5 Tips Cara Tepat Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan presentasi karena beberapa mata pelajaran dan mata kuliah mengharuskan kamu untuk melakukan presentasi hasil diskusi, hasil penelitian, bahkan sampai saat seminar skripsi. Presentasi merupakan salah kemampuan yang harus dikuasai oleh pelajar, yaitu kemampuan untuk berkomunikasi di depan umum atau public speaking.

Beberapa hal yang tak bisa dihindari ketika kamu sedang melakukan presentasi adalah adanya pertanyaan yang diajukan oleh audiens atau peserta. Hal ini kadang membuat sebagian orang gugup karena takut tidak bisa menjawab pertanyaan.

Tak jarang juga pelajar yang melakukan presentasi berdo’a agar tidak ada yang bertanya. Nah, bagaimana sih cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan saat presentasi? Yuk simak tips berikut!

teacher asking a question to the class
Photo by Max Fischer on Pexels.com

Cara Tepat Menjawab Pertanyaan Saat Presentasi

1. Tetap tenang dan jangan tergesa-gesa

Ketika ada peserta atau audiens yang bertanya, berusahalah untuk tetap tenang dan tidak tergesa-gesa. Dengarkan dengan baik pertanyaan yang diajukan. Jangan panik dan kendalikan diri jika pertanyaan yang diajukan dirasa sulit. Kamu tidak boleh menunjukkan rasa panik dan khawatir. Tetap tenang atau istilah lainnya stay cool namun tetap mendengarkan dan menyimaknya dengan seksama.

Jika kamu sudah selesai mendengarkan pertanyaan sampai selesai dan sudah mengetahui jawabannya, jawablah pertanyaan tersebut dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Jangan takut dianggap tidak bisa menjawab atau tidak menguasai materi.

Jawablah dengan tenang dan hati-hati agar kamu terlihat percaya diri dan dapat menghindari kesalahan kata yang mungkin akan diucapkan. Dengan pikiran yang tenang, kamu bisa memikirkan jawaban apa yang tepat dan cocok untuk menjawab pertanyaan tersebut.

2. Catat dengan baik semua pertanyaan yang diajukan

Pada umumnya, ketika dilaksanakan sebuah presentasi, pertanyaan yang diberikan oleh peserta atau audiens tidak hanya satu, tapi ada beberapa. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mencatat dengan baik semua pertanyaan yang diajukan. Catatlah poin penting yang ditanyakan sehingga kamu bisa menjawabnya dengan baik.

Baca Juga:  Mata Kuliah Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB #Part 1

Ketika pertanyaan datang, jangan buru-buru menjawab. Persiapkan diri terlebih dahulu. Perhatikan poin penting yang ditanyakan oleh peserta atau audiens sehingga kamu bisa memberikan jawaban yang menjawab sebuah pertanyaan dan tidak berbelit-belit. Beri penjelasan singkat jika menurutmu jawabanmu butuh contoh atau penjelasan lebih lanjut.

3. Jawab pertanyaan yang mudah dan dikuasai terlebih dahulu

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa mungkin akan ada beberapa pertanyaan yang akan diajukan kepadamu ketika kamu melakukan presentasi. Setelah mencatat dengan baik pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, lihatlah pertanyaan mana yang paling mudah atau yang paling kamu kuasai.

Kemudian, kamu bisa menjawabnya terlebih dahulu dengan memilih pertanyaan yang mudah atau yang kamu kuasai. Hal ini bertujuan untuk menghemat waktu karena pada umumnya sesi tanya jawab akan diberikan durasi tertentu.

Walaupun kamu sudah menyiapkan materinya, mungkin saja ada materi yang terlewat atau yang masih belum kamu jelaskan secara detail karena kamu masih kurang menguasai materinya. Oleh karena itu, penting untuk menyortir pertanyaan mana dulu yang bisa kamu jawab. Jangan panik dan tetap tenang. Jawablah pertanyaan dengan semampumu.

4. Bagi tugas dengan anggota kelompok

Presentasi ada yang dilakukan secara perorangan dan ada yang dilakukan secara berkelompok. Jika kamu melakukan presentasi berkelompok, bagilah tugas dengan temanmu tidak hanya saat menjelaskan materi yang kalian presentasikan tetapi juga untuk menjawab pertanyaan.

Ketika ada beberapa pertanyaan yang diajukan, kamu bisa membagi tugas siapa yang akan menjawab pertanyaan secara merata. Bisa berdasarkan kemampuan atau pemahaman anggota kelompokmu. Selain untuk membantu memudahkan menjawab pertanyaan, pembagian tugas ini juga akan menunjukkan bahwa kelompokmu menguasai materi dengan baik dan mempunyai kinerja tim yang bagus.

Baca Juga:  10 Jurusan yang Paling Populer di SIMAK UI

5. Perhatikan etika dan sopan santun saat menjawab pertanyaan

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan oleh pelajar ketika melakukan presentasi adalah etika dan sopan santun. Baik saat melakukan presentasi maupun saat menjawab pertanyaan dari peserta atau audiens. Jika kamu bisa menjawab, jawablah dengan tenang dan sopan tanpa menyombongkan diri.

Jika kamu tidak bisa menjawab, sampaikan dengan baik bahwa kamu kurang memahami materi tersebut namun kamu juga bisa menambahkan pendapatmu dengan baik. Jangan menjawabnya dengan rasa emosi atau amarah dan tanpa etika hanya karena tidak bisa menjawab.

Itulah lima tips mengenai cara menjawab pertanyaan saat presentasi. Kamu bisa menerapkan tips ini baik untuk presentasi di depan kelas maupun presentasi secara online. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…