8 Kesalahan dalam Memilih Jurusan di SMA! Kamu Wajib Baca nih, Jangan Sampai Terulang Kesalahan yang Sama!

Hola gengs! Apa kabarnya nih kamu yang hendak masuk di jenjang SMA? Sudah siap belum mau masuk jurusan apa? Tahu ga sih guys, kalau ada banyak banget remaja yang salah jurusan di SMA? Tentu hal ini berakibat super fatal lho! Ga hanya di SMA melainkan juga perkuliahan sampai bekerja.

Untuk itu, penulis mau kasih tahu kesalahan-kesalahan dalam memilih jurusan di SMA yang sering banget terjadi. Tujuannya agar kesalahan tersebut jangan sampai terulang di kamu ya guys! So, yuk langsung simak ulasan di bawah ini!

Daftar Isi

Kesalahan-Kesalahan dalam Memilih Jurusan di SMA

1. Ikut-ikutan teman

Yap, kesalahan pertama ini tentu terjadi hampir di sebagian besar kamu yang hendak memilih jurusan di SMA nih. Banyak banget dari kamu yang ga ingin tertinggal atau takut untuk memulai pertemanan baru di SMA. Alhasil, kamu memilih jurusan yang sama deh dengan teman di SMP.

Tentu hal ini salah banget ya gengs! Kamu harus tahu nih kalau manusia akan selalu berubah setiap waktu. Pertemanan akan bubar atau bahkan bertahan tergantung bagaimana kamu mengelola persahabatan tersebut gengs.

Nah, pertemanan dan jurusan di SMA ini ga ada hubungannya sama sekali! Kamu tetap harus memilih jurusan sesuai dengan passion dan bakat yang kamu miliki guys. Toh, ga ada salahnya juga untuk membuka pertemanan baru. Justru hal ini berdampak baik karena akan memperluas circle pertemananmu.

2. Orang tua

upset little girl sitting near crop woman in classroom
Photo by Gustavo Fring on Pexels.com

Kesalahan dalam memilih jurusan di SMA yang kedua adalah orang tua. Eits, jangan salah paham dulu ya guys! Begini, penulis sering banget mendengar kata orang tua dijadikan alasan ketika jurusan yang kamu pilih ternyata engga sesuai dengan passionmu guys.

Tentu ini bukan bukan sikap yang patut dicontoh ya! Hal kedua adalah masalah bahwa permintaan orang tua untuk memasukkanmu ke suatu jurusan. Entah itu IPS, MIPA, atau bahasa. Ternyata lagi-lagi kamu engga sesuai dengan jurusan tersebut.

Baca Juga:  9 Fakta Jurusan Ilmu Perpustakaan yang Jarang Diketahui! Dijamin Lebih dari Ekspetasimu Guys!

Nah, penulis mau kasih tahu nih gengs! Di masa beranjak remaja ini, penulis harap kamu bisa memperbaiki komunikasi antara kamu dengan orang tua. Hal ini penting banget! Ga hanya tentang pemilihan jurusan di SMA aja. Bisa juga keputusan-keputusan penting di masa depan yang harus kamu putuskan sendiri.

So, kalau begini situasinya penulis sarankan kamu mendiskusikan dengan baik-baik keinginanmu dengan orang tua ya. Dengan catatan kamu sudah yakin dan melakukan riset yang cukup terhadap jurusan tersebut gengs!

3. Lihat nilai di SMP

Kesalahan berikutnya ialah kamu hanya melihat nilai sewaktu SMP. Yap, hal ini pun nyata terjadi kepada sahabat penulis. Dia sendiri akhirnya menyesal karena melihat nilai SMP yang bagus dan merasa nilainya cukup masuk jurusan MIPA. Ternyata eh ternyata, kurang passion di jurusan tersebut.

Sehingga, penulis berharap kamu ga hanya melihat nilai di SMP aja ya guys. Kamu juga bisa lihat dari berbagai lomba yang diikuti atau bahkan kamu juarai. Penulis rasa, lomba lebih membantu daripada nilai di SMP.

Kenapa? Ada banyak faktor nih. Mulai dari nilai SMP yang mungkin diambil secara rata-rata, guru yang menilai ga hanya dari nilai melainkan attitude, dan banyak faktor lainnya. Sementara lomba adalah aktivitas yang kamu lakukan dengan sukarela.

Tentunya menjadi indikasi kalau kamu menyukai bidang tersebut tanpa keberatan sama sekali. Bahkan kamu juga bekompetisi ga hanya di dalam sekolah, tetapi luar sekolah juga.

