Mengenal Tes Dalam SBMPTN dan Tips Mengerjakannya!

Hola guys! Apa kabar nih? Guys, ga terasa ya sudah hampir di penghujung Tahun. Tinggal 3 bulan lagi, kita sudah memasuki tahun baru. Di tahun baru ini pastinya menjadi tahun spesial bagi anak-anak kelas 12 maupun siswa gap year.

Hal ini dikarenakan, adanya SBMPTN atau ujian untuk masuk perguruan tinggi yang umumnya dilaksanakan di pertengahan tahun. Nah, tau ga sih guys, beberapa info mengungkapkan bahwa di tahun 2021 akan ada lonjakan peserta SBMPTN.

Seperti yang udah kalian ketahui nih, adanya pandemi menyebabkan beberapa aktivitas belajar sampai ujian menjadi kurang efektif. Sehingga ujian untuk masuk ke perguruan tinggi, tidak terlaksana dengan maksimal. 

Mengenal Tes Dalam SBMPTN dan Tips Mengerjakannya!

Oleh karena itu, yuk mulai sekarang kamu bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti ujian masuk perguruan tinggi. Sebelumnya, kamu bisa mengenal dulu kira-kira materi apa sih yang akan diujikan di SBMPTN itu? Simak ulasannya di bawah ini ya guys!

sbmptn
Photo by cottonbro on Pexels.com

Mengenal Lebih Dalam Mengenai TPA

1. Terdiri dari 4 tes

Pertama, adalah tes TPA atau Tes Potensi Akademik. Tes ini terdiri dari 4 tes lainnya seperti tes bahasa, tes logika, tes perhitungan atau angka, dan tes yang berhubungan dengan gambar.

Secara keseluruhan tes ini mirip dengan tes yang kalian lakukan pada saat menguji IQ. Tes ini berfungsi secara psikologi untuk mengungkapkan kemampuan intelektual yang kamu miliki.

FYI, sebenarnya tes ini ga hanya dilakukan oleh calon mahasiswa saja melainkan ketika kamu sedang ingin melamar di suatu perusahaan khususnya perusahaan besar maka kamu diharuskan untuk mengikuti TPA terlebih dahulu. Sehingga, TPA ini sangat berhubungan erat dengan kehidupan manusia karena bersifat secara psikologi untuk mengetahui kemampuan manusia.

Baca Juga:  Ingin Menjadi Manajer, Sudahkah Kamu Mengenal Apa Itu Manajer?

2. TPA terdiri dari 4 bagian

Selanjutnya, TPA yang dibagi menjadi 4 bagian memiliki fungsinya masing-masing. Misalnya, pada tes bahasa atau verbal bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuanmu dalam mengolah kata-kata dan bahasa.

Tes ini terdiri dari tes sinonim atau persamaan kata, tes antonym atau perlawanan kata, tes analisa pernyataan umum, tes simpulan, logika cerita, sampai hubungan dan pengelompokan kata ataupun konjungsi. 

Sementara itu, tes angka memiliki tujuan untuk mengukur bagaimana kamu mengolah atau memahami angka dan logika berpikir secara sistematis. Tes angka terdiri dari tes arimatika yang tentunya telah kamu pelajari di sekolah, tes seri angka, logika angka, dan tes angka dalam suatu cerita.

3. Terdapat tes gambar/figural

Ketiga, tes yang diujikan adalah tes gambar atau figural. Dalam tes ini kamu diharuskan menggunakan logika dalam berpikir untuk menyusun atau menentukan gambar yang sesuai satu sama lain. Tes ini juga terdiri dari simbol-simbol tertentu sampai logika diagram yang harus kamu pecahkan. 

4. Terdapat tes logika

Terakhir, tes yang diujikan adalah logika. Tes ini umumnya digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau wawasanmu terhadap suatu perkembangan isu dan pengetahuan lainnya. Selain itu, kamu juga diminta untuk menganalisis suatu permasalahan baik itu berkaitan dengan kebahasaan sampai angka.

Oke, setelah kamu mengetahui tes apa saja yang akan diujikan dalam TPA, ada baiknya kamu juga mengetahui bagaimana sih cara atau tips mengerjakan soal TPA? Berikut ulasannya guys.

Tips Mengerjakan Soal TPA

photo of person using laptop
Photo by fauxels on Pexels.com

1. Berlatih sesering mungkin

Untuk mengerjakan suatu soal, kamu harus terbiasa dalam mengerjakan soal tersebut secara terus-menerus. Kamu dapat mengerjakan berbagai soal atau latihan simulasi tes akademik sesering mungkin. Sehingga, tanpa kamu sadari otak akan merekam pola-pola yang ada di dalam soal dan kamu akan terbiasa dengan hal tersebut.

Baca Juga:  7 Tips Mendapatkan Beasiswa, Terbaru!

Pastikan kamu membeli kumpulan soal tes akademik yang bisa dijangkau di toko  buku atau online shop lainnya sehingga jenis atau kemampuanmu dalam mengerjakan soal lebih terasah dengan baik.

2. Update dengan jenis soal terbaru

Selanjutnya, kamu juga harus membiasakan diri dengan berbagai macam soal yang mungkin baru kamu temui. Terbiasa mengerjakan soal-soal baru dapat menambah wawasanmu mengenai soal-soal yang mungkin saja keluar di SBMPTN nantinya. 

Sehingga, pastikan kamu selalu update berbagai bank soal TPA yang dapat kamu cari dan lihat dari internet. 

3. Strategi dalam  mengerjakan soal

Setiap soal yang kamu kerjakan tak pernah lepas dari yang namanya strategi. Strategi dalam mengerjakan tiap soal harus kamu terapkan dan lakukan. Misalnya, pada saat mengerjakan soal bahasa atau verbal, usahakan untuk mempersiapkan berbagai macam kata atau kemampuan dalam berbahasa. Kamu bisa membiasakan diri dengan membaca buku atau artikel untuk menambah kosakata.

Berbeda halnya ketika kamu mengerjakan soal numerik atau angka, maka perbanyaknya soal-soal angka atau kemampuan logikamu dalam mengerjakan soal angka. Strategi tersebut harus diterapkan dalam mengerjakan soal, tak lupa pembagian waktu dalam mengerjakan soal TPA.

4. Jangan lupa untuk berdoa

Kamu dapat berusaha sebaik mungkin, tetapi keputusannya terdapat di tangan Yang Maha Kuasa, sehingga ada baiknya untuk selalu mengandalkan Tuhan dalam melakukan setiap aktivitas dalam mengerjakan soal ujian.

Mengenal Lebih Dalam Tes TPS

Tes yang akan diujikan di SBMPTN selain TPA adalah TPS. TPS merupakan singkatan dari Tes Kemampuan Skolastik. TPS juga dibagi menjadi 4 bagian. Bagian tersebut antara lain, tes penalaran umum, pemahaman bacaan, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif. Mari, kita membedah masing-masing tes di atas.

Pertama, ada tes penalaran umum. Tes ini kembali dibagi menjadi 3 bagian atau sub-topik yang aka  diujikan. Ada tes kesesuaian pernyataan yang menuntut kamu untuk memahami isi teks atau tabel sesuai dengan konteks paragraf. Selanjutnya, kamu juga akan diminta untuk memberikan simpulan terhadap suatu teks, dan penalaran analitik yang cenderung memintamu menjawab suatu pertanyaan dari soal yang telah disediakan.

Baca Juga:  Cara Jitu Melawan Rasa Malas

Kedua, tes pemahaman bacaan. Tes ini dibagi menjadi 2 sub-topik. Ada tes pemahaman isi bacaan dan tes oenalaran kebahasaan, secara keseluruhan dalam tes ini kamu diminta untuk mencermati, mengamati, dan memahami isi teks serta kaidah penulisan bahasa Indonesia dengan baik dan benar guys.

Ketiga, tes pengetahuan umum. Nah, tes ini juga dibagi menjadi dua yaitu tes bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Intinya sama, kamu harus memahami isi bacaan dalam kedua bahasa tersebut dan menjawab soal-soal yang telah disediakan. Tentunya berdasarkan fakta maupun clue yang telah diberikan ya guys.

Terakhir, tes kemampuan pengetahuan kuantitati. Tes ini terbilang cukup berat karena akan bermain dengan logika. Kamu akan diminta untuk menjawab soal yang berhubungan dengan data, perbandingan 2 nila, maupun pertanyaan yang besifat analisis lainnya.

Berhubung beberapa tes yang akan diujikan termasuk dalam kategori yang berat terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan guys

Tips Mengerjakan Soal TPS

1. Membaca soal

Kamu juga harus memperhatikan cara membaca soal dengan baik dan cepat. Pastikan tidak terlalu lama membuang waktu untuk membaca soal. Namun, gunakan penalaranmu untuk mengidentifikasi maksud soal secara langsung.

2. Time Management

Hal yang tak kalah penting adalah bagaimana caramu mengatur waktu sebaik mungkin. Soal yang tersedia termasuk banyak dan ketika kamu tidak mampu memahami suatu soal langsung lompatlah ke soal berikutnya. Pastikan kamu juga memiliki sisa waktu untuk meneliti kembali jawaban ya guys.  

Nah, guys secara keseluruhan nih tes yang akan diujikan dalam SBMPTN pastinya berupa pilihan ganda. Waktu yang diberikan pun tak terlalu lama, sehingga bisa dipastikan kamu mengerjakan soal-soal di atas dengan kecepatan yang cukup tinggi. Semangat Belajar Guys!

Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

5 Persyaratan Umum yang Wajib Kamu Miliki Untuk Kuliah di Luar Negeri!

Kuliah di Luar Negeri – Halo guys! Siapa nih di antara kamu yang bercita-cita melanj…