10 Jawaban Setelah Lulus Sarjana Mau Ngapain

Dalam hidup manusia pasti akan mendapatkan pertanyaan. Dulu saat kamu masih sekolah, pasti dapat pertanyaan ‘mau kuliah dimana?’. Lalu setelah masuk kuliah dan menjalani pertanyaan ‘kapan lulus?’ hingga pertanyaan ‘habis lulus mau ngapain?’.

Mungkin sedikit mengesalkan bagi beberapa orang. Bagi kamu yang baru saja lulus dari kuliah dan mendapatkan pertanyaan ini, kamu bisa menyimak artikel berikut ini yang mungkin bisa kamu jadikan referensi sebagai jawaban.

Setelah Lulus Sarjana Mau Ngapain? 

photography of people graduating
Photo by Emily Ranquist on Pexels.com

1. Belum punya rencana

Jawaban ini mungkin terdengar seperti jawaban yang buruk. Karena pada dasarnya seharusnya seorang mahasiswa yang sudah mau lulus punya rencana ke depannya mau bagaimana dan mau ngapain. Namun, pada realitanya, jawaban ini juga merupakan jawaban yang jujur bagi kamu yang memang belum punya rencana apapun.

Jangan jadikan jawaban ini sebagai jawaban yang menjadi beban. Karena kamu pasti tahu kapan kamu akan bangkit dan bergerak maju sehingga punya rencana untuk masa depanmu.

2. Travelling

Bagi kamu yang ingin liburan sejenak setelah lulus kuliah, travelling menjadi salah satu pilihan yang baik untuk menjawab setelah lulus sarjana mau ngapain. Selama kamu punya biaya, kamu bisa merencanakan untuk travelling keliling negeri maupun ke luar negeri.

Kamu bisa mengabadikannya lewat video, foto, atau tulisan yang mungkin bisa menghasilkan pundi-pundi uang melalui blog, Youtube, dan Instagram.

Baca Juga:  5 Alasan Mahasiswa di D.O dari Kampus

3. Mengikuti pelatihan atau kegiatan

Setelah lulus kuliah, kamu juga bisa mengikuti pelatihan atau kegiatan tertentu. Tujuannya untuk semakin mengasah kemampuanmu dan mengisi waktu luang. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa, kursus kemampuan coding, mengikuti kegiatan sukarelawan, dan masih banyak lagi.

4. Mencari pekerjaan yang sesuai jurusan

Bagi kamu yang ingin bekerja sesuai dengan jurusan, mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk menemukan pekerjaan yang cocok dan sesuai. Tidak apa-apa walaupun membutuhkan waktu. Kamu bisa mengisinya dengan kegiatan lainnya sambil mencari pekerjaan yang sesuai.

5. Bekerja

Bekerja adalah salah satu jawaban yang umumnya diberikan oleh para lulusan sarjana kepada penanya yang bertanya habis lulus kuliah mau ngapain. Kamu bisa memberikan jawaban tersebut sebagai rencana ke depan atau ketika sudah mendekati untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

Dengan bantuan teknologi zaman sekarang, mencari pekerjaan bisa lewat berbagai cara dan media. Sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan terbuka lebar.

6. Mengembangkan usaha atau bisnis sendiri

Salah satu pilihan lain bagi yang ingin bekerja tapi di bidang yang diinginkan dan atas kemauan sendiri adalah dengan mengembangkan usaha atau bisnis sendiri. Setelah lulus sarjana, kamu mungkin sudah mempunyai bekal untuk mengembangkan usaha yang kamu dapatkan ilmunya selama kuliah.

Tidak menutup kemungkinan juga kamu terus belajar tentang bisnis setelah lulus kuliah. Ini juga salah satu jawaban yang keren saat kamu ditanya habis lulus mau ngapain. Tapi jangan asal dijawab ya, tapi kembangkan usaha dan bisnis dengan sungguh-sungguh agar membuahkan hasil yang baik.

7. Melanjutkan pendidikan S2

Jawaban ini cocok bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi. Kalau orang bertanya kamu akan kuliah di mana, kamu bisa memberikan jawaban rencana kuliahmu di kampus mana, negara mana, dan mengambil jurusan apa.

Baca Juga:  7 Tips Bagi Lulusan Fresh Graduate Agar Tidak Menganggur

8. Mencari beasiswa ke luar negeri

Jawaban ini juga berkaitan dengan kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S2. Kamu bisa mencari beasiswa di luar negeri yang pada umumnya buka di bulan-bulan tertentu. Tentunya kamu harus menyiapkan berkas-berkas dan persiapan yang matang ya.

9. Mengikuti tes CPNS

Jika kamu ditanya lagi oleh orang-orang ‘lulus sarjana mau jadi apa?’ jawab saja bahwa kamu bercita-cita untuk menjadi pegawai negeri atau PNS. Kamu bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti tes CPNS yang biasanya diadakan setahun sekali.

10. Menikah

Jawaban ini cocok bagi kamu yang memang sudah siap secara lahir dan batin serta mempunyai pasangan. Bagi kamu yang ingin menikah tapi belum punya pasangan juga tidak apa-apa menjawabnya dengan jawaban ini. Kamu bisa minta untuk dijodohkan atau menunggu. Pastinya jangan lupa untuk berdo’a dan berusaha memperbaiki diri agar segera mendapatkan pasangan ya.

Itulah sepuluh jawaban yang bisa kamu berikan jika ada yang bertanya habis lulus sarjana mau ngapain. Jangan galau dan terus bersemangat ya. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat.  

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Manfaat Menjadi Anggota BEM Saat Kuliah

BEM merupakan salah satu organisasi yang diminati oleh mahasiswa yang ingin bergabung deng…