapan Tes dan 5 Tips Sukses Masuk STIS Dengan Mudah

Silahkan bantu klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya guys.. :)

Salah satu sekolah tinggi yang banyak digandrungi oleh calon-calon mahasiswa adalah STIS (Sekolah Tinggi Imu Statistik). Namun, perlu perjuangan dan proses yang tidak bisa diremehkan untuk masuk STIS. Ada serangkaian tes yang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Untuk itu, jika Anda berencana untuk masuk sekolah tinggi tersebut, beberapa tips sukses masuk STIS ini perlu jadi perhatian.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ketika ingin masuk dan lolos menjadi mahasiswa STIS, adalah perhatikan bagaimana persiapan Anda dalam mengikuti tes. Bukan hanya persiapan untuk tesnya saja, namun persiapan administrasi pun perlu diperhatikan.

Sebelum melakukan tes, persiapkan segala bentuk administrasi pendaftaran. Misalnya, mengisi daring secara online, menyiapkan berkas yang diperlukan saat pendaftaran, hingga menyiapkan biaya yang kemungkinan harus dikeluarkan ketika persiapan tes berlangsung. Ketika persiapan tersebut dilakukan dengan tepat, itu mencerminkan kegigihan Anda untuk masuk STIS.

Perhatikan Persiapan Tes Masuk STIS 2019 berikut!

Cari Informasi Lengkap Mengenai Tes! Hal yang seringkali jadi hambatan bahkan bersifat fatal adalah kurangnya informasi. Kekurangan informasi lengkap dan jelas perihal pendaftaran, tes, hingga hal-hal lainnya bisa membuat Anda malah kebingungan dan tidak siap. Untuk itu, tips sukses masuk STIS 2019 yang sangat penting dilakukan adalah mencari informasi masuk STIS secara detail. 

Pada dasarnya, untuk masuk STIS ada tiga tahapan atau tiga seleksi masuk. Beberapa tahapan-tahapan ini meliputi seleksi tes tulis, tes psikotes, dan tes kesehatan. Tahap yang pertama inilah yang harus jadi perhatian karena merupakan jalan awal Anda menuju gerbang STIS. Informasi seputar ini, perlu digali. Dari mulai jenis pelajaran apa yang akan diteskan, hingga bagaimana sistem penilaiannya.

Baca juga  Ini dia! Tips Rahasia Supaya Lolos dan Masuk Perguruan Tinggi STSN

Setelah Anda sudah mempersiapkan segala hal mengenai persiapan tes masuk STIS, mendapatkan informasi lengkap perihal tes, dan sudah siap untuk mengikuti tes, apa yang harus dilakukan? Tentu pelajari bagaiaman strategi dan cara menaklukkannya. Seperti dengan tips sukses masuk STIS berikut ini.

1. Atur Waktu Pengerjaan

Ketika menjalani tes, maka diharuskan untuk bisa memanajemen waktu dengan tepat. Efisiensi waktu sangat penting sekali diperhatikan. Anda harus siap untuk menghadapi soal-soal yang berat dengan waktu singkat. Sebaiknya, punya target waktu dan pengerjaan sebelum melakukan tes. 

Misalnya, untuk satu soal, waktu maksimal pengerjaan adalah 1-2 menit. Selesai atau tidak selesai jawaban, maka langsung lompati soal tersebut ke soal lain. Baru setelah ada sisa waktu, kembali kerjakan apa yang belum selesai

2. Hindari Menjawab Yang Memang Tidak Menguasai

Dalam sistem penilaian tes STIS ada pengurangan poin atau minus ketika Anda menjawab salah suatu soal. Tentunya, ketika Anda banyak menjawab soal dengan salah, malah akan mengurangi poin penilaian. Untuk itu, kerjakan soal yang memang sudah dikuasai. 

Tips sukses masuk STIS dengan nilai yang cukup memuaskan adalah ketika Anda menemukan soal dengan jawaban yang tidak meyakinkan, lebih baik tidak usah dijawab. Jawablah soal yang benar-benar Anda yakini kalau isinya memang tepat.

Tips Mengerjakan Soal Ujian STIS:

1. Pelajari Kumpulan Soal

Tips sukses masuk STIS ini adalah sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Soal yang disajikan untuk tes masuk STIS, seringkali berbeda dengan soal-soal yang Anda dapatkan baik ketika Ujian Nasional atau ujian-ujian di sekolah. Untuk itu, belajar ketika sekolah saja tidak cukup. Anda harus belajar lagi untuk mempersiapkan diri masuk ke STIS.

Baca juga  Tips Memilih Jurusan Di STIS Buat yang Mau Lulus SMA

Sebaiknya, beberapa waktu sebelum tes dimulai, pelajari soal-soal STIS pada tahun-tahun lalu. Jika memungkinkan, beli buku-buku kumpulan soal STIS yang seringkali ditawarkan oleh himpunan-himpunan mahasiswa STIS. Atau, bisa juga dengan mencari kumpulan soal yang ada di internet. Seperti mempelajari dan coba menyelesaikan soal-soal SBMPTN pun sangat membantu. Sebab, soal yang nantinya ada saat tes, tidak jauh berbeda dengan soal SBMPTN.

2. Rajin Berlatih

Selain mempelajari kumpulan  soal, setelah tahapan tes tulis selesai, akan ada tahap selanjutnya, yaitu psikotes. Tes ini berisi kumpulan tes berupa irama gambar, kepribadian, wartegg, menghitung, hingga tes logika. 

Untuk itu, tips sukses masuk STIS 2019 yang dilakukan adalah Anda harus terus melatih kemampuan Anda dengan konsisten dan kontinyu. Saat ini, banyak sekali tersedia buku-buku atau kumpulan psikotes seperti buku latihan tes tulis. Tes ini diperuntukan demi mengembangkan keseimbangan pikiran Anda. Agar tidak hanya mampu di bidang pengetahuan umum, juga pikiran dan akalnya pun luas serta kuat.

Tips Sukses Masuk Stis 2019 – Kunci Utama Menuju Sukses

Hadapi Dengan Tenang

Kebanyakan siswa yang akan mengikuti tes adalah seringkali merasa tertekan hingga stress. Padahal, itu sangat tidak perlu. Meskipun Anda sangat ingin masuk STIS, namun jika dihadapinya dengan stress malah akan menghancurkan segalanya. Sebaliknya, ketika menghadapi semuanya dengan tenang, Anda pun akan lebih fokus sehingga proses belajar hingga proses tes pun akan terlalui dengan lancar.

Selain tenang, pastikan juga usaha selaras dengan doa dan dukungan orang-orang terdekat. Bagaimana pun, dukungan dari orang lain cukup penting demi membangun kepercayaan diri untuk menghadapi serangkaian test yang akan dilalaui.

Nah, itulah beberapa tips sukses masuk STIS dan bagaimana persiapan tes masuk STIS yang mudah untuk dilakukan. Intinya, taklukan soal dengan rajin belajar dan berlatih, serta  jalani semuanya dengan tenang dan fokus. 

Baca juga  Cara Daftar Calon Taruna di STPN Yogyakarta
Join

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Rekomendasi Sekolah Kedinasan Cocok Untuk Wanita

Silahkan bantu klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya guys.. :) sekolah kedinasan coc…