6 Hal Yang Harus di Pertimbangkan Sebelum Melanjutkan Pendidikan S2

Siapa yang tidak ingin untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bahkan sampai jenjang tertinggi, pasti hal banyak diimpikan oleh banyak orang. Walaupun tidak semua, tapi banyak orang yang ingin bisa mencapainya dan menjadikannya salah satu tujuan hidup.

Beberapa orang mungkin akan mudah saja untuk melanjutkan pendidikan S2, namun ada juga yang mengalami kendala karena beberapa pertimbangan. Jika kamu salah satunya yang sedang mempersiapkan diri untuk masuk pendidikan S2, simaklah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melanjutkan pendidikan S2 berikut ini!

6 Hal Yang Harus di Pertimbangkan Sebelum Melanjutkan Pendidikan S2

1. Tujuan yang jelas

Setelah kamu lulus dari pendidikan program sarjana atau S1, mungkin ada yang beberapa langsung berpikir untuk bekerja, tapi ada juga yang ingin melanjutkan S2. Saat kamu sudah menetapkan keinginanmu untuk melanjutkan S2, renungkanlah kembali apa yang menjadi tujuan utamamu untuk lanjut S2.

Apakah karena terinspirasi dari kakak tingkat yang berhasil? Apakah karena tuntutan keluarga? Apakah karena keinginan sendiri karena ingin mempunyai karir yang membutuhkan kualifikasi pendidikan S2? Kamu harus merenungi itu baik-baik.

Kamu harus menetapkan tujuan yang jelas mengapa kamu ingin lanjut S2. Tujuan ini penting agar kamu bisa menjalani kuliah S2 nanti dengan baik dan tidak bermalas-malasan. Terkadang ada yang hanya ikut-ikutan teman atau bahkan karena tidak ingin tersaingi karena ingin memenuhi gengsi.

Kalau kamu punya biaya untuk itu, kamu bisa saja lanjut S2 dengan mudah, tapi itu tidak akan membawamu kepada keseriusan dan ketulusan hati saat menjalani pendidikan S2 nanti.

2. Biaya sendiri atau beasiswa

Biaya adalah salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum melanjutkan pendidikan S2. Karena ini sangat mendukung berjalannya pendidikanmu dan kelangsungan sampai kamu lulus. Jangan sampai karena biaya yang kurang dan terhenti di tengah jalan, kamu harus berhenti dari pendidikanmu. Oleh karena itu, pertimbangkan dengan baik biaya dari mana yang akan kamu gunakan.

Baca Juga:  5 Tips Menulis Karya Ilmiah dengan Mudah dan Benar

Jika kamu menggunakan biaya sendiri, kamu bisa memastikan kembali apakah biaya yang kamu gunakan adalah biaya dari tabunganmu, penghasilanmu, atau biaya dari orang tua. Biasanya beberapa kampus meminta surat keterangan sanggup membayar pendidikan S2 hingga lulus kepada penanggung jawab biaya pendidikanmu.

Jika kamu menggunakan beasiswa, kamu harus memilih dengan baik beasiswa mana yang akan kamu daftar dan gunakan. Beasiswa ini juga mencakup berapa besaran biaya yang diberikan, apakah hanya membayar uang kuliah saja, apakah juga mencakup biaya hidup, apakah termasuk biaya penelitian, dan masih banyak lagi. Kamu harus mempertimbangkan ini dengan baik agar pendidikanmu kelak juga berjalan dengan baik.

3. Apakah sanggup kerja sambil kuliah?

Beberapa instansi dan perusahaan ada yang memberikan kesempatan bagi pegawainya untuk melanjutkan pendidikannya. Ada yang memberikan izin cuti untuk fokus kuliah, namun ada juga yang hanya memberikan kelonggaran waktu bekerja sambil kuliah. Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan apakah kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan bekerja.

Jika kamu sudah bekerja, tentu yang utama adalah pekerjaanmu. Jika kamu lanjut S2 dan kelasnya tidak mengganggu pekerjaan, tentu saja kamu bisa menjalaninya dengan baik. Namun, bagaimana jika ada kendala? Oleh karena itu, bicarakan dengan baik bersama atasanmu.

Hal lain yang perlu perhatikan lainnya adalah jika kamu membiayai sendiri kuliahmu kelak dengan uang dari hasil pekerjaanmu saat ini. Pertimbangkan dengan baik apakah uangmu cukup? Apakah waktumu cukup?

4. Bagaimana jika sudah punya tanggungan?

Beberapa dari kamu yang sudah berkeluarga walaupun masih muda, juga harus memikirkan tanggungan keluarga jika ingin melanjutkan kuliah. Jika kamu adalah kepala keluarga, tentu saja kamu bertanggung jawab dengan keluargamu. Apakah uangmu kelak bisa tetap mencukupi kebutuhan keluarga jika melanjutkan S2?

Baca Juga:  5 Tips Agar Tidak Stres Ketika Sedang Kuliah

Jika kamu perempuan, kamu juga harus memperhatikannya terlebih jika sudah ada rencana untuk mempunyai anak. Apakah kamu sanggup untuk menjalani kuliah kelak jika sambil mengandung dan punya anak kecil? Memang banyak hal yang harus dipertimbangkan, walaupun begitu tidak menutup kemungkinan untuk lanjut kuliah S2.

5. Lama waktu kuliah

Kuliah kadang berjalan dengan mulus, namun juga ada yang tidak. Pada umumnya, kuliah S2 adalah selama 2 tahun. Namun, tidak menutup kemungkinan juga ada yang molor hingga lebih dari 2 tahun. Ketika kamu ingin lanjut S2, kamu harus memikirkan lama waktu kuliah ini. Misalnya, selama 2 tahun itu kamu fokus kuliah saja agar bisa menjalaninya dengan baik dan tidak keteteran.

Namun, tidak menutup kemungkinan kamu akan melakukan kegiatan lain, misalnya menikah, punya anak, dan sebagainya. Semuanya kamu bisa pertimbangkan dengan baik. Alangkah baiknya jika dalam 2 tahun tersebut kamu sudah membuat rencana dengan baik. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kelancaran studimu.

6. Jurusan yang akan dipilih

Jika sudah mempertimbangkan beberapa hal diatas dan merasa yakin untuk lanjut S2, salah satu hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah pemilihan jurusan. Beberapa orang ada yang merasa saat kuliah S1 tidak cocok dengan jurusannya, tidak mampu, dan sebagainya sehingga mereka ingin jurusan lainnya saat melanjutkan pendidikan S2.

Hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih jurusan adalah kesinambungannya kelak dengan karirmu, karena beberapa pekerjaan menuntut untuk kualifikasi pendidikan yang linier. Misalnya, dosen. Jika kamu sudah memilih jurusan apa yang mendukung untuk karirmu nanti, mantapkan hati dan berdo’a agar diberi jalan untuk bisa melanjutkan S2.

Itulah enam hal yang harus diperhatikan sebelum kamu melanjutkan pendidikan S2. Pertimbangkan dengan baik-baik ya. Dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-temanmu. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

10 Tips untuk Lolos Interview Beasiswa yang Wajib Kamu Ketahui

Bagi seorang mahasiswa, mendapatkan program beasiswa merupakan hal yang sangat diimpikan b…