10 Alasan Masuk BEM Saat Kuliah

Saat kamu SMA, mungkin sudah tahu bahwa saat di perkuliahan ada organisasi yang bernama BEM di kampus. BEM merupakan singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa. BEM di SMA itu hampir mirip seperti OSIS.

BEM ini sangat diminati oleh para mahasiswa yang ingin masuk ke jajaran organisasi di kampus. BEM bisa menjadi wadah baru bagi kamu yang ingin meningkatkan kemampuan organisasi dan bertemu dengan orang baru. Ada banyak alasan mengapa mahasiswa masuk BEM saat kuliah. Berikut ini rangkuman sepuluh alasan masuk BEM saat kuliah.

group of people sitting indoors
Photo by fauxels on Pexels.com

10 Alasan Masuk BEM Saat Kuliah 

1. Bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan

Bagi kamu yang haus akan wawasan dan pengetahuan, BEM merupakah salah satu wadah yang baik di kampus untuk menyalurkan aspirasi semua mahasiswa baik tingkat fakultas maupun tingkat kampus. Disinilah kamu bisa mendapatkan banyak wawasan dan pengetahuan.

Hal ini menjadi salah satu alasan penting mengapa banyak mahasiswa ingin ikut BEM saat kuliah karena mereka merasa pengetahuan yang mereka dapatkan masih kurang. Sehingga mahasiswa ingin meningkatkan lagi wawasan dan pengetahuannya dengan ikut BEM.

2. Ingin belajar kerja sama tim

Dalam BEM, pada umumnya kamu akan bergabung dalam Departemen atau Kementerian tertentu. Kamu akan berlatih untuk membentuk tim yang baik. Selain itu, BEM juga sering mengadakan event, kamu juga bertemu dengan orang baru dalam tim yang baru. Dengan ini, kamu bisa belajar mengenai kerja sama tim. Hal inilah yang pada umumnya digunakan sebagai pertimbangan mahasiswa untuk masuk BEM saat kuliah.

3. Menambah pengalaman

Alasan ini adalah alasan yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa saat mereka mendapatkan pertanyaan alasan apa yang menjadikan mereka ingin masuk BEM. Pengalaman yang akan didapatkan saat masuk BEM banyak seskali. Mulai dari pengalaman kepemimpinan, komunikasi, merencanakan dan melaksanakan sebuah acara dan masih banyak lagi. Pengalaman berharga inilah yang menjadi alasan mahasiswa masuk BEM di kampus.

Baca Juga:  Jurusan Sepi Peminat dan Unik, Mungkin Cocok Denganmu!

4. Memperluas jaringan

Saat kamu masuk BEM, kamu akan mendapat kenalan dari teman satu angkatan, adik tingkat, bahkan kakak tingkat. Tidak hanya yang sama jurusan saja, tetapi juga beda jurusan. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan relasi dari luar kampus. Inilah salah satu alasan mengapa mahasiswa masuk BEM.

5. Ingin meningkatkan percaya diri

Beberapa mahasiswa pasti punya rasa percaya diri yang tinggi dan komunikasi yang baik. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa mereka ingin masuk BEM. Walaupun bagi kamu yang masih kurang percaya diri, masuk BEM juga bisa meningkatkan rasa percaya dirimu lho.

6. Belajar mengatur waktu antara kuliah dan tugas di BEM

Banyak mahasiswa yang berpikir bahwa mempunyai kegiatan yang banyak akan bingung mengatur waktunya. Tapi ada juga mahasiswa yang malah lebih suka sibuk agar bisa lebih disiplin dan bisa membagi waktu dengan baik.

Salah satu alasan mengapa mahasiswa masuk BEM adalah untuk bisa belajar mengatur waktu antara kuliah dan tugas di BEM. Kamu yang sibuk kadang bisa lebih disiplin dan menghargai waktu. Keseimbangan antara kuliah, tugas di BEM, dan tentunya menjaga kesehatan.

7. BEM bisa menjadi ladang bisnis

Bagi kamu yang kreatif dan aktif serta ingin mengembangkan sayap di bidang bisnis dan usaha, mungkin masuk BEM bisa menjadi salah satu alasan yang tepat. Terutama bagi kamu yang kenal dengan banyak perusahaan, vendor, pemilik usaha, dan masih banyak lagi. Dengan menjadi perantara, kamu bisa menghasilkan pendapatan yang bisa menambah untuk uang jajan.

8. Bisa meraih popularitas

Banyak mahasiswa yang ingin masuk BEM karena merasa punya tingkat pergaulan yang luas. Hal ini cocok bagi kamu yang ingin meraih popularitas. Kamu bisa menjadi lebih populer baik di adik tingkat, teman seangkatan, bahkan kakak tingkat. Popularitas ini bisa menjadi keunggulan bagi diri kamu.

Baca Juga:  9 Fakta Jurusan Ilmu Perpustakaan yang Jarang Diketahui! Dijamin Lebih dari Ekspetasimu Guys!

9. Bisa menjadi bahan portofolio

Saat melamar pekerjaan, kamu yang aktif berorganisasi bisa menjadi nilai tambah bagi dirimu. HRD pada umumnya akan lebih mempertimbangkan orang yang aktif berorganisasi karena punya pengalaman dan kemampuan kepemimpinan yang tinggi.

10. Bisa kenalan dengan si dia

Ini nih yang mungkin menjadi alasan utama bagi seseorang yang ingin banget masuk BEM, apalagi kalau bukan karena ingin kenal lebih dekat dengan si dia. Walaupun alasannya begitu, tapi tetap ingat tanggung jawab terhadap tugas BEM yang harus kamu kerjakan ya.

Itulah sepuluh alasan mahasiswa masuk BEM. Kalau kamu yang mana? Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…