5 Persiapan Sebelum Belajar di Luar Negeri

Belajar atau menempuh studi di luar negeri kini sudah banyak dijalani oleh sebagian orang. Banyak kesempatan untuk bisa belajar di luar negeri. Pilihan untuk studi di dalam maupun luar negeri, punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tujuannya sama yaitu untuk mencari ilmu.

Ketika ingin menempuh studi di luar negeri, kamu akan mencoba untuk hidup di perantauan yang lebih jauh lagi dan mengenal budaya yang baru. Semuanya punya tantangan masing-masing. Jika persiapanmu tidak baik, bisa-bisa kamu mengalami kendala atau masalah lho.

Lalu apa saja sih yang harus kamu persiapkan sebelum belajar di luar negeri agar hati semakin mantap untuk merantau? Yuk simak informasi berikut!

5 Persiapan Sebelum Belajar di Luar Negeri

1. Dokumen pribadi

Dokumen pribadi yang harus kamu siapkan tentu saja adalah identitas diri. Kalau di dalam negeri kamu bisa menggunakan KTP, kalau di luar negeri kamu harus mempunyai visa dan paspor. Dua dokumen ini sangat penting bagi kamu karena sebagai identitasmu disana.

Bagi pelajar, visa yang digunakan adalah visa pelajar. Selain sebagai identitas, paspor dan visa membantu kamu agar lebih mudah dalam proses perjalanan hingga saat tiba disana.

Selain itu, siapkan juga dokumen pribadi lainnya yang mungkin akan dibutuhkan saat mendaftar atau menjalani studi. Seperti akte kelahiran, kartu keluarga, ijazah, surat keterangan kemampuan bahasa asing, dan sebagainya.

Pastikan kamu memperhatikan ketentuan tempat studimu. Pada umumnya, dokumen pribadi harus diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah. Jadi, siapkan dari jauh-jauh hari ya.

Baca Juga:  9 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Kost

2. Daftar barang yang akan dibawa

Sebelum kamu berangkat ke luar negeri, pastikan kamu sudah mencatat atau membuat daftar barang apa saja yang akan kamu bawa. Hal ini penting sekali karena kamu merantau di tempat yang jauh dari kampung halaman.

Kamu tidak bisa bolak balik hanya untuk memenuhi kebutuhan atau barang yang tertinggal karena kamu harus bisa mandiri. Untuk menghindari kelalaian barang yang akan dibawa, maka buatlah daftar barang-barang sebelum kamu berangkat.

Setelah mendekati hari keberangkatan, jangan lupa mengecek kembali barang-barang yang sudah kamu catat dalam daftar. Apakah semuanya sudah masuk dalam koper atau sudah kamu siapkan. Bawalah barang-barang yang sangat kamu butuhkan. Kamu juga harus memperhatikan detail barang yang kamu butuhkan seperti obat-obatan, suplemen, perlengkapan mandi, charger handphone, dan lainnya.

3. Belajar bahasa dan budaya lokal

Tinggal dimanapun itu, kita harus berusaha untuk memahami dan belajar budaya lokal di tempat tinggal kita. Bagi kamu yang akan belajar di luar negeri, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu budaya seperti apa di tempat tinggalmu kelak. Apa saja yang boleh dilakukan, apa saja yang tidak boleh dilakukan, budayanya bagaimana, dan masih banyak lagi.

Walaupun budaya lokal bisa dipelajari saat sudah tiba di sana, namun alangkah baiknya kamu belajar sejak dini agar kamu mulai mengenal tempat tinggal barumu. Sehingga kelak kamu akan bisa berbaur dengan baik dengan masyarakat yang ada di sana.

Apa pentingnya ini? Hal ini penting untuk mendapatkan kesan yang baik dan lebih mudah diterima. Terlebih karena kamu adalah pendatang baru. Jangan lupa juga belajar tentang bahasa yang digunakan sehari-hari. Agar kamu bisa menjalani kehidupan yang lebih baik disana.

Baca Juga:  5 Persyaratan Umum yang Wajib Kamu Miliki Untuk Kuliah di Luar Negeri!

4. Menukarkan uang dengan mata uang yang dipakai

Sebelum kamu berangkat, pastikan kamu sudah menukar uangmu dengan mata uang yang digunakan oleh negara tempat kamu tinggal nanti. Persiapkan juga untuk membuat akun di bank lokal. Penukaran uang sebelum berangkat dapat membantu kamu untuk mengurangi pengeluaran berlebihan. Sehingga kamu bisa mendapatkan nilai tukar yang lebih rendah dibandingkan dengan nilai tukar di negara aslinya.

5. Asuransi diri dan barang

Setiap perjalanan tentu melibatkan risiko tertentu. Hal ini membuat asuransi diri dan barang-barang berharga penting untuk disiapkan. Sebelum kamu melakukan perjalanan, sebaiknya kamu mengurus asuransi diri dan barang-barang berhargamu. Hal ini penting untuk melindungi kehilangan barang yang dimiliki. Sehingga kamu akan bisa lebih lega saat berangkat nanti.

Itulah lima persiapan sebelum belajar di luar negeri. Kamu dapat mencoba untuk menerapkannya agar siap mental untuk merantau ke luar negeri. Terus semangat belajar dimanapun kamu berada. Dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…