4. Terbawa ekspetasi

two young women lying on white bed
Photo by KoolShooters on Pexels.com

Kesalahan dalam memilih jurusan di SMA berikutnya juga sering banget nih terjadi. Hayoo ngaku, siapa di antara kamu yang seringkali terbawa ekspetasi tentang suatu jurusan? Mungkin merasa bahwa jurusan tersebut seru, pelajarannya masih bisa dipelajari, atau bahkan menolak ketidakmampuanmu?

Baca Juga:  Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis

Yap, yuk wake up guys! Kamu harus sadar bahwa setiap manusia memiliki batas dan kemampuannya masing-masing. Kalau kamu memang ga yakin atau bahkan ga mampu, maka jangan dipaksakan ya. Kasihan bakat terpendammu yang harusnya bisa tumbuh lebih maksimal di SMA.

Bukan berarti penulis membuatmu merasa underestimate guys. Penulis berharap kamu tetap optimis, tetapi di bidang yang memang menjadi kemampuanmu!

5. Kurang riset

Next, ternyata masuk SMA ga segampang itu guys. Kamu juga perlu melakukan riset nih. Riset ini tentu akan membantumu untuk memilih jurusan secara tepat dan sesuai dengan passion yang kamu punya. Kamu bisa mulai dengan mencari tahu jurusan yang ada di SMA, keunggulan dan kelemahannya, sampai mata pelajaran di tiap jurusan. Percaya deh, hal ini akan membantumu banget.

6. Stigma yang salah

young troubled woman using laptop at home
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Kamu pasti ga asing dengan pernyataan bahwa jurusan IPS isinya anak bandel semua? Anak MIPA pasti rajin-rajin? Kelas MIPA prospek kerjanya besar? Sampai kelas bahasa adalah buangan?

Yap, berbagai stigma ini membuat para remaja mengalami kesalahan dalam memilih jurusan di SMA. Secara ga langsung mereka termakan dengan berbagai pernyataan yang super salah tersebut.

FYI guys, semua jurusan di SMA itu bagus. Kamu memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi murid teladan, berprestasi, rajin ikut organisasi, sampai sukses di masa depan. Hal yang membedakan hanyalah seberapa keras kamu berjuang untuk meraih mimpi tersebut.

So, buang jauh-jauh ya stigma tersebut. Penulis yakin, kamu ga perlu jadi dokter untuk bisa bahagia, menjadi pengusaha dengan banyak uang untuk dicintai, kamu cukup menjadi diri sendiri dan hidup sesuai passion kamu. Dijamin kesuksesan akan mengikuti kamu kok! Jangan lupa berjuang dan bahagia ya!

Baca Juga:  Ini Dia 8 Jurusan MIPA yang Sepi Peminat tetapi Peluang Kerja Besar! Yakin Ga Tertarik?

7. Tidak merencakan masa depan

Nah, sikap satu ini nih yang penulis harap jangan sampai ada di antara kamu ya gengs! Sebagai remaja yang mulai beranjak, kamu harus mulai mikir nih bagaimana masa depanmu nantinya? Pekerjaan yang hendak kamu kerjakan? Dan masih banyak lagi.

Percaya ga percaya, semua hal tersebut dimulai dari memilih sebuah jurusan di SMA. Ya sesederhana itu guys! Kamu harus memilih jurusan di SMA yang nantinya berpengaruh di perkuliahan sampai prospek kerja. So, mulai rencanakan atau buat plan kedepan ya guys!

8. Tidak percaya diri

Kesalahan dalam memilih jurusan di SMA
Sumber: taharali.com

Last nih dari kesalahan-kesalahan dalam memilih jurusan di SMA. Siapa nih di antara kamu yang hanya mengandalkan perasaan dalam memilih jurusan? Mungkin perasaan bahwa keliahatannya kamu mampu atau bahkan perasaan dibandingkan yang membuat kamu memilih jurusan yang salah?

Haduduh, jangan sampai gengs perasaan melebihi logika yang kamu miliki ya. Kamu wajib nih melihat secara realita dari kemampuan sampai jurusan yang kamu ambil. Jauhkan perasaan iri, egois, atau bahkan merasa direndahkan karena persepsi orang lain. Kamu wajib banget untuk percaya diri guys!

Ingat, kamu berharga sesuai dengan caramu memandang diri sendiri! So, stop let people speak in your brain!

Nah, itu tadi kesalahan-kesalahan dalam memilih jurusan yang sering banget terjadi. Bahkan di penulis dan sahabat terdekat penulis. Namun, penulis berharap kesalahan di atas ga terjadi di kamu ya! Yuk, mulai rencanakan dan hidup sesuai passionmu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ini Dia Kelas Membuat Data Warehouse dari Skill Academy Beserta 3 Bonus Menarik

Untuk membantu menanggulangi berbagai dampak negatif dari Pandemi Covid-19, pemerintah mer…