Cara Membuat Rangkuman Pelajaran yang Baik dan Benar!

Cara Membuat Rangkuman – Hai guys! Pasti banyak dari kamu yang kini udah kembali sibuk dengan urusan sekolah ya? PR yang menumpuk, tugas segunung, sampai ulangan yang terus-menerus berdatangan tanpa henti! Belum lagi untuk siswa kelas 12 yang harus mikir SBMPTN atau bahkan masih bingung mau masuk mana?

Nah, kebanyakan dari kamu pasti kewalahan dengan banyaknya tanggung jawab yang harus diselesaikan. Namun, tau ga sih guys, kalau ada cara jitu untuk menghadapi ulangan atau bahkan SBMPTN di tahun depan?

Udah Tahu Belum The Power of Rangkuman itu Emang Jitu Banget!

Cara paling jitu tersebut adalah rangkuman guys! Tau ga sih kalau the power of rangkuman itu parah banget! Segala ujian bisa terlampau sampai tes masuk perguruan tinggi pun digapai dengan berbekal rangkuman pelajaran?

Kenapa sih rangkuman begitu penting? Jadi ya, dari rangkuman sendiri akan memudahkan kamu dalam belajar guys! Dalam merekam memori sampai menangkap pelajaran akan terserap lebih mudah lewat rangkuman aja!

Cara Membuat Rangkuman yang Baik

1. Persiapan 

cara membuat rangkuman

Langkah paling awal sebelum membuat rangkuman adalah persiapan guys. Kamu bisa membuat rangkuman jauh-jauh hari sebelum ujian. Sehingga rangkuman bisa dibuat dengan santai karena dicicil guys!

Oh iya, kamu juga harus riset dulu ya. Manakah materi atau buku yang akan digunakan untuk ujian. Selain itu, apabila ada kisi-kisi ujian justru semakin menguntungkan kamu lho!

2. Baca materi atau naskah

cara membuat rangkuman

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat rangkuman adalah membaca keseluruhan materi terlebih dahulu. Bacanya menggunakan sistem baca cepat aja guys! Jadi, jangan membaca dengan lama atau bahkan sempat dihafalkan terlebih dahulu. Untuk cara membaca cepat silahkan baca Kiat-Kiat Membaca Cepat dan Efektif!

Baca Juga:  Cara Jitu Melawan Rasa Malas

Usahakan membaca satu kalimat utuh agar pemahaman yang kamu terima ketika membaca cepat tidak setengah-setengah guys atau bahkan malah menghasbikan waktumu dalam membaca.

3. Highlight bagian penting

cara meringkas

Next, adalah kegiatan yang kamu lakukan berbarengan dengan membaca cepat yaitu highlight bagian-bagian penting guys! Biasanya bagian penting berisi mengenai pengertian, kata kunci, atau inti dalam suatu paragraf.

Kamu bisa menggunakan highlight berwarna cerah agar membantu otak kamu dalam mengingat kalimat sehingga materi bisa terserap dengan baik. Jangan lupa hindari penggunaan highlight berlebih. Pastikan hanya bagian penting saja yang kamu highlight.

4. Target waktu

membuat ringkasan materi

Yap, ini adalah bagian yang ga kalah pentingnya guys. Kebanyakan dari kita seringkali terlalu asyik dalam membaca cepat dengan highlight. Sehingga suka lupa sendiri guys apabila sudah terlalu asyik. Padahal materi yang diujikan juga sudah terlewat jauh.

Oleh karena itu, usahakan pada awal sebelum kamu mencatat ulang bisa memberikan target waktu. Misalnya dalam waktu 3 jam kamu akan membuat rangkuman, sehingga 1,5 jam pertama kamu akan membaca 3 bab (misalnya) dan 1,5 jam kedua kamu bisa mencatat ulang.

5. Catat kembali dengan menarik

cara membuat rangkuman
sumber gambar: pinterest.com

Yuhuu, ini adalah aktivitas yang paling ditunggu-tunggu nih. Mencatat kembali dengan menarik! Banyak juga nih sobat dari kamu yang suka lupa waktu ketika mencatat ulang. Maka dari itu, kamu juga bisa meminta bantuan alarm nih!

