Generator Sederhana Penerapan Konsep Induksi Elektromagnetik

Silahkan klik SUBSCRIBE pada channel Youtube kami ya gaes.. :)

wirahadiary.com– Pada postingan kali ini saya akan berbagi sebuah hasil karya siswa MTs di kabupaten Lombok Timur, saya ingin mempublikasikan hasil karya ini sebagai dokumentasi dan sedikit berbagi pengalaman mungkin bisa bermanfaat buat para siswa atau pembaca untuk menerapkan konsep induksi elktromagnetik, yang pertama kali melakukan percobaan tentang timbulnya energi listrik dari sebuah magnet dan kumparan yang saling berinteraksi adalah Michael Faraday.

Untuk lebih jelasnya silahkan membaca :  Biografi dan cerita singkat tentang Michael Faraday

Karya ini bisa dibilang lumayan menarik, alat dan bahan yang digunakan sangat sederhana dan simple tapi terlihat menarik,bahan-bahan yang digunakan untuk membuat generator sederhana ini mudah anda cari, apa itu generator?? berikut kutipan tentang generator listrik yang sudah dijelaskan di wikipedia

Generator listrik adalah sebuah alat yang memproduksi energi listrik dari sumber energi mekanik, biasanya dengan menggunakan induksi elektromagnetik.

Generator ini terbuat dari sebuah dinamo bekas, CD bekas sebagai pemutar, papan sebagai dudukan dan menggunakan kabel dan lampu LED sebagai penhubung ke dinamo untuk mengetahui apakah dinamo atau generator yang akan kita buat bisa menghasilkan energi listrik.
Berikut gambar generator I hasil karya siswa kelas 9 A
Generator Sederhana

Generator ini mampu menghasilkan energi listrik 6-12 volt (meskipun belum sempat diukur dengan voltmeter) dilihat dari kemampun generator ini menyalakan sebuah lampu LED yang menyala secara stabil dan konstan dan sangat terang. Generator sederhana ini penerapan dari konsep Induksi Elektromagnetik, timbulnya energi listrik karna adanya interaksi antara magnet dan kumparan (lilitan kawat temabaga) konsep ini pertama kali dikemukakan oleh seorang ilmuan dari inggris yaitu Michael Faraday

Pada Tahun 1831-1832 Michael Faraday menemukan bahwa perbedaan potensial dihasilkan antara ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus terhadap medan magnet. Dia membuat generator elektromagnetik pertama berdasarkan efek ini menggunakan cakram tembaga yang berputar antara kutub magnet tapal kuda. Proses ini menghasilkan arus searah yang kecil.

Artikel menarik lainnya : Siapa penemu listrik pertama??

Hasil karya ini buatan kelompok yang beranggotakan :

Generator Sederhana

Dari kiri-kanan : L. M.Ahari, Husni, Ahmad, Hisbianto, dan Hindi Ihwana. 

Baca Juga:  Peristiwa Astronomi yang Akan Terjadi Sepanjang Tahun 2016

 (!) Update selanjutnya : Generator Sederhana II
 

Semoga artikel di atas bisa membantu kamu terkait informasi yang sedang kamu cari, jika ada pertanyaan silahkan tulis di komentar atau kamu bisa langsung klik chat untuk bertanya dengan admin kami langsung melalui kontak Whatsapp.
Masih belum ketemu artikel yang kamu cari? Coba ketik di bawah ya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Jangan Minum Air Kemasan yang Tertinggal di Mobil, Bahaya!

Apakah Anda sering meninggalkan atau sering lupa dengan air minum di mobil? Dan saat haus …