Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Sosial dan Politik

Bidang yang menjadi salah satu fokus program kerja BEM adalah bidang sosial dan politik. Bidang ini mencakup bidang sosial kesejahteraan mahasiswa maupun masyarakat serta bidang politik dari kebijakan-kebijakan yang ada di kampus maupun di Indonesia. Berikut adalah beberapa kegiatan BEM yang menarik di bidang sosial dan politik.

Kegiatan BEM yang Menarik di Bidang Sosial dan Politik

1. Kajian kebijakan kampus

Kampus pada umumnya akan memberikan kebijakan-kebijakan secara berkala yang harus dipatuhi oleh seluruh warga kampus. Terkadang, kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak kampus ada yang diterima dengan baik oleh warga kampus, ada juga masih memperdebatkan.

Sebagai anggota BEM di bidang sosial dan politik, kamu dapat membuat kajian terhadap kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh kampus sehingga terdapat feedback dari kebijakan yang dikeluarkan oleh kampus dari kalangan warga kampus. Hasilnya dapat kamu sampaikan kepada pihak kampus untuk dikaji kembali atau dilakukan pengayaan agar kebijakan yang dikeluarkan kampus bisa bertahan dan lebih baik lagi.

2. Kajian kebijakan fakultas

Kebijakan yang dikeluarkan oleh kampus terkadang juga memberikan efek terhadap kebijakan atau peraturan di fakultas. Sebagai anggota BEM, kamu dapat mengajak warga fakultasmu untuk mengadakan kajian terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh fakultas. Maksimalkan partisipasi dari mahasiswa di fakultas tersebut agar mendapatkan hasil kajian yang lebih baik. Sampaikan hasilnya kepada pihak fakultas agar kebijakan tersebut dikaji lagi atau dilakukan pengayaan agar dipertahankan karena sudah baik.

3. Kajian kebijakan nasional

Sebagai seorang aktivis, kamu tidak hanya peduli terhadap lingkungan kampusmu saja, tetapi kamu juga harus peduli dengan kebijakan-kebijakan yang ada di Indonesia. Terkadang kebijakan yang ada menimbulkan pro dan kontra.

Baca Juga:  11 Manfaat Mengikuti Himpunan Mahasiswa Jurusan Buat Anak Kuliahan

Sebagai anggota BEM, kamu dapat melakukan kajian mengenai kebijakan nasional dengan mengajak partisipasi dari warga kampus dan masyarakat. Hasil kajian dapat kamu sampaikan melalui survey dan infografis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. Selain itu, sampaikan juga hasil kajian mengenai kebijakan nasional kepada pemerintah terkait.

4. Bantuan kemanusiaan

Berfokus dalam bidang sosial, BEM juga dapat mengadakan kegiatan penggalangan dana untuk bantuan kemanusiaan. Bantuan kemanusiaan tidak hanya diberikan kepada masyarakat yang mengalami bencana namun juga kepada anak yatim piatu, anak sekolah, dan masyarakat yang kurang mampu.

Penggalangan dana yang dilakukan dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, misalnya langsung dalam bentuk sumbangan, penyisihan dana dari penjualan barang, atau acara-acara amal lainnya.

5. Beasiswa bagi kesejahteraan mahasiswa

Tidak semua mahasiswa yang kurang mampu mendapatkan beasiswa. Terkadang mahasiswa yang tergolong dalam kategori menengah pun dalam keadaan tertentu juga membutuhkan bantuan dana.

Sebagai anak BEM, kamu dapat mengajukan program kerja bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang membutuhkan. Misalnya, dengan mengajukan permohonan keringanan biaya UKT, membantu mahasiswa mencari beasiswa, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa kegiatan BEM yang menarik di bidang sosial dan politik. Kepedulian terhadap lingkungan kampus dan Indonesia menjadi salah satu langkah penting untuk membangun dunia yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…