Tips dari aku, usahakan ketika kamu mencatat gunakanlah beberapa warna guys. Sebelumnya siapkan dulu pensil, stabilo, sampai brush pen yang hendak kamu pakai. 

Hal ini agar memudahkanmu ketika mencatat nanti.

Selain itu, usahakan juga agar warnanya serasi, hehehe, ini bisa menjadi salah satu pemicu agar kamu bersemangat dalam belajar. Ketika catatan terlihat rapi dan berwarna-warni, maka kamu akan semakin bersemangat.

Baca Juga:  Materi IPA Kelas 9 Kurikulum K13 Revisi, Lengkap!

Setelah itu, catat bagian penting tanpa menghafalkannya guys! Bagian yang kamu catat adalah bagian yang telah di highlight di awal tadi. Apabila ada gambar, aku menyarankan supaya kamu mencetak gambar saja. Kenapa? Nantinya waktu kamu bisa habis guys hanya karena menggambar.

6. Rumus + 1 soal

merangkum rumus

Jadi, tips ini berlaku untuk beberapa mata pelajaran hitung-hitungan guys, seperti matematika, fisika, kimia, atau bahkan ekonomi. Untuk catatan yang berurusan dengan angka, aku sarankan supaya kamu memberikan rumusnya saja ditambah dengan 1 soal.

Nah, ketika kamu hendak mencatat pelajaran hitung-hitungan, kamu bisa membagi buku tulis menjadi dua bagian dulu guys secara vertikal. Setelah itu, tempatkan berbagai macam rumus dan soal di sebelah kanan. Sedangkan, di sisi kiri bisa kamu gunakan untuk arti dari lambang rumus yang kamu catat.

Ini berguna supaya nantinya apabila ada rumus yang menggunakan lambang sama, maka kamu tidak perlu menulisnya dua kali sobat! Soalnya juga cukup satu saja guys yang berkaitan dengan rumus.

Namun, kamu juga tahu sendirikan kalau kunci berhasil di pelajaran hitung-hitungan adalah perbanyak latihan soal. Lalu gimana solusinya? Kamu cukup print saja soal-soal tentang materi tersebut.

7. Satu paragraf 1 kalimat

mencatat poin penting

Selanjutnya, adalah tips untuk beberapa mata pelajaran seperti sejarah, geografi, biologi, yang terdiri dari banyak tulisan. Caranya mudah sekali, tinggal mengikuti langkah nomor 2 khusus untuk beberapa kata kunci dalam satu paragraf. Setelah itu, kata kunci tersebut bisa kamu rangkai sendiri ke dalam satu kalimat.

Jadi, dalam satu paragraf kamu tak perlu menulis ulang semua kalimatnya guys. Eits, tunggu dulu, ini disesuaikan dengan guru kamu juga ya. Kenapa? Karena juga ada beberapa guru yang mengharuskan jawaban siswanya sesuai dengan buku paket.

Baca Juga:  Materi IPA Kelas 8 Bab 6 Sistem Peredaran Darah Manusia

Nah, kalau begini kalian tinggal menyalin kalimat utama ke dalam catatan deh. 

8. Baca kembali

baca rangkuman

Terakhir, mendekati saat ujian kamu bisa membaca ulang rangkuman yang telah dibuat. Pembelajaran pun cukup dilakukan pada malam hari atau satu hari sebelum ujian berlangsung. 

Santuy bener? Iya, karena sebelum ujian berlangsung kamu sudah mempersiapkan rangkuman terlebih dahulu.

Nah, itu beberapa tips untuk cara membuat rangkuman. Keren banget guys dan terbukti jitu banget apabila belajar melalui rangkuman. Selain itu, saranku kamu bisa menggunakan kertas folio atau HVS apabila hendak membuat rangkuman. Hal ini bermanfaat supaya rangkuman mudah dibawa kemana-mana guys.

Pokoknya the power of rangkuman emang parah bingitz deh!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Sistem Ekskresi Manusia

Manusia menghasilkan zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh seperti urine, keringat, ga…