Kuasai Bahasa Asing dengan 12 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Paling Efektif di Bawah ini!

Salah satu kegiatan produktif yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu liburan ialah belajar bahasa asing. Yap, bagi penulis sendiri mempelajari bahasa asing adalah investasi jangka panjang yang wajib banget dilakukan. Apalagi di jaman ketika segala sesuatu bisa dijangkau melalui internet, maka belajar bahasa asing bukan perkara yang sulit guys.

Oleh karena itu, kali ini penulis akan membagikan beberapa rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing khusus untuk kamu guys! Oh iya, aplikasi di bawah ini sudah pernah penulis gunakan juga lho untuk belajar bahasa. So, tanpa menunggu lama, buruan scroll ulasan di bawah ini ya guys!

Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Asing

1. Duolingo

aplikasi belajar bahasa asing
Sumber: medium.com

Yap, aplikasi satu ini mungkin sudah ga asing lagi bagi kamu! Duolingo menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk mempelajari bahasa baru guys. Di sini kamu bisa memilih untuk mempelajari bahasa yang diinginkan.

Sistem yang digunakan pun cukup mudah seperti menjawab pertanyaan sederhana, mendengarkan percakapan ringan, melengkapi kalimat yang rumpang, dan berbagai bentuk soal unik lainnya gengs.

Penulis sendiri menggunakan Duolingo untuk mempelajari Bahasa Perancis dan ini terbukti worth it banget. Pengemasan yang menarik dan ringan membuat penulis belajar tanpa terbeban gengs! Recommended banget!

2. Bravovol

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing berikutnya ialah Bravovol. Logo burung berwarna oranye ini menyediakan berbagai jenis bahasa. Mulai dari Bahasa Inggris, Bahasa Perancis, Bahasa Spanyol, dan masih banyak lagi.

Oh iya, berbeda dengan Duolingo yang memiliki pilihan bahasa banyak dalam satu aplikasi maka dengan Bravovol kamu harus mendownload masing-masing bahasa secara tersendiri guys.

Kalau aplikasi ini, penulis gunakan dalam mempelajari Bahasa Spanyol. Yap, sejauh ini Bravovol cukup baik untuk memberikan soal sekaligus materi ringan tentang Bahasa Spanyol guys!

3. Memrise

aplikasi belajar bahasa asing
Sumber: logolynx.com

Yup, next ada Memrise! Aplikasi ini memang cukup terkenal dan memiliki rating 4,6 di Google Playstore gengs. Memrise juga menyediakan berbagai macam bahasa hanya dalam satu aplikasi lho.

Baca Juga:  Aplikasi Latihan UNBK 2020 untuk SMP, SMA dan SMK

Selain itu, metode yang digunakan aplikasi ini ialah belajar sembari bermain game gengs. Seru banget deh! Keunggulan lain dari Memrise ialah fitur reminder yang dibuat khusus untuk mengingatkanmu waktu belajar bahasa asing.

4. Mondly

Di posisi ke-4 ada Mondly sebagai aplikasi belajar bahasa asing yang patut kamu coba nih. Nah, berbeda dengan Memrise atau Duolingo yang mengharuskanmu belajar secara mandiri, dengan Mondly kamu bisa melakukan pembelajaran langsung dengan native speaker gengs.

Jadi, nantinya kamu bisa melakukan percakapan langsung dengan pengguna lain untuk mempelajari bahasa yang kamu inginkan gengs. By the way, Mondly juga memberikan fitur speech recognition. Fungsinya apa? Fitur ini akan membantumu untuk menilai seberapa tepat pelafalan kata yang diucapkan.

5. BBC Learning English

audio england great britain headphone
Photo by Breakingpic on Pexels.com

Next, aplikasi belajar bahasa asing berikutnya khusus untuk kamu yang ingin memperlancar kemampuan berbahasa Inggris. Penulis sendiri merekomendasikan aplikasi satu ini karena memang terbukti menambah kosakata sekaligus memperlancar kemampuan listening guys.

BBC Learning English memuat materi seperti audio atau podcast dengan berbaga topik menarik. Mulai dari level yang mudah sampai percakapan yang panjang dan sulit, tersedia lengkap di aplikasi ini gengs.

Oh iya, kamu akan diberikan transkrip cerita yang sedang dibicarakan guys. Jadi, apabila kamu mendengar kata yang baru dan asing maka langsung aja melihat ke teks yang disediakan.

6. Beelinguapp

Aplikasi belajar bahasa asing selanjutnya ialah Beelinguapp. Aplikasi dengan maskot lebah ini memiliki penilaian yang cukup tinggi di Google Playstore guys (4,6). Beelinguapp menyediakan banyak bahasa dalam satu aplikasi. Mulai dari Prancis, Inggris, Korea, sampai Arab, Italia, bahkan Hindi.

Nah, metode yang digunakan seperti apa? Beelinguapp akan menyediakan teks dan audio dalam bahasa yang hendak kamu pelajari guys. Apabila ada kata yang tidak diketahui, maka kamu bisa langsung klik untuk memeriksa arti kata atau frasa tersebut guys.

7. Lingodeer

aplikasi belajar bahasa asing
Sumber: apkmody.io

Yap, Lingodeer merupakan salah satu aplikasi yang pernah membantu penulis dalam mempelajari Bahasa Mandarin gengs. Aplikasi ini cukup mudah dan efisien karena memiliki berbagai fitur seperti pengenalan alfabet, kata kerja yang banyak, dan juga flashcard untuk mengasah kemampuanmu.

Baca Juga:  Tips Lancar Bahasa Inggris Dalam 7 Hari!

Sayangnya, untuk mengakses berbagai fitur tersebut maka kamu harus berlangganan khusus di Lingodeer guys. Namun, hal ini worth it kok karena Lingodeer cocok banget untuk mempelajari bahasa yang huruf alfabetnya berbeda dengan Bahasa Indonesia. Ga hanya itu, kamu juga bisa mengaksesnya dalam offline lho!

8. British Council

Nah, rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing selanjutnya ialah british council. Mirip dengan BBC Learning English, british council juga menyediakan berbagai audio atau podcast percakapan dalam Bahasa Inggris.

Akan tetapi, British Council sendiri memiliki website yang bisa langsung kamu kunjungi tanpa mendownload aplikasi di Google Play Store atau App Store. Di website ini kamu bisa mempelajari grammar sampai kemampuan writing dari level beginner sampai hard guys. Oh iya, di website British Council juga ada latihan untuk IELTS lho gengs!

Kamu bisa langsung kunjungi webnya di link ini https://learnenglish.britishcouncil.org/

9. Rosetta Stone

aplikasi belajar bahasa asing
Flags, Danish,Norwegian,Swedish and Finland

Berikutnya ialah Rosetta Stone. Aplikasi belajar bahasa asing satu ini penulis rekomendasikan untuk kamu yang ingin melatih kemampuan speaking guys. Hal ini karena Rosetta Stone lebih berfokus menyediakan berbagai fitur untuk membantu melancarkan pelafalan, intonasi, sampai percakapan sehari-hari.

Rosetta Stone juga menyediakan banyak bahasa yang mungkin ga umum dipelajari di Indonesia. Mulai dari Polish (Bahasa Polandia), Swedish (Bahasa Swedia), Tagalog, bahkan Bahasa Yunani dan Ibrani!

10. Busuu

Yap, kalau aplikasi satu ini mirip-mirip dengan Mondly gengs. Busuu akan memberikan fitur percakapan langsung dengan para native speaker di seluruh dunia. Di sini kamu bisa membentuk diskusi kecil untuk belajar bahasa bersama.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa belajar dengan metode flashcard atau mendengarkan audio yang disediakan. Ada banyak bahasa juga lho di aplikasi ini! Seperti Inggris, Perancis, Jerman, Jepang, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Aplikasi Lengkap Administrasi Mengajar Guru

11. Cake

aplikasi belajar bahasa inggris
Sumber: play.google.com

Yuhuu, aplikasi belajar bahasa asing satu ini tentu ga asing lagi kan untukmu? Yup, Cake ialah aplikasi belajar bahasa yang sering banget muncul sebagai iklan di Youtube sampai Instagram.

Penulis sendiri pernah mencoba aplikasi Cake untuk memperdalam Bahasa Inggris. Hasilnya cukup memuaskan kok gengs. Ada banyak fitur yang bisa kamu coba seperti listening section, mengisi kalimat rumpang, dan masih banyak lagi!

12. Simple radio

Rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing yang terakhir ialah simple radio gengs. Yap, aplikasi satu ini memang berbentuk radio, tetapi bukan sembarang radio lho. Di aplikasi ini tersedia radio dari Washington sampai Madrid gengs.

Penulis sendiri menggunakan simple radio untuk melatih listening sekaligus membiasakan aksen tiap daerah di suatu negara. Kamu bisa mendengarkan sembari memasak atau sebelum tidur.

Nah, itu tadi rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing yang worth it banget untuk didownload! So, tunggu apa lagi? Selagi ada waktu luang lebih baik dimanfaatkan untuk kegiatan produktif seperti belajar bahasa asing! Siapa tahu ada kesempatan beasiswa di salah satu negara tersebut guys!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

8 Cara Menerapkan Self Love yang Wajib Pelajar Ketahui! Yuk, Sayangi Diri Mulai Sekarang!

Guys, tahu ga sih selama pandemi berlangsung dari 2019 sampai 2021 ternyata di waktu yang …