6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia, Tertarik Masuk?

Sekolah Kedinasan TerbaikGuys, kamu pasti udah ga asing dong mendengar beberapa sekolah seperti Taruna Nusantara atau perguruan tinggi STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)? Tahu ga sih, terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan lho guys, antara sekolah di atas dengan sekolah yang biasanya kamu jumpai di setiap kotamu.

Selain mata pelajaran yang cukup berbeda, maka perbedaan lainnya berasal dari jenis sekolah tersebut guys. Jadi, sekolah-sekolah di atas termasuk ke dalam sekolah ikatan dinas. Apa tuh ikatan dinas? Secara sederhana, sekolah ikatan dinas adalah sebuah sekolah atau perguruan tinggi yang terikat oleh suatu lembaga atau dinas tertentu yang berfungsi sebagai penyelenggara dalam pendidikan guys.

sekolah kedinasan terbaik

Daftar Isi

6 Sekolah Kedinasan Terbaik di Indonesia, Tertarik Masuk?

Nah, kali  ini kamu engga salah artikel guys. Buat kamu-kamu yang masih bingung mau masuk perguruan tinggi mana, aku mau share tentang 10 sekolah ikatan dinas terbaik yang ada di Indonesia. Siapa tahu di antaranya ada yang menarik hatimu nih, buruan simak ulasannya di bawah ini ya guys!

1. STAN

Pertama, ada STAN atau kepanjangan dari Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. STAN bisa dikatakan sebagai salah satu sekolah dinas terbaik yang memiliki banyak banget peminat nih guys. Di samping itu, sekolah ini juga memiliki sistem penyaringan dan pembelajaran yang super ketat juga lho!

STAN sendiri telah dibangun sejak tahun 1952 guys dan menjadi sekolah kedinasan yang diawasi langsung oleh Kementerian Keuangan RI. STAN memiliki beberapa program studi untuk lulusan SMA, MA, dan SMK. Program ini terdiri dari jenjang untuk jurusan dimploma I dan diploma III.

Baca Juga:  Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

Beberapa jurusan yang ada di dalam STAN  antara lain : Diploma III dan IV Akuntansi, Diploma I dan III Pajak, Diploma III Pajak Bumi dan Bangunan, Diploma I dan III Kepabeanan dan Cukai, Diploma I dan III Kebendaharaan Negara, dan Diploma III Manajemen Aset.

Nah, dari jurusan di atas kamu bisa menarik kesimpulan kan kalau lulusa dari STAN akan bergelar diploma ya guys bukan sarjana. By the way, STAN juga memiliki kelebihan khusus nih. Apabila kamu jumpai beberapa sekolah ikatan dinas yang mengharuskan siswanya untuk masuk ke dalam asrama, maka STAN memberi kebebasan terhadap siswanya untuk tidak asrama.

2. STIN

Next, yang kedua adalah STIN atau Sekolah Tinggi Intelijen Negara. Sekolah ini terletak di Bogor, Jawa Barat guys dan diawasi langsung oleh Badan Intelijen Negara. Wuih, keren banget kan?

Nah guys, di STIN ini memiliki program pendidikan yang cukup keras dalam melatih mental. Para siswa di STIN dilatih untuk menjadi masyarakat yang patuh, ungguh, serta mampu menerapkan nilai-nilai sosial secara baik dan benar. Kamu akan dididik untuk menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu intelijen secara tepat.

Oh iya, di dalam STIN kamu juga akan mendapatkan fasilitas lebih dalam mengembangkan berbagai bakat maupun kemampuan dalam bidang seni sampai teknologi. Hal ini dapat kamu kolaborasikan dengan materi ilmu intelijen yang menjadi materi dasar di sekolah ini. 

Di dalam STIN hanya terdapat 2 program studi atau jurusan yaitu agen dan analisis guys. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa langsung mengunjungi laman website resmi STIN ya!

3. STSN

Yuk, lanjut! Sekolah kedinasan yang ketiga adalah STSN atau Sekolah Tinggi Sandi Negara. Oke, sekolah ini dikhususkan bagi kamu yang gemar berlama-lama di depan komputer, menyukai segala sesuatu berbau IT, sampai melakukan analisis terhadap sebuah data-data dan javascript.

Baca Juga:  Mengenal Tes Dalam SBMPTN dan Tips Mengerjakannya!

Jadi, STSN adalah sekolah kedinasan di bawah pengawasan Badan Siber dan Sandi Negara. Selama di STSN kamu akan mendapatkan gelar diploma IV selama 4 tahun guys. Di sini kamu akan dididik untuk menjadi seorang pengaman sandi negara dengan beberapa bidang jurusan. 

Pertama, yaitu program studi D-IV Manajemen Persandian dan program studi D-IV Teknik Persandian. Di dalam teknik persandian, biasanya dibagi menjadi 2 jurusan lagi yakni teknik rancang bangun peralatan sandi dan teknik kripto. Biasanya pembagian peminatan ini dilakukan pada semester 3.

Oh iya, STSN juga menerapkan penyaringan mahasiswa yang terhitung ketat guys. STSN menerapkan sistem gugur bagi setiap kamu yang hendak masuk sini! 

4. AKMIL

Tentu kamu udah ga asing dong? AKMIL sendiri berada di Kota Magelang, Jawa Tengah guys. Di sini kamu akan dilatih menjadi seorang perwira TNI dengan gelar Sarjana Terapan Pertahanan atau S.ST.Han. Lulusan AKMIL akan menjadi perwira pertama dengan pangkatn Letnan Dua.

Pendidikan ini dilaksanakan selama 4 tahun dengan tahun pertama yang dilaksanakan dengan beberapa taruna dari AAL, AAU, dan AKPOL. Berikut terdapat beberapa program studi di AKMIL :

Pertama, terdapat Manajemen Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Sipil Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, dan Administrasi Pertahanan. Semua jurusan ini termasuk ke dalam program D-IV.

6. STIS

Nah, selanjutnya ada STIS atau Sekolah Tinggi Ilmu Statisk. Untuk kamu yang gemar dengan data-data dalam komputer, matematika, atau kamu sudah mengetahui tentang static dan tertarik untuk mendalaminya maka STIS bisa menjadi salah satu pilihan kamu nih.

STIS termasuk ke dalam salah satu sekolah kedinasan tertua di Indonesia. Didirikan pada tahun 1958, STIS sudah menerbitkan banyak ahli statistic di Indonesia. Bahkan STIS sendiri diawasi langsung oleh Badan Pusat Statistik Indonesia. 

Baca Juga:  Gimana Sih Rasanya Belajar di Bangku Kuliah? Yuk, Baca Di Sini!

STIS memiliki beberapa program studi seperti, jurusan D-IV untuk statistika yang terdiri dari ilmu sosial kependudukan dan ekonomi serta jurusan D-IV Komputasi Statistik. Beban SKS yang diberikan untung masing-masing siswa statistika adalah 140-160 SKS.

STIS menyediakan peminatan untuk analisis ekonomi, analisis data statistic kependudukan, demografi, dan statistic sosial. Ini khusus bagi kamu yang memilih jurusan ilmu sosial dan ekonomi. Sementara itu, apabila kamu mengambil jurusan  komputasi statistic maka, ilmu peminatan yang disediakan adalah analisis data, pembuatan program, dan penyusunan informasi statistic.

6. AKPOL

Sekolah kedinasan yang satu ini memiliki pusat yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. AKPOL atau Akademi Kepolisian adalah sebuha lembaga tinggi yang dikhususkan untuk melahirkan berbagai perwira POLRI. 

FYI, pendidikan AKPOL dilaksanakan selama 4 tahun dan apabila kamu lulus akan langsung mendapatkan gelar Ipda atau Inspektur Polisi Dua dan STK atau Sarjana Terapan Kepolisian. 

Untuk masuk ke AKPOL terdapat seleksi yang cukup ketat. Kamu harus lulus dalam mengikuti beberapa tes seperti tes fisik, tes akademis, tes psikologi, tes kesehatan, dan yang paling penting adalah tes kenegaraan. Untuk info yang lebih lanjutnya, kamu bisa mengunjungi laman resmi akpol.ac.id

Nah, di atas adalah beberapa sekolah kedinasan terbaik di Indonesia. Sebetulnya masih ada beberapa sekolah terbaik lainnya. Oleh karena itu, jangan sampai kelewatan dan tetap tunggu kelanjutan sekolah kedinasan terbaik di Indonesia part 2 ya! 

Selalu semangat!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *