4 Alasan Akreditasi Perguruan Tinggi Penting Bagi Mahasiswa

Bagi calon mahasiswa, akreditasi perguruan tinggi adalah salah satu poin penting untuk memilih suatu perguruan tinggi. Akreditasi perguruan tinggi sangat penting bagi mahasiswa karena terkait dengan kualitas dan mutu suatu perguruan tinggi.

Selain itu, tidak hanya perguruan tinggi saja yang mempunyai akreditasi, tetapi program studi/prodi juga mempunyai akreditasi. Di Indonesia, lembaga pendidikan yang berwenang untuk melakukan penilaian akreditasi adalah BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Selain karena terkait kualitas dan mutu, sebenarnya apa saja alasan akreditasi perguruan tinggi penting bagi mahasiswa? Yuk simak informasi berikut!

4 Alasan Akreditasi Perguruan Tinggi Penting Bagi Mahasiswa

1. Akreditasi mencerminkan kualitas pendidikan

Akreditasi perguruan tinggi dan juga program studi yang diberikan oleh pemerintah didasarkan pada penilaian dalam berbagai aspek yang menyangkut dengan pendidikan. Tentu saja, perguruan tinggi yang mempunyai akreditasi yang baik akan mencerminkan mutu dan kualitas yang baik.

Pada umumnya, calon mahasiswa akan mengejar dan berusaha untuk masuk ke perguruan tinggi dengan akreditasi A. Hal ini dikarenakan perguruan tinggi yang terakreditasi sudah pasti memiliki kualitas pendidikan yang baik dalam berbagai aspek. Mulai dari proses belajar dan mengajar, kualitas pengajar, tenaga kependidikan, sistem pendidikan, dan masih banyak lagi.

2. Memberikan pendidikan berkualitas pada mahasiswa

Dengan akreditasi yang baik, maka sudah dijamin bahwa mutu dari pendidikan di perguruan tinggi tersebut adalah sangat baik. Hal ini tentu saja memberikan pendidikan yang berkualitas kepada mahasiswanya.

Baca Juga:  Cara Menumbuhkan Semangat Mengerjakan Skripsi

Pentingnya pendidikan yang berkualitas akan membuat mahasiswa terbiasa untuk menjalani pendidikan dengan mutu yang baik sehingga ketika lulus pun akan menghasilkan lulusan atau alumni yang mempunyai daya saing tinggi dan berkualitas.

3. Mahasiswa mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya

Pentingnya akreditasi perguruan tinggi bagi mahasiswa selanjutnya adalah memberikan ilmu yang sangat bermanfaat kepada mahasiswanya dan menyiapkan mahasiswa untuk bisa bersaing dengan lulusan atau mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Atau dalam hal ini dapat disebut dengan mempunyai daya saing tinggi.

Ketika seorang mahasiswa kuliah di perguruan tinggi yang mempunyai akreditasi yang baik, maka tentu saja tidak mudah bagi mahasiswa tersebut untuk bertahan. Mahasiswa tersebut harus berjuang dan melatih dirinya untuk beradaptasi dengan lingkungan yang juga mempunyai standar yang tinggi.

Hal ini seperti memberikan training kepada mahasiswa agar siap untuk lulus dan mempunyai daya saing yang tinggi. Tidak hanya menyiapkan kemampuan hardskill saja tetapi juga menyiapkan kemampuan softskill yang mumpuni.

4. Persyaratan melamar kerja

Banyak dari kamu yang mungkin belum tahu bahwa melamar kerja pun ada persyaratan khusus yaitu akreditasi perguruan tinggi atau program studi. Pada umumnya, perusahaan akan mencari calon pekerja yang berasal dari perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.

Bahkan ada yang hanya mencari lulusan dari perguruan tinggi dengan akreditasi A. Akreditasi ini penting bagi perusahaan untuk melihat kualitas pelamar pekerjaan, sehingga terkadang perusahaan akan menerapkan akreditasi perguruan tinggi sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja.

Begitu juga jika kamu ingin mendaftar kerja di instansi pemerintahan atau bekerja menjadi PNS atau yang kini dikenal sebagai ASN. Kamu harus melampirkan scan dan berkas akreditas perguruan tinggi dan akreditasi program studi ketika kamu sudah lulus serta akreditasi terbaru. Hal ini menunjukkan bahwa akreditas perguruan tinggi sangat penting bagi mahasiswa untuk menggapai pekerjaan impian.

Baca Juga:  5 Tips Menulis Karya Ilmiah dengan Mudah dan Benar

Itulah empat alasan mengapa akreditasi perguruan tinggi penting bagi mahasiswa. Bahkan ketika mahasiswa sudah lulus pun, akreditasi perguruan tinggi masih memegang peranan penting untuk kehidupan alumni. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

6 Persiapan untuk Lanjut Studi S2 dengan Beasiswa

Belajar memang tidak terbatas sampai kapan dan dimana. Belajar bisa sampai umur berapapun …