Categories: Kuliah

7 Tips Agar Cepat Akrab dengan Teman Kost

Share

Kamu ingin sekali merantau tapi takut tidak punya teman? Atau kamu masih bingung, bagaimana sih cara agar cepat akrab dengan teman yang baru kita kenal? Apalagi jika itu adalah teman atau tetangga kost kita.

Hidup di tanah perantauan mengharuskan kita untuk cepat beradaptasi dan juga cepat mengakrabkan diri dengan lingkungan sekitar. Baik itu sesama teman kost, maupun dengan tetangga yang ada di wilayah sekitar kost kamu.

Ketika kamu merantau pasti akan mempunyai suatu teman yang bisa dibilang adalah teman kostmu, atau bahkan bisa juga teman kamu itu lebih tua dari kamu. Manusia sebagai makhluk sosial pasti akan selalu membutuhkan kehadiran orang lain untuk membantu kita dalam kelangsungan hidup.

Apalagi kamu yang sedang dalam perantauan, sosok teman akan menjadi hal yang berarti bagi hidup kamu di tanah perantauan. Nah, berikut adalah 7 tips agar cepat akrab dengan teman kost kalian. So, mari simak artikelnya berikut ini dengan baik ya!

Tips Agar Cepat Akrab dengan Teman Kost

Photo by KoolShooters on Pexels.com

1. Janganlah kamu pelit untuk menyapa duluan

Jika kamu baru saja menempati tempat tinggalmu saat ini. Jangan sekali-kali untuk membiasakan diri untuk disapa duluan. Jauhkan hal ini dari diri kamu segera. Jangan pernah sekali-kali pelit untuk menyapa teman kost duluan.

Mungkin di sebagian anak kost yang lama menghuni disana akan berpikir bahwa sebagai anak lama yang tinggal di tempat kost tersebut, haruslah dihormati. Ya, walaupun itu sifat yang tak baik, tapi apa salahnya kita untuk selalu menyapa duluan teman-teman kost kamu yang kamu jumpai.

Terkadang melakukan sapaan terlebih dahulu merupakan hal yang paling sulit bagi sebagian orang. Jika kamu mengalami hal yang sama, coba perlahan-lahan kamu ubah sifat itu. Memberikan sapaan bisa dalam berbagai bentuk.

Misalnya memanggil mas atau mbak atau juga bisa kak, memberikan senyuman, meminta untuk berkenalan, dan masih banyak lagi hal-hal yang bisa dilakukan. Ada banyak keuntungan jika kita menyapa teman kost terlebih dahulu. Selain agar kita tidak dicap sombong oleh mereka, kita juga bisa lebih mudah diterima oleh mereka karena tingkah laku kita yang terbuka.

2. Ikut gabung, jangan bikin tidak nyambung

Bagi kamu yang baru saja pindahan atau baru saja menempati tempat kost kamu yang baru, pasti kamu ingin sekali cepat akrab dengan orang-orang yang ada di sekitar kamu. Cobalah untuk ikut gabung bersama mereka.

Walaupun kamu masih belum akrab dengan mereka, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Dan biasanya, waktu yang sering mereka gunakan untuk berkumpul adalah pada malam hari. So, jangan terus menerus di kamar. Coba sekali-kali keluar dan ikut nimbrung bersama mereka.

Semakin sering kamu ikutan kumpul bersama teman-teman kost kamu, akan membuat kamu sedikit lebih peka dan cepat memahami sifat dan karakter di setiap penghuni kost di tempat kamu. Semakin kamu mengetahui karakter mereka, kamu jadi lebih mudah untuk menempatkan diri dan bisa mengatur bagaimana cara kamu bersikap kepada sesama penghuni kost lainnya.

3. Bersikap ramah akan membuat orang di sekitarmu betah

Sulit sekali untuk mencari orang yang sangat ramah pada masa saat ini, perbandingannya adalah 1:1000. Orang yang ramah selalu akan disukai oleh banyak orang, baik itu keluarga, teman, maupun orang yang tidak kamu kenal sekalipun.

Menjadi orang yang ramah akan membuatmu disukai banyak orang. Dan untuk kamu sebagai orang baru di kostan yang ingin membangun hubungan baik dengan sesama penghuni kost lainnya, alangkah baiknya untuk bersikap ramah kepada mereka

Tidak perlu hal besar yang harus kalian tunjukan, cukup hal-hal kecil terkadang bisa membuat orang akan tertarik kepadamu dan orang tersebut akan memperlakukanmu hal yang sama seperti apa yang kamu lakukan kepada mereka.

Lakukanlah hal seperti bertanya ketika mereka baru pulang seperti “Baru pulang kak?” atau juga bisa “Mau nitip sesuatu, kak? Aku mau keluar”. Ya, hal kecil tersebut biasanya akan membuat orang itu akan suka kepadamu dan itu merupakan cara ampuh untuk cepat akrab dengan teman kost lainnya.

4. Ngobrol asik tanpa bikin berisik

Hal yang sering kita lakukan setiap hari adalah mengobrol dengan sesama manusia. Nah, bagi kamu yang baru saja menempati tempat tinggal yang baru, kamu pastilah memiliki banyak sekali pertanyaan yang ingin kamu tanyakan kepada penghuni kost lainnya.

Baik itu tentang bagaimana keadaan di kost ini, apa peraturannya, dan masih banyak lagi. Sebagai saran, berikanlah kesan pertama yang baik dari kamu kepada penghuni kost lainnya dengan bertutur kata yang manis.

Coba cari obrolan yang ringan-ringan saja agar kamu lebih cepat akrab dengan mereka. Misalnya, tentang makanan enak di sini dimana, minta rekomendasi mereka, atau bisa juga menanyakan kegiatan yang dilakukan oleh lawan obrol kamu.

Dengan melakukan obrolan ringan tersebut, dapat menimbulkan percakapan yang searah maupun dua arah, sehingga kamu akan lebih cepat akrab dengan lawan obrol kamu di kost.

5. Bawakan makanan ringan buat jadi teman nongkrong di kostan

Sebagai sesama manusia, tidak ada salahnya untuk berbagi sedikit apa yang kita punya kepada orang lain. Bisa juga kamu lakukan ketika kamu lagi nongkrong dengan teman kost lainnya.

Mengeluarkan sedikit uang yang kita punya untuk membeli makanan ringan seperti gorengan atau snack yang bisa menjadi teman yang asik untuk nongkrong bersama penghuni kost lainnya.

Membuat orang lain bahagia terkadang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi kita lho. So, mulailah ajak mereka untuk nongkrong dan hidangkan mereka sesuatu. Jangan jadi orang pelit ya. Orang pelit kuburannya sempit lho!

6. Ikuti aturan yang sudah ada tanpa banyak berkata lagi

Biasanya sebelum kita masuk ke dalam kost, kita akan terlebih dahulu diberitahu oleh ibu atau bapak kost tentang aturan-aturan yang tidak boleh kamu langgar ketika kamu berada di dalam lingkungan kost.

Baik mengenai jam malam atau larangan tentang tidak boleh membawa teman menginap, dan mungkin masih banyak lagi aturan yang harus kalian patuhi.

Nah, alangkah baiknya kita patuhi saja aturan itu tanpa perlu banyak alasan. Demi menghindari percekcokan antar sesama penghuni kost, atau hal yang tidak mengenakkan lainnya.

Apalagi kamu sebagai anak baru yang menghuni tempat kost tersebut, kamu harus berhati-hati dalam melakukan tindakan. Agar tidak menimbulkan masalah baru dalam kehidupanmu. So, jaga ketentraman antar penghuni kost ya!

7. Ajak nongkrong di luar

Bagi kamu yang suka nongkrong, hal ini mungkin bisa menjadi jembatan yang baik untuk membangun tali silaturahmi antar sesama penghuni kost. Terkadang obrolan anak tongkrongan bisa lebih mendekatkan kalian dan juga bisa menjadi akrab.

Tapi perlu diingat, jangan terlalu sering juga karena kita tidaklah tahu kondisi finansialnya bagaimana. Selain itu, kita juga harus pandai mengatur waktu. So, jangan ragu lagi, ajak mereka untuk nongkrong di luar ya!

Nah, bagaimana tips yang diatas? Mudah bukan untuk diterapkan? Jangan lupa bagikan tips ini kepada teman-temanmu terutama yang masih baru ngekost ya. Semoga bermanfaat.

This post was last modified on Maret 20, 2021 4:36 pm

Mirna Rahmasari

Intorvert girl who loves to write and read. Doesn't wanna be somebody, just wanna be her self.

Leave a Comment
Published by
Mirna Rahmasari

Recent Posts

Rangkuman Materi Bahasa Inggris Kelas 8 K13 Revisi Lengkap!

Berikut rangkuman materi Bahasa Inggris kelas 8, rangkuman materi ini disusun dan dirangkum dari buku paket BSE… Read More

Mei 11, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Bab 5 I’m So Happy for You

Halo teman-teman, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semua sehat dan bahagia ya! Ngomong-ngomong soal bahagia,… Read More

Mei 11, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Bab 4 Come to My Birthday, Please!

Siapa sih yang tidak senang jika diundang pesta ulang tahun? Pasti semua senang ya, karena… Read More

Mei 11, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Bab 3 We know what to do

Jumpa lagi teman-teman, semoga sehat dan bahagia selalu ya! Mau tanya nih teman-teman, pasti pernah… Read More

Mei 11, 2021

Materi Bahasa Inggris Kelas 8 Bab 2 We can do it, and we will do it

Hallo teman-teman. Jumpa lagi ya! Sehat-sehat semua ya hari ini? Yuk kita lanjutkan pembelajaran bahasa… Read More

Mei 11, 2021

10 Tips Kuliah Jurusan Elektro yang Wajib Banget Kamu Ketahui Sebagai Mahasiswa Baru!

Jurusan elektro menjadi salah satu major paling laris manis hampir di setiap universitas. Jurusan satu… Read More

Mei 11, 2021