Sekolah Pariwisata di Indonesia! Kira-kira Belajar Apa Aja Sih?

Sekolah Pariwisata – Hai guys! Ada ga nih di antara kamu yang ingin masuk jurusan pariwisata? Tau ga sih, kalau Indonesia sebagai negara yang memiliki berbagai macam panorama alam ini memang menjadi salah satu daya tarik para turis untuk berkunjung atau tinggal lho.

Sehingga sudah menjadi rahasia umum apabila jurusan pariwisata berdiri sebagai garda depan dalam mengolah keindahan alam ini. Namun, masih ada banyak orang yang salah kaprah lho dengan jurusan ini.

Salah satunya orang tua guys. Banyak yang merasa gagal paham dengan sistem pembelajaran sampai materi yang diajarkan di jurusan pariwisata. Padahal pariwisata merupakan aspek yang ga akan pernah mati sampai kapanpun lho!

Oleh karena itu, kali ini penulis mau membagikan sedikit info mengenai jurusan pariwisata, mulai dari materi yang diajarkan, prospek pekerjaan, sampai fakta unik jurusan pariwisata. So, cek it out ulasan di bawah ini ya!

Sekolah Pariwisata
Photo by Ryutaro Tsukata on Pexels.com

Apa sih Jurusan Pariwisata itu?


Kalau kamu sering denger sebutan hospitality, itu berarti kamu udah ga asing lagi nih dengan jurusan satu ini. Hospitality bukan berarti kamu bekerja di rumah sakit ya, melainkan tempat-tempat public seperti hotel maupun wahana pariwisata. Jurusan pariwisata sendiri biasanya tergabung dengan perhotelan. 

Ada banyak orang tua yang suka misunderstanding dengan jurusan pariwisata guys. Sering dong kalian mendengar, ‘masuk jurusan pariwisata kerja di mana nantinya?” atau “Jurusan pariwisata kerjanya di biro wisata aja ya?” dan masih banyak anggapan lain. Padahal kamu tahu ga sih, kalau jurusan pariwisata memiliki prospek yang luas di Indonesia. 

Kamu bisa bekerja di manajemen hotel ternama, kapal pesiar, bahkan di Kementerian pariwisata juga lho. Sehingga jurusan pariwisata ini bisa dibilang sebagai salah satu bidang yang ga akan pernah mati sampai kapanpun. Tentunya kamu tahu sendiri dong, bahwa rekreasi menjadi salah satu kebutuhan manusia. 

Oh iya, jurusan pariwisata juga memiliki kurikulum sama dengan jurusan pada umumnya kok. Terdapat mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Selain itu, kamu juga bisa menjumpai berbagai jurusan pariwisata baik di perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. 

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 1

Belajar Apa Aja sih di Jurusan Pariwisata?


1. Biro perjalanan

Memang tidak bisa dipungkiri nih guys kalau jurusan pariwisata akan sering banget berurusan dengan perjalanan dan destinasi wisata. Sehingga salah satu mata kuliah yang akan kamu temui pastinya mengenai biro perjalanan. Mulai dari tata manajemen di biro perjalanan sampai etika apa aja sih yang harus ada dalam sebuah biro perjalanan. 

2. Food and Beverage

Yap, pastinya kamu engga asing dong dengan sebutan satu ini. Apalagi kalau mendatangi berbagai hotel dan restaurant. Ternyata food beverage ini juga tergabung ke dalam mata kuliah di perhotelan dan pariwisata guys. Memang tidak terkhusus seperti sekolah masak atau khusus chef ya, tetapi paling tidak kamu harus memiliki dasar dalam food and beverage guys

Mata kuliah ini termasuk paling banyak diminati oleh mahasiswa jurusan pariwisata. Hal ini dikarenakan kamu akan belajar memasak berbagai makanan, mulai dari makanan barat, asia, sampai khas Indonesia. 

3. House keeping

Eits, jangan remehin mata kuliah ini dulu guys. Ternyata untuk menata dan membersihkan kamar dan ruangan di hotel itu ga sembarangan lho. Ada berbagai cara dan metode yang digunakan. Hal ini bertujuan agar kegiatan membersihkan dilakukan secara cepat dengan hasil yang maksimal guys

Oh iya, dalam house keeping pun juga ada etika yang digunakan guys. jadi, kegiatan house keeping ini ga asal-asalan seperti halnya membersihkan kamar tidur biasa.

4. Bahasa

Yap, paling tidak seorang dari jurusan pariwisata harus menguasai 2 bahasa atau lebih. Hal ini sangat berguna khususnya ketika kamu ingin bekerja di sebuah hotel, restoran, sampai kapal pesiar internasional. Hal ini tidak lain bertujan untuk mempermudah komunikasi antara tamu bahkan dengan rekan kerja sekalipun. 

Baca Juga:  Tips Menguasai Materi Pelajaran Dengan Teknik 20 Jam

Fakta Unik Sekolah Pariwisata


Selain mengetahui apa aja sih yang dipelajari di jurusan pariwisata, penulis juga ingin membagikan sedikit fakta yang mungkin sering dimengerti oleh para pelajar nih. Bisa juga beberapa “mitos” yang sering beredar dari mulut ke mulut mengenai jurusan pariwisata. Simak ulasan berikut ya!

1. Jurusan pariwisata, kerjaannya jalan-jalan terus ya?

Fakta pertama, banyak banget orang  yang sering beranggapan bahwa jurusan pariwisata hanya jalan-jalan saja. Eits, jangan salah guys. Di jurusan pariwisata, kamu akan mempelajari berbagai hal secara kompleks lho. bahkan besar kemungkinan kamu akan bekerja di tempat-tempat wisata daripada berjalan-jalan saja. 

Kamu juga bisa menjadi supervisor di suatu hotel, manager di restoran, sampai membangun biro pariwisata independen. Nyatanya hampir semua aspek yang berkaitan dengan destinasi wisata bisa menjadi prospek pekerjaan bagi jurusan pariwisata. 

2. Jurusan pariwisata harus cantik?

Fakta kedua, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa jurusan pariwisata harus cantik. First of all, penulis mau bilang kalau kalian semua cantik kecuali yang berkelamin pria. Sehingga, kata cantik ini kurang tepat guys. Lebih tepatnya ialah berpenampilan sopan dan rapi. Kalau ini benar. 

Sebagai salah satu jurusan yang memiliki prospek untuk bekerja di lapangan langsung, maka kamu akan diminta untuk memperhatikan penampilan. Mulai dari pakaian yang digunakan sampai kerapian rambut kamu. Hal ini tidak lain agar tamu sampai klien dari perusahaan merasa nyaman ketika bertemu. 

3. Kata orang, “Sekolah Pariwisata Mudah!”

Eits, engga juga kok. Bisa dibilang sekolah pariwisata ini tidak mudah juga tidak sulit sekali. Berada di level tengah-tengah guys. Kamu ga akan diminta mengerjakan berbagai soal hitungan dengan rumus rumit, tetapi tidak bisa diremehkan juga. Biasanya kamu akan lebih menerima banyak materi tentang skill, attitude, sampai perhitungan sederhana dalam manajemen. 

Baca Juga:  Serba-Serbi Jurusan DKV sampai 4 Prospek Lulusan DKV! Kamu Kelas 12 Wajib Baca nih!

Universitas dan sekolah pariwisata terbaik di Indonesia


Yup, kalau tadi kamu sudah mengetahui beberapa fakta yang sering didengar tentang jurusan pariwisata sampai mata kuliah yang umumnya hadir di jurusan, maka kini kamu juga harus tahu nih beberapa universitas negeri maupun swasta sampai sekolah khusus pariwisata terbaik di Indonesia. 

1. STP Bali

Pertama ada Sekolah Tinggi Pariwisata Bali. Sebagai primadona wisata di Indonesia, Bali memang menjadi tempat paling tepat untuk menimba ilmu pariwisata. Berdasarkan curhatan kaka kelas penulis yang bersekolah di STP Bali, beliau berkata bahwa STP Bali adalah tempat terbaik kalau mau belajar pariwisata.

Setiap semesternya, beliau terkadang diberi tugas oleh dosen untuk mewawancarai wisatawan di Bali. Khususnya para turis asing untuk menganalisis sekaligus memperlancar bahasa asing. 

2. STP Bandung

Ternyata ga hanya ada di Bali aja guys, Bandung juga memiliki STP yang memiliki kualitas oke lho. STP ini bahkan bernaung di bawah Kementerian Pariwisata langsung, so cocok banget buat kamu pelajar di Jawa Barat atau sekitarnya yang ingin masuk ke jurusan pariwisata. 

Fakultas dan jurusannya pun dibedakan menjadi khusus perhotelan atau hospitality, kepariwisataan, sampai perjalanan. 

3. Universitas Indonesia

Ketiga, ada Universitas Indonesia. Sebagai salah satu Universitas terbaik di Indonesia, kampus yang kerap di sapa UI ini memang memiliki beragam jurusan dan fakultas terbaik di Indonesia. Salah satunya ialah jurusan pariwisata. UI juga bekerja sama dengan berbagai perusahaan pariwisata dan perjalanan baik di tingkat nasional sampai internasional lho guys. 

Nah, di atas ialah beberapa hal mengenai jurusan pariwisata yang wajib kam tahu nih guys. Oh iya, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar jurusan pariwisata jangan sungkan untuk bertanya di kolom komentar ya guys!

Semoga kamu diterima di kampus impianmